Khasiat Jambu Biji

Jambu biji

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Diabetes melitus, Maag, Diare (sakit perut), Masuk angin, Beser; Prolapsisani, Sariawan, Sakit Kulit, Luka baru;

Pemanfaatan :

1. Diabetes Mellitus
Bahan: 1 buah jambu biji setengah masak
Cara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan
direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk
diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

2. Maag
Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar.
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih,
kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

3. Sakit Perut (Diare dan Mencret)
Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian
disaring untuk diambil airnya
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

4. Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui
Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya.
Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut,
airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

5. Masuk Angin
Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai
merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter
air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

6. Beser (sering kencing) berlebihan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk
beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa).
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5
gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

7. Prolapsisani
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih,
kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat
dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada
bayi.

8. Sariawan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih,
kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

9. Sakit Kulit
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga
jambu biji.
Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus
Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

10. Obat luka baru
Bahan: 3 pucuk daun jambu biji.
Cara membuat: dikunyah sampai lembut
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar
tidak mengelurkan darah terus menerus.

Komposisi :
KANDUNGAN KIMIA : Buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tanin, sedang pada bunganya tidak banyak mengandung tanin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin. Kandungan buah jambu biji (100 gr) – Kalori 49 kal – Vitamin A 25 SI – Vitamin B1 0,02 mg – Vitamin C 87 mg – Kalsium 14 mg – Hidrat Arang 12,2 gram – Fosfor 28 mg – Besi 1,1 mg – Protein 0,9 mg – Lemak 0,3 gram – Air 86 gram

Sumber : IPTEKnet

About these ads

128 Tanggapan so far »

  1. 1

    Prolapsisani itu apa ya ?

    untuk asam urat, Toga apa yang cocok ?

  2. 2

    muktiprayitno berkata,

    Utk Mba Nur aini, semoga bermanfaat…!
    Utk artikel lengkap silahkan klik disini

    …. Tempuyung termasuk tumbuhan OAI dari familia Asteraceae (Aster-asteran). Ia merupakan tumbuhan herba menahun, tegak, mengandung getah, dan mempunyai akar tunggang yang kuat (Rusdeyti, 1985). Tumbuhan ini hidup liar di Jawa, di daerah yang banyak hujan pada ketinggian 50 – 1.650 m dpl. Tumbuh di tempat terbuka atau sedikit terlindung di tempat yang bertebing, di pematang, di pinggir saluran air (Heyne, 1987).

    Daun tempuyung di Indonesia digunakan sebagai obat untuk “menghancurkan” batu ginjal (Dr. Sardjito). Kelarutan batu ginjal oleh tempuyung diduga melalui efek diuretiknya. Selain itu, tempuyung juga digunakan sebagai obat memar akibat benturan dengan cara menempelkannya pada bagian yang bengkak, menghilangkan rasa lesu, dan rasa pegal-pegal (Rusdeyti, 1985). Di Cina daun tempuyung digunakan sebagai obat dan insektisida.

    Kandungan kimia yang terdapat di dalam daun tempuyung adalah ion-ion mineral antara lain, silika, kalium, magnesium, natrium, dan senyawa organik macam flavonoid (kaempferol, luteolin-7-O-glukosida dan apigenin-7-O-glukosida), kumarin (skepoletin), taraksasterol, inositol, serta asam fenolat (sinamat, kumarat dan vanilat). Dilaporkan, kandungan flavonoid total di dalam daun tempuyung 0,1044 %. Dari penelitian yang saya lakukan, diketahui akar tempuyung mengandung senyawa flavonid total kira-kira 0,5 % dan flavonoid yang terbesar adalah apigenin-7-O-glukosida. Menurut Paul Cos, flavonoid apigenin-7-O-glukosida adalah salah satu golongan flavonoid yang mempunyai potensi cukup baik untuk menghambat kerja enzim ksantin oksidase dan superoksidase.

    Pemanfaatan tumpuyung untuk pengobatan kelebihan asam urat asam dan batu ginjal memerlukan daun tempuyung (6,25 gr), akar tempuyung (6,25 gr), jahe merah (25,00 gr), cengkeh (0,25 gr), kulit manis (0,25 gr), pengawet Na.Benzoat (0,50 gr), dan gula merah secukupnya. Cara pembuatannya, daun dan akar tempuyung segar dibersihkan dari tanah atau kotoran. Kedua bahan tsb. direbus dengan air 500 ml bersama bahan-bahan lainnya, biarkan mendidih sampai volume menjadi 250 ml. Setelah dingin baru ditambahkan pengawet Na.Benzoat, lalu disaring dengan saringan teh atau kain kassa kedalam botol. Apabila disimpan dalam lemari pendingin, obat alami ini bisa tahan selama 6 bulan.

    Bagi penderita kelebihan asam urat dan batu ginjal, obat ini diminum 2x sehari, pagi dan malam hari, masing-masing 20 ml. Sedangkan untuk pencegahan cukup 1x sehari. Dianjurkan untuk meminum air yang banyak. Untuk penderita, penyembuhannya memerlukan waktu lebih kurang 1 bulan dan bagi penderita yang telah lama, memerlukan waktu agak lama. Penderita kegagalan fungsi ginjal yang parah (akut) dilarang meminum ramuan ini….

    • 3

      sumarno dwi prihandoko berkata,

      bisakah jambu biji digunakan untuk penyembuhan penyakit prut,misalnya sembelit dan susah buang air besar,jika bisa bagaimana langkah2 yang tepatnya….?

  3. 4

    tyas swity berkata,

    mau nanya nih…
    mengapa untuk obat luka baru, daun jambu biji mesti dikunyah? kalau digerus gimana? sebetulnya yang berkhasiat untuk obat luka baru daunnya atau perpaduan dengan zat-zat yang terdapat di dalam saliva (air lur)?
    oya,.. konon buah jambu biji juga dapat membantu menyembuhkan DBD, dengan meningkatkan trombosit. bagaimana mekanismenya ya?
    TQ

  4. 5

    yudhy berkata,

    berapa % tanin yang terdapat pada daun jambu bijinya.

  5. 6

    muktiprayitno berkata,

    Betul sekali mbak tyas swity,…

    Buah jambu biji, terutama yg berbiji merah dipercaya menyembuhkan DBD. Sebenarnya mungkin karena mengandung vitamin C yg lumayan banyak.

    Ada juga alternatif selain jambu biji. Belum lama (dari sebuah milis) Saya membaca kesaksian seorang teman yg terkena DB, sudah mencoba berbagai macam pengobatan termasuk dg jambu biji tapi tidak memberi hasil yg signifikan tapi setelah mengkonsumsi kelapa hijau muda yg warna serabutnya kemerahan (pink) justru hasilnya menakjubkan. dalam 2 hari langsung diperbolehkan pulang dr rumah sakit tempatnya dirawat.

    Ada mitos kalo obat itu juga cocok2-an,… kalau melihat pengalaman teman Saya, betul juga kali ya…

  6. 7

    Bunda berkata,

    Ada yang bilang jambu biji mengandung vitaminC lebih tinggi dari jeruk. Bener gak, sih?? Kok jmabu biji gak se-kecut jeruk ya??

  7. 8

    ismail berkata,

    mau naya’ nih..?
    apa sih manfaat dari asam psidiolat dan tanin dalam mengatasi penyakit seperti diare dan DBD??

  8. 9

    Mungky Rahmawati berkata,

    Mau tanya, apa bener buah ciplukan itu bisa untuk mengobati sakit bronkhitis? Kok bisa?apa kandungan buah ciplukan?

  9. 10

    Eva Yanti berkata,

    Buat diabetes mellitus itu, fokus manfaatnya, apa bisa menurunkan kadar gula darah?
    Berapa lama setelah pemberian secara rutin? apa kadar gula darahnya bisa turun dalam hitungan hari?

  10. 11

    tri susilo berkata,

    mas,aku mau tanya tentang khasiat jambuklutuk sebagai obat pencegah DB dan menaikan sel darah merah?apakah hal tersebut tidak menyebabkan usus buntu, karena bijinya.terus sebagai lirikan usaha dimana saya dapat mengembangkan jambu biji ?makasihya

  11. 12

    aya berkata,

    aq pernah baca dibuku tentang khasiat tempuyung sebagai antidiare,apkh benar?tapi mengapa pada kandungannya disemua buku tidak menyebutkan tanin padahal yang digunakan sebagai antidiarenya kan tanin.mohon penjelasannya!!!!

  12. 13

    sigit berkata,

    bisa tau mekanisme manfaat jambu biji buat diabetes ga?

  13. 14

    dian berkata,

    bakteri shigella dysenteriae bisa di hambat pertumbuhannya dgn infus daun jambu biji ngga?

  14. 15

    dian berkata,

    penelitian saya menunjukkan bahwa pada kadar 70% sudah mampu menghambat nya

  15. 16

    Ninis Wulansari berkata,

    Karena kandungan vitamin C tinggi katanya buah jambu merah biji ini bagus untuk orang yg punya masalah dengan jerawat. Tp masalahnya tidak semua orang bisa konsumsi ini dikarenakan ada yg tdk kuat vit C dosis tinggi yg bisa sebabkan maag ?

  16. 17

    Zaenal berkata,

    SAYA YAKIN DI DALAM JAMBU BIJI ITU BANYAK KHASIATNYA CUMA MANUSIANYA SAJA YANG TIDAK TAHU? HANYA ALLAH YANG MAHA TAHU.

  17. 18

    vinche berkata,

    saya mau tahu gmn cari jambu biji yang menyembuhkan eser/kencing

  18. 19

    suli berkata,

    mau tnya nih…

    apa bner klo daun jambu biji bs menambah trombosit lbh bnyak dr pd buah nya??klo iya,kandungan ap dlm jambu biji yg dpt meningkatkan trombosit????

    trus metode penelitian nya bgmn???

    makasih ya…

  19. 20

    zaki muclision berkata,

    salam Indonesia….
    mau nanya neh..
    jambu yang katanya bisa nyembuhin DB itu jambu biji juga ya?
    oke.. makasih sebelumnya ya..
    coment+: blognya bagus n bermanfaat lho..
    salut deh…
    tetap semangat ya.. buat blog yg bermanfaat bagi masyarakat…
    masyarakat sekarang kan lg banyak masalah neh!
    mudah2 bisa mengurangi sedikit masalah mereka…
    cayo…
    may ALLAH bless you…

  20. 21

    pak pri berkata,

    saya salut dengan blog ini, moga tambah koleksinya.

  21. 22

    agus trikoriantono berkata,

    pada semua buah memiliki khasiat yang tidak bisa diganti dengan obat-oabatan dan terbukti pada jaman sebelum revolosi hijau usia manusia rata-rata bisa diatas 100 tahun, bahkan pada jaman nabi bisa ribuan tahun, hal ini karena bahan makanan murni organik, seandainya kita kembali ke organik jaman lampau wah bisa dibayangkan dunia ini tidak mampu menyediakan makanan bagi milyaran penduduk bumi, yang penting sekarang kita usahakan penggunaan pupuk dan pestisida seminimal mungkin dan aman untuk kesehatan, kita bertanam yang tanpa dengan menggunakan pupuk dan pestisida yang berlebihan tapi tanaman dapat menghasilkan dan petani untung, ya misalnya : jambu batu/biji, nangka, pepaya, singkong, jagung, daun katu, ubi jalar, cempedak, durian, pisang, nanas, dll, kita cari tanaman dan ternak dalam negeri yang mudah dipelihara untuk sumber makanan ditambahkan zat aditif, penyedap, pengawet dll, Insya Allah kita akan sehat dan semua buah tersebut dapat membunuh sel-sel kanker, dan menjadi sumber vitamin, energi, pembangun dan mineral yang sehat.

  22. 23

    agus trikoriantono berkata,

    pada semua buah memiliki khasiat yang tidak bisa diganti dengan obat-oabatan dan terbukti pada jaman sebelum revolosi hijau usia manusia rata-rata bisa diatas 100 tahun, bahkan pada jaman nabi bisa ribuan tahun, hal ini karena bahan makanan murni organik, seandainya kita kembali ke organik jaman lampau wah bisa dibayangkan dunia ini tidak mampu menyediakan makanan bagi milyaran penduduk bumi, yang penting sekarang kita usahakan penggunaan pupuk dan pestisida seminimal mungkin dan aman untuk kesehatan, kita bertanam yang tanpa dengan menggunakan pupuk dan pestisida yang berlebihan tapi tanaman dapat menghasilkan dan petani untung, ya misalnya : jambu batu/biji, nangka, pepaya, singkong, jagung, daun katu, ubi jalar, cempedak, durian, pisang, nanas, dll, kita cari tanaman dan ternak dalam negeri yang mudah dipelihara untuk sumber makanan tanpa ditambahkan zat aditif, penyedap, pengawet dll, Insya Allah kita akan sehat dan semua buah tersebut dapat membunuh sel-sel kanker, dan menjadi sumber vitamin, energi, pembangun dan mineral yang sehat.

  23. 24

    [...] 22 Tanggapan sejauh ini » [...]

  24. 25

    sandro wangak berkata,

    mana sejarah jambu biji masuk ke indonesia…………..????

  25. 26

    bego langoday berkata,

    mbaaaaaaaa……………………………………….
    tlng yach…….
    bantu beta dong…………
    sajikan data mengenai teknik ekstraksi antibakteri daun jambu biji………
    saya ada perlu penting neeeeee…………
    tlng ya mba………..
    kisssssssssssssssssssss

  26. 27

    Basuki berkata,

    bantu saya kasih penjelasan mengenai hubunganya jambu biji dengan batu saluran kemih…… apakah ada efek terhadap batu ginjal apabila kita minum juice jambu biji.. makasih.

  27. 28

    Januar Kwee berkata,

    Terima kasih atas info nya, sangat bermanfaat, kebetulan saya lagi senang2nya tabulampot, sudah ada 4 pot tapi semuanya masih baru, masih lama untuk bisa panen.

  28. 29

    Wayan berkata,

    Bagi-bagilah kek sayo jambu biji tuh

  29. 30

    paramita berkata,

    saya ingin mengetahui apakah daun jambu air juga memiliki khasiat yang sama dengan daun jambu biji? Bagaimana cara membuat obat demam berdarah dari daun jambu biji? sebelumnya terima kasih

  30. 31

    nurwahyudi berkata,

    saya mempunyai jambu biji (bangkok) yang saya jadikan bonsay. buah sudah lebat, tapi permasalahnnya pada batang dan daun terdapat hewan putih beterbangan seperti kapas dan mengakibatkan banyak semut yang berkembang biah. pertumbuhan buah macet dan daun menjadi kehitam-hitaman.
    bagaimana cara mengatasi masalah ini?
    mohon dibalas via email secepatnya
    (saya mencari delsene200mx, namun tidak ada. apakah ada obat lain?)

  31. 32

    gento berkata,

    yab . thans untuk informasinya dan semoga tetap bagus aja ya!!!!!!!!!

  32. 33

    antang dewo berkata,

    alhamdulilah, saya Diabetesi, komplikasi ke jantung koroner dan sering diare.., konsumsi buah jambu biji bisa menghentikan serangan diare dan memperbaiki fungsi jantung. lebih syukur lagi di pamulang, tangerang-Banten (domisili saya) harganya cuma Rp.4000/kg.

  33. 34

    intan berkata,

    tlg bantu saya…
    saya butuh dosis daun rambutan untuk antidiare…
    help help…
    thx b4

  34. 35

    dinda berkata,

    kakak yang baik hati……
    sy mohom bantuanx, tolong dicarikan artikel tentang uji toksisitas ekstrak dari tanaman….n informasi tentang daun rambutan.
    saya tunggu balasanx ya…………

  35. 36

    dini berkata,

    info penting neh.. numpang copy ke blog bolehkah?

  36. 37

    Citra indah berkata,

    Hi,
    kebetulan lewat….artikel nya sangat menarik. thank ya

  37. 38

    laura berkata,

    pak saya ingin bertanya apakah daun jambu biji itu dapat dimakan sebagai lalapan,pengganti sayur ???
    dan kenapa bijinya dapat menyebabkan usus buntu ??? apakah ada perbedaan dengan biji cabai ???

  38. 39

    elsa berkata,

    kak,,boleh nanya g???bagaimana mekanisme biji rambutan dalam mengatasi diabetes???makasih y,,tolong jawab y kak..

  39. 40

    achmad didi berkata,

    apa benar bahwa jambu biji dapat digunakan sebagai obat kuat

  40. 41

    anwar berkata,

    tolng berikan cara untuk mencangkok jambu batu ya……………aku punya jambu seperti itu dan aku mau mencangkoknya tolong ya…….kirim ke email aku aja…terimakasih……

  41. 42

    Aris munandar.Ar berkata,

    Menurut saya jambu biji itu mempunyai byak khasiat selain bsa menyembuh kan DBD dan bsa mengobati luka ,daun ny jga mempunyai khasiat yg hmpir sma dngan buah nya yaitu bisa mengobati diare & panas dlm mka kita wajib memakan buah jambu biji jka kta ingin sehat dan bugar jasmani dan rohani…aris at aceh-meulaboh 84

  42. 43

    lovely berkata,

    apa manfaat jambu biji ma jambu air sama ea? apa jambu air bisa juga buat disentri?????????????

  43. 44

    agro ngawi berkata,

    klik agro ngawi duit di internetdengan google adsense

  44. 45

    yunie berkata,

    apakah cara2 y9 dah diungkapIn diatas ntu dah terbukti kebenaran na????
    pernah dilakuin observasi???

  45. 46

    safihin berkata,

    Selain Jambu biji Herbal apa yang dapat mengurangi penyakit Diabetes Melitus?????
    Mohon Penjelasan Selengkapnya ! Terima kasih.

  46. 47

    Ali Dhomiri berkata,

    Ma’af, untuk tabulampot itu pot nya ukuran diamater berapa yach, saya punya untuk pohon buah cherry (pot 40′), pohon sawo manila (pot 50′), pohon jambu kombinasi (satu pohon terdiri : jambu biji suku (indukan), jambu bangkok (sambungan), dan jambu getas merah)….bingung di pot ukuran berapa nich, jeruk intan (pot 40′), pohon sarikaya lokal (di pot 40′ berbuah cuman sekali/ habis itu mogok daunnya doang lebat, sekali ngembang rontok)

  47. 48

    aiko berkata,

    ada ga kasiat jambu biji yang lain??????????? misalnya
    buat diet getoh bisa ga?????

  48. 49

    Ross berkata,

    Permisi,,mau tanya,,
    apa sih bedanya ‘trombosit’ dengan ‘hemoglobin’ ??
    Kalo jambu biji tu fungsinya Mningkatkan trombosit atau mningkatkan hemoglobin ??
    Jadi jambu biji bisa utk org kekurangan hemoglobin ???
    Harap djawab ya,,thanx

  49. 50

    [...] kredit gambar : tabulampot.wordpress.com [...]

  50. 51

    heru berkata,

    gimana cara buat sari daun jambu????????????????????????

  51. 52

    vira berkata,

    Bagus banget info nya,,! jd kpengen nanam jambu biji sndiri nih!

  52. 53

    rera berkata,

    mengkonsumsi jus jambu biji dalam jangka panjang apa tidak berpengaruh buruk bagi pencernaan?
    takutnya terkena usus buntu…
    terimakasih…

  53. 55

    2tik berkata,

    Memang benar mengkonsumsi jambu biji juga bisa dijadikan obat DBD. Tetapi baru-baru ini saya dapatkan informasi dari seorang teman. Kalau selain megkonsumsi jambu biji, dapat juga menggunakan “angkak”. Caranya yaitu dengan merebus angkak tersebut dan meminum air rebusan tersebut.

  54. 56

    sulfin berkata,

    zat gizi apa sich yang tercantum dalam susu yang di buat dari biji nangka…..??????????

  55. 57

    sono berkata,

    Kalau jambu biji ini dipakai untuk menjaga stamina tubuh bisa nggak?soalnya kalau olahragawan perlu stamina yang tinggi,kalau bisa cara pengolahan jambunya gimana?

  56. 58

    Iqbal aceh berkata,

    Kbtlan sy sdg m’knsumsi jus jambu,nah ap khasiat’a msh sm dgn yg blm dibuat juz.
    Truz rs’a pd pmbelian p’tm b’bd dgn rasa pmbelian ke dua, p’blian p’tma rs’a agak asam n waktu nelan ad rs pait’a n yg pmblian kedua rs’a dah lumyan manis..
    Itu gmn dgn tanggpan’a?

  57. 59

    achmad charis berkata,

    kt orang orang jk makan jambu biji itu bijinya bs membuat usus buntu apa berita itu benar????

  58. 60

    fatchul aziz berkata,

    mantap trimakasih atas infonnya

  59. 61

    [...] Khasiat Jambu Biji [...]

  60. 62

    Zurriah berkata,

    Bagaimana cara kita melakukan perbandingan kadar vitamin C daging buah jambu biji putih dan jambu biji merah ?

  61. 63

    hira indra berkata,

    ketika saya hamil 7 bln trkena dbd parah dr hidung dan mulut keluar darah.tdk bs jalan.perut keras dan sesak nafas ternyata trombosit tinggal 10 rb sdg kan batas nornal 150 rb. saat dirawat di rmh skt saya membawa blender utk bikin jus jambu biji merah yg disaring stlah diblender dan dokter membolehkan setelah minum obat selain itu saya jg di infus dan tranfusi 6 kantong darah trombosit. dalam waktu 5 hr trombosit saya naik 110 rb. dan anak saya lahir sangat sehat dan cantik. konon ibu hamil beserta janin jarang yg selamat kalau skt dbd .Alhamdulillah Allah msh mmberi umur panjang kpd saya n bayi. sampai skrg kl saya merasa krng enak badan kaki lemas dan pusing2 secepatnya minum jus jambu maka badan langsung sehat kembali.

  62. 65

    jabon berkata,

    Banyak juga yang takut makan jambu biji, dengan alasan takut akan isinya, Sebenarnya bahaya atau tidak isi jambu biji itu?

  63. 66

    Reonaldo F berkata,

    > > RPL Community < <

    Bisa Tonji

  64. 67

    Andi Karaeng loppo berkata,

    Mungkin itu semuaji ramuanna orang BugisQ

  65. 68

    Puang Ansyar berkata,

    KerasKi wae’ Batuna belah……….
    Itu jambuA…………………………

  66. 69

    akhmad berkata,

    jambu biji khususny yg merah mengandung banyak vitamin C

  67. 70

    terimakasih atas infonya. :)

  68. 71

    Jabon berkata,

    BANYAK ASAM NYA YA.. HIHIHI
    aun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin.

  69. 72

    ega berkata,

    anehnya tiap kali saya makan jambu biji kok sakit perut yach, sebenernya suka…

  70. 73

    masmuh berkata,

    Emang bagus tuh jambu biji, selain khasiatnya yang sangat bagus, harganyapun juga OK, dah gitu panennya tiap 3 hari, para petani jambu merasakan hasil yang continew.

  71. 74

    akbar berkata,

    trimakasih infonya bermanfaat

  72. 75

    machfudi berkata,

    ass.wr.wb semoga kalian tidak marah karena setiap lahan yang aku tulis mesti ada kata sehat karena juga memang sehat semua membutukannya ya kan bro apa tadi tentang jambu klothok ya jambu biji sembarang tempat mesti ada karena tidak gampang mati kayunya juga bermanfaat pegangan bendo atau arit karena juga cukup kuat dan biasanya di manfaatkan pandai besi dan pohonnya juga hampir seluruhnya bermanfaat dan khusus jambu biji merah memang bisa untuk meredam db tapi kalau sampai parah stadium 3 gak bisa harus dokter yang menanganinya terlambat sedikit saja tidak bisa berkata biasa terserang db anak kelihatan gelisah yang dipandang kosong kalau kalian menemui anak kalian seperti itu sudah parah untuk itu hati-hati kalau masih gejalah bisa jambu biji merah untuk meredamnya tapi sebaiknya juga kalian bawah ke dokter jangan main-main dengan db ini dan untuk daunnya memang bermanfaat saya ada sedikit cerita sewaktu saya kecil saya juga perna mimisan keluar dara dari hidung mencari daun sirih tidak menemukan terpaksa saya sunbat dengan daun jambu sembuh tidak keluar darah lagi cerita waktu kecil sewaktu sekolah dasar dan saya lakukan berulang-ulang kalau mimisan saya daun jambu itu saya lo bro dan sakit diare memang manjur saya ambil pucuk saja saya gulung dengan garam dan langsung saya kunya memang sembuh bro dan kalian menanyakan usus buntu kalau kuatir buat juice saja beres tapi dulu sering makan beserta isinya juga gak apa-apa kalau kalian kuatir sebaiknya jangan dan itupun saya sewaktu kecil yang namanya usus buntu saya gak tahu ya saya makan saja sambil membaca komik di atas pohon jambu dan kalian di atas menerangkannya juga lugas mudah di mengerti dan saya tidak mengulang keseluruhannya dan sampai sekarang tetap saya pakai kalau sakit sakit perut dan kadang juga saya meminum teh pahit tanpa gula sekian saja bro kalau saya menulis salah saya atau menyakiti kalian ya minta maaf dan juga pengalaman saya sendiri dan juga teman saya juga perna mengikuti tapi memang sembuh walau tidak langsung kan juga menunggu proses pabrik dalam dalam perut sekian terima kasih .wassallam

  73. 76

    rony berkata,

    ngapusi

  74. 77

    febrian berkata,

    bagaimana sih proses pembuatan ekstak daun jambu biji?

  75. 78

    cakmian berkata,

    tanamanherbal.tk

  76. 79

    WEST RANCH berkata,

    Ga nyangka,
    ternyata jambu klutuk punya efek sebagus ini. Makasih ya buat informasinya.

  77. 80

    wah info yang sangat bagus sekali :)

  78. 81

    apakah sama manfa’atnya antara jambu biji merah dengan jambu biji biasa … !!!
    tolong di jawab segera … ????

  79. 83

    Miswan berkata,

    Jus Jambu … menyegarkan dan menyejukkan, kalau rasa panas dalam badan panas … minum sgelas tentu tak cukup, kalau tak reti nak buat … kita beli sahaja dari tauke jus buah kat tepi jalan …. kat mana nak cari? … okey cuba kesan tauke jus jambu di http://www.meganest.com/ manalah tau kot dapat murah, bolehlah beli banyak.

  80. 84

    Windows 7 Blog berkata,

    makasih sob ya atas infonya!

  81. 85

    elok berkata,

    adakah kandungan gizi pada biji jambu?
    jika ada apa saja?
    makasih… ^_^

  82. 86

    endhang nahg spentig berkata,

    *-)
    8)

  83. 87

    diyn pra berkata,

    cara berkebun sirsak, jambu bangkok, durian, kelapa sawit itu gimana sic?

  84. 88

    Thanks untuk informasinya. Di sini juga ada jambu loh ;)

  85. 89

    Ati Nur berkata,

    Makasih infonya, sangat bermanfaat buatku……aku suka banget minum jus jambu biji

  86. 90

    | Muhammad Ariez berkata,

    [...] Khasiat Jambu Biji [...]

  87. 91

    udin berkata,

    Mas maw naxk…. kalo manfaatx biji jambunya ap??

  88. 92

    gugun berkata,

    mas kandungan dari biji jambu ap aj…??
    TQ

  89. 93

    ivani mouri berkata,

    wah,,,,,,,artikel yang keren.
    kalo bisa sih, ditambah lagi……..

  90. 95

    amalina idrus berkata,

    saya nak tanya..mcmne cara makan yang betul supaya kesemua khasiat buah jambu dapat dimakn sepenuhnye..adakan tidak perlu buang kulit & biji..

  91. 96

    vani berkata,

    info yg sangat menarik bt di pelajari secara detail….tlng kasih detail info dr kandungan yg ada dlm buah jambu biji…..thanks

  92. 97

    Andriana berkata,

    kenapa jambu biji bisa untuk penderita DM?
    apa yg terkandung dalam jambu biji shg bisa menurunkan kadar glukosa darah?
    Mohon infonyaa…. thanks

  93. 98

    Alysa Azza berkata,

    aku suka buah”han
    salah satunya jambu batu yg mengkal….

  94. 99

    Olvie berkata,

    Ternyata banyak sekali khasiat buah jambu biji

  95. 100

    bau vagina berkata,

    Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

  96. 101

    Tissue dr Boyke berkata,

    Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

  97. 102

    Tissue majakani berkata,

    Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

  98. 103

    Tissue manjakani berkata,

    Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

  99. 104

    tisu majakani berkata,

    Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

  100. 105

    vagina gatal berkata,

    Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

  101. 106

    Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

  102. 107

    tongkat madura berkata,

    Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

  103. 108

    tongkat madura berkata,

    Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

  104. 109

    vitabrain berkata,

    Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

  105. 110

    vitabrain berkata,

    Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

  106. 111

    ambeien berkata,

    Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

  107. 112

    obat ambeien berkata,

    Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

  108. 113

    obat wasir berkata,

    Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimaksih

  109. 114

    Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

  110. 115

    pengobatan wasir berkata,

    Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

  111. 116

    XAMSlimer berkata,

    Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

  112. 117

    boleh di coba tipsnya dan artikelnya

  113. 118

    ejakulasi wanita berkata,

    Sangat Amazing Artikel dan Info. Wajib di coba.

  114. 119

    Femizome berkata,

    Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

  115. 120

    info Kesehatan berkata,

    Great post. I was checking continuously this blog and I�m impressed! Extremely helpful info specially the last part I care for such information a lot. I was seeking this certain information for a very long time. Thank you and best of luck.

  116. 121

    muhammad arthur berkata,

    semakin banyak aku membaca manfaat daun jambu biji semakin aku tahu penyakit-penyakitnya yang bisa disembuhkan oleh daun jambu biji

  117. 122

    usto. Bin darsam berkata,

    sy mau nya klo buah nya bgs nga ya buat apa aja kasiatnya kira2 sehri berapa sy makan buah jambu bro untuk ngatasin apa aja

  118. 123

    ani novianti berkata,

    saya ingin tanya,,,, apakah ada dampak kalau kita terlaqlu sering mengunsumsi jambu buji???

  119. 124

    Ani Novianti berkata,

    kak….saya mo tanya,, apakah ada dampak kalau kita terlalu sering mengonsumsi jambu biji dalam jumlah yang banyak???

  120. 125

    Alberto Pitts berkata,

    Hey Tabulampot,
    Neat Post Do you actually need title insurance? Is it a need or an added to expense when purchasing or marketing a home? We may not think much regarding it, yet carrying title insurance has its advantages, not only to the homeowner, however to everyone involved inside the sale plus buy of a home.
    Cheerio

  121. 126

    Arie Ferdiansyah berkata,

    Grosir detergent sabun cair,sabun cair cuci piring curah, grosir sabun detergent,sabun cuci curah, grosir sabun cuci, Grosir sabun cuci tangan wangi jeruk , untuk hotel , restoran, rumah makan, kantor, dll..

    minat???

    ferdi 085649842128

    =========================================================

    Pot Bunga Murah Mewah , Pot Bunga Minimalis , Pot Bunga Minimalis di Surabaya , Grosir Pot Bunga, agen Pot Bunga Minimalis di Surabaya, ferdy 085649842128

    ========================================================

    Interior Design Malang dan Surabaya, bagi Profesional di Malang dan Surabaya. Memenuhi kebutuhan desain interior untuk Rumah Baru, Renovasi Rumah, Pembuatan Toko, Kantor, Apartment, Design furniture Rumah, Apartemen dan Kantor. Kontraktor Furniture Kayu dengan Kualitas Tinggi. Pilihan tepat solusi desain interior rumah anda ,Ferdy 085649842128 , BBM 29EB43B8
    Desain Interior Di Kota Malang dan Surabaya

    INTERIOR DESIGN MALANG SURABAYA

    Tempat layanan interior design bagi Profesional Malang dan Surabaya.

    Memenuhi kebutuhan desain interior untuk Rumah Baru, Renovasi Rumah, Pembuatan Toko, Kantor, Apartment, Design furniture Rumah, Apartemen dan Kantor.

    Kontraktor Furniture Kayu dengan Kualitas Tinggi.

    Interior design bagi Profesional. Pilihan tepat solusi desain interior rumah anda ,Ferdy 085649842128 , BBM 29EB43B8

    Label: Desain Interior, Desain Interior Butik, Desain Interior Malang dan Surabaya, Interior design, Interior Design Malang dan Surabaya
    Lokasi: Malang, Surabaya ,Indonesia

    Interior Malang dan Surabaya, Desain Interior dan pengerjaan Kitchen Set

    INTERIOR DESIGN

    DESAIN INTERIOR

    Desain Interior (1)
    Desain Interior Butik (1)
    Desain Interior Malang dan Surabaya (1)
    Interior design (1)
    Interior Design Malang dan Surabaya (1)

    arie ferdiansyah
    Interior Design Malang dan Surabaya , bagi Profesional di Malang dan Surabaya. Memenuhi kebutuhan desain interior untuk Rumah Baru, Renovasi Rumah, Pembuatan Toko, Kantor, Apartment, Design furniture Rumah, Apartemen dan Kantor. Kontraktor Furniture Kayu dengan Kualitas Tinggi. Pilihan tepat solusi desain interior rumah anda ,Ferdy 085649842128 , BBM 29EB43B8

    DESAIN INTERIOR , JASA GAMBAR INTERIOR, TUKANG GAMBAR INTERIOR, JASA GAMBAR RUMAH, JASA DESAIN RUMAH

    =========================================================

    Jasa Perencanaan dan Pengawasan pembangunan Perumahan, Rumah Pribadi dan bangunan Mall, Villa, Hotel dan lain sebagainya,

    jasa Desain rumah,gambar kerja bangunan, RAB serta gambar IMB,

    desain arsitek, desain rumah,desain rumah, malang, desain arsitek, klasik, minimalis, modern, perumahan, desain klasik, desain tropis, arsitek malang,arsitek surabaya arsitek rumah, bangunan rumah, jasa bangun rumah, jasa desain rumah, renovasi rumah, desain interior, desain interior kantor, desain interior rumah, desain interior minimalis,

    desain rumah minimalis.

    Ferdi 085649842128

    =======================================================

    lowongan drafter minimal smk , bisa autocad, kontak ferdy 085649842128

    kirim lamaran dan porto folio ke email : arie.ferdiansyah@gmail.com

  122. 127

    With the Clickbook 12, it is possible to turn any Internet, CD
    ROM or Windows file into books of the size and magnificence, handmade cards, leaflets or brochures, tiles printouts,
    CD ROM jewel cases, day planner pages, etc.
    Workplaces block Facebook and You – Tube access for
    most users. This is most certainly not the initial case from a virus
    packaged as being a particular anti-virus program, along with the sad info
    is it isn’t more likely to end up the last.

  123. 128

    Olfi berkata,

    Informasi yang sangat bermanfaat


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: