Edi Yana : Maniskan Anggur Bali

Majalah Trubus, Senin, 04 September 2006 07:55:02

Di sebuah ruangan balai penelitian di Singaraja, Bali. Seorang peneliti terheran-heran kala Trubus bercerita hendak ke kebun anggur. Apanya yang mau diliput. Memang masih ada anggur manis di sini? tanya Dr Haryanti MS, sang peneliti, tak percaya. Sejak 3 -4 tahun terakhir kejayaan anggur bali memang terbenam. Tak ada lagi anggur super yang manis. Namun, di salah satu sudut Singaraja, Trubus menemukan anggur super dari sebuah kebun. Meski tingkat kematangan belum optimal, rasa manis terasa menyergap lidah.

Rasa anggur di kebun I Gede Edi Yana SE itu luar biasa. Ini belum seberapa. Bila 3 -4 hari lagi dipetik, pasti lebih manis, katanya. Memang saat dipetik tangkai buah anggota keluarga Vitaceae itu masih hijau bersemburat ungu. Tanda buah matang optimal tangkai buah bagian atas berubah ungu.

Toh , semua orang sepakat, anggur dari kebun Edi Yana tergolong terbaik di Singaraja. Kalau mau anggur manis, datang saja ke kebunnya, kata seorang kenalan yang Trubus temui di sebuah pameran di Kuta pada penghujung 2003. Pantas anggur yang berasal dari Kecamatan Seririt, Singaraja, itu kerap dipajang di berbagai pameran nasional.

Teknik pemupukan

Sepintas pemandangan di kebun Edi tak ada bedanya dengan kebun di sekitar. Usut punya usut, teknik pemupukan yang dilakukan ayah 3 anak itulah yang menyebabkan kualitas buah berbeda. Ia mengandalkan pupuk NPK berkadar K tinggi dan pengapuran dolomit CaMg(CO3)2 agar buah manis. K tinggi diberikan saat tanaman disuburkan, sebelum dipangkas untuk berbunga. Pekebun lain lazimnya menggunakan pupuk NPK seimbang dan pengapuran kalsit CaCO3

Menurut Ir Wijaya MS, pakar buah di Bogor, teknik pemupukan K tinggi memang berperan meningkatkan kualitas buah. Kalium berperan sebagai katalisator enzim dalam pembentukan gula dari amilum, kata mantan peneliti di Kebun Pembibitan Buah Cipaku, Bogor, itu. Kalium juga berperan mempertebal dinding sel sehingga tanaman lebih tegar dan kokoh.

Pengapuran dolomit CaMg(CO3)2 diakui memaniskan buah. Pasalnya, kapur dolomit mengandung Mg. Magnesium itu satu-satunya mineral penyusun klorofi l. Ia tak ditemui di kalsit, ujarnya. Dengan penambahan magnesium maka daun lebih hijau. Secara tak langsung proses pembentukan gula menjadi lebih optimal ketimbang tanaman yang kekurangan magnesium.

NPK 1:2:2

Menurut Edi, pupuk K tinggi diberikan pertama kali saat tanaman berumur 11 bulan setelah tanam. Benamkan 1 ons NPK 1:2:2 sejauh 1 m di sekeliling batang setiap 10 hari. Pemberian dilakukan 4 kali sebelum tanaman dipangkas. Sebelumnya, pada umur 2 -11 bulan, pupuk yang digunakan ialah NPK 2:2:1.

Pohon yang dipupuk K tinggi batangnya semakin kokoh. Pada bulan ke-12 dilakukan pemangkasan cabang. Minimal 7 ruas disisakan pada cabang tersier. Agar memudahkan, waktu pemangkasan itu dianggap sebagai 0 hari. Anggur dipanen 105 hari setelah pemangkasan. Pada umur 0 -5 hari biasanya air masih mengucur dari cabang yang dipangkas. Baru pada hari ke-5 sampai ke-20 dilakukan penyemprotan ZPT dari golongan auksin dan giberelin untuk merangsang tunas bunga keluar serempak. Dosisnya sekitar 1 cc per liter atau sesuai yang tertera di kemasan. Perlakuan 4 kali setiap 5 hari.

Pada umur 50 hari lazimnya bunga yang muncul telah menjadi bakal buah. Benamkan 1 kg NPK 1:2:2 di sekeliling batang. Tujuannya agar dinding sel buah kokoh. Ulangi pembenaman NPK 1:2:2 sebanyak 0, 75 kg pada hari ke-75. Pada umur itu terjadi proses pematangan buah. Pemberian K tinggi diharapkan mampu meningkatkan enzim yang berperan dalam pembentukan gula. Pada hari ke-105, buah siap dipanen dengan cara digunting.

Suburkan kembali

Setelah panen, tanah disuburkan kembali. Caranya tambahkan bokashi 20 kg dan dolomit 2, 5 -3, 5 kg. Bokashi berperan memasok hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman. Dolomit menaikkan pH tanah agar mendekati netral. Berikan juga 2 kg pupuk K tinggi untuk mengokohkan batang. Setelah itu istirahatkan tanah selama 2 minggu, sambil menunggu tanaman subur. Pohon yang telah subur siap dipangkas kembali sama seperti pada saat perangsangan bunga.

Menurut Edi cara itu bisa diterapkan pada anggur di daerah lain. Yang terpenting wilayah itu cocok untuk penanaman anggur. Dari penelusuran Trubus , lokasi yang paling sesuai untuk anggur ialah yang memiliki ketinggian tak lebih dari 300 m. Tanahnya cukup gembur, tapi memiliki lapisan cadas di kedalaman 40 cm. Lapisan cadas itu dibutuhkan untuk menahan air irigasi dan pupuk tercuci. (Destika Cahyana)

About these ads

82 Tanggapan so far »

  1. 1

    erwin said,

    masa anggur tumbuh kapan kok dirumah aku sdh banyak anggurnya tdk berbuah sih. padahal sudah lama aku menananam dirumah dijakarta

    • 2

      budi ti Bandung said,

      umur setahun biasanya sudah mulai belajar berbuah. Jangan biarkan daun dan batang menjalar terlalu panjang. lakukan pemupukan 1-2 minggu sebelum penggundulan. setelah itu lakukan perempalan/penggundulan, yaitu memotong/membuang batang tersier dan sisakan 5-6 mata atau tunas. dijamin segera
      tumbuh tunas dan bakal bunga.

  2. 3

    isa said,

    saya masih binggung bagaimana caranya kalau buah anggurnya ada dalam pot bagaimana cara membuahkannya mohon di beri tipsnya terima kasih

  3. 4

    dadan tresnandar a.md said,

    apa kah sama dengan penanaman secara tabulapot( secara tekniknya) atau berbeda
    kalau jenis anggur berbeda gimana misalkan anggur hitam sama anggur merah
    saya minta tolong belapa ukuran pot yang baik untuk menanam anggur

  4. 5

    sukmana said,

    saya kemarin beli tanaman anggur, katanya jenis tidak merambat. makanya ditanam di pot, ada foto2nya juga. kira2 ada perlakuan khusus gak ya?

  5. 6

    ria komalasari said,

    saya punya pohon anggur halaman dirumah, sudah berbuah 3 kali dan yang sekarang keempat. yang ingin saya tanyakan mengapa anggur saya tersebut buahnya kecil2 sekali ( sebesar kelereng kecil ) dan sangat asam. tolong ya. aq sudah menggunakan pupuk NPK dan saya lupa namanya jenis semprot untuk memperbesar dan mempermanis buah tapi tetep tidak bisa. toooloooong ya

    • 7

      Akin Tohari said,

      Salam kenal Mbak Ria,,,kalau boleh saya kasih saran pada saat buah masih kecil sebaiknya jumlah dalam dompolanya di kurangi buang saja yang sekiranya terlihat lebih kecil, dengan jumlah buah yang lebih sedikit dalam tiap dompolnya akan menghasilkan buah yang lebih besar, selamat mencoba,,,

  6. 8

    Bagai mana caranya menanam anggur, anggu kami sudah besar kira2 3th
    dan sudah dipotong tetapi tdk mau berbuah. DENPASAR

    Terimakasi dan salam

  7. 9

    mahdum said,

    anggur saya subur usia hampir 2 tahun tapi kena apa belum berbuah juga tolong kasih tau ya rahasianya?? trim yang mau bagi2 ilmu

  8. 10

    Bagaimana cara memangkas cabang2 anggur, saya masih belum mengerti yang mana cabang primer, sekunder dan tersier?

    Sy tanam pohon anggur di pot, tetapi malah merambat terus?
    Terimakasih,saya tunggu jawaban nya

  9. 11

    Hera said,

    Tidak ada salahnya di coba. Baca Testimonial anggotanya

    http://www.inter-metrofund.com/index.php?id=hbrahayu

  10. 12

    ipung said,

    bagaimana cara supaya tanaman anggur cepat berbuah?????

    TQ……!!!!

  11. 13

    alkatiriboy said,

    “knp anggur lama tumbuhnya?.anggur itu mesti di daerah mn?daerah sejuk atau yg hangat!kalo saya tw semua tentang anggur.saya juga pengen buat kebun anggur.tolong kasi tw ya rahasia semua tentang anggur.!thank you”

  12. 14

    niamio said,

    “mama q seneng na2m anggur.tp d mn ya beli tanaman anggur?apa bisa anggur berkembang biak dengan vegetatif alami/buatan.seperti strawberry dengan cara stolon.kalo bisa gmn caranya?supaya anggur bs berkmbang banyak sperti strawberry yg dengan stolon.tolong kasi tau ya jawabannya?????????”thank you before it.

    • 15

      Akin Tohari said,

      Salam kenal niamio,,,,saya menjual bibit pohon anggur, ada 3 jenis anggur yaitu hitam, merah dan hijau, bila berminat silahkan hubungi:Akin Tohari di 085245244975
      Lokasi Parung Bogor, melayani pesan antar.
      Cara pembibitan anggur dengan cara stek agar cepat berbuah, kalau dari biji lama buahnya.
      Terima kasih…

  13. 16

    alkatiriboy said,

    kenapa pohon anggurq kokdpt berkembangbiak kenapaitu. rahasia thankyou

  14. 17

    dear sir,
    Saya sebagai petani ingin membuat manuver tentang menanam anggur yang baik, soalnya di daerah saya tanaman di kebun masih monotone yaitu, sebatas penanaman padi, kedelai dan tanaman palawija. saya iingin membuat manuver untuk menanam anggur yang baik dan hasilnya manis. daerah saya tepatnya di Pasuruan Jawa timur. tolong saya dikirim data penanaman mulai dari pembibitan , hingga perawatan anggur dan pemanenan.

  15. 18

    aku said,

    mulai pemotongan dlm rangka pembentukan pohon anggur kapan ya? sejak bibit anggur ditanam.

  16. 19

    harry said,

    Bagaimana agar tanaman anggur saya yang dipakai untuk penghijauan dirumah dapat berbuah lebat. dan berapa panjang cabang yang harus disisakan bila dipangkas

  17. 20

    Hadiat Iskandar said,

    Apakah ada jenis anggur yang secara genetis manis? Saya telah mengalami menanam anggur dari berbagai bibit, selalu hasilnya masam. Apakah tanah dan cuaca berpengaruh pada rasa buah anggur? Apakah telah ada usaha dari Deptan untuk memunculkan bibit anggur yang manis melalui seleksi?

  18. 21

    Rozig said,

    Cara pembentukan cbg, pohon sdh berumur 1th lebih warna cbg coklat, cbg yg kecil2 dipotong sisakan cbg yg besar agar buahnya nanti lbh produktif. Bth info lbh lanjut hbgi 085230754884 email grape.Ganda.Rape@gmail.Com

  19. 22

    Rozig said,

    Pak edi yth. Sy penangkar bbt anggur mohon detailnya cara dan obat untuk merangsang akar dan menghindari mata tunas yg dorman.

  20. 23

    Rozig said,

    Sy penangkar bibit anggur, menawarkan berbagai jenis angur, antara lain merah karolin, red prince, hijau belgia, hitam probolinggo. Cara penanaman,perawatan,pembuahan. Hp 085230754884 email. Grape.Ganda.Rape@gmail.Com

  21. 24

    Rozig said,

    Cara pembuahan anggur sangat mudah, Sebenarnya pohon anggur tdk mengen

  22. 25

    Rozig said,

    Cara pembuahan phn anggur sangat mudah, tdk mengenal musim kpn kita akan phn anggur kita berbuah bs kita rencanakan. Info lbh lanjut krm email ke: grape.Ganda.Rape@gmail.Com. Pasti kami balas.

  23. 26

    Rozig said,

    Agar pohon anggur berbuah lbh banyak 1.Phn sdh berumur 1th lbh, cbng diatas para2 sdh bnyk 2.Pangkas cbg kecil2 yg kurang sehat,sisakan cbg2 yg bsr minimal sebesar pensil 3.Beri pupuk growmore 4.Bila cbg sdh bny yg warna coklat maka phn siap dibuahkan. Info bbt,perawatan,pembuahan email. Grape.Ganda.Rape@gmail.Com

  24. 27

    Rozig said,

    Bibit anggur saya pakai stek 2 ruas, pengakaran lebih sempurna dibanding stek 1 ruas/mata tunas. Dari penelitian pengakaran yg sempurna dihasilkan bibit berkualitas. Ada yg berminat bibit anggur saya email grape.Ganda.Rape@gmail.Com sms.085230754884

  25. 28

    wandhy panoa said,

    saya ingin skali tau cara pemeliharaan anggur yg baik,krn saya sudah lama sekali tanam anggur namun tdk juga tunbuh besar !!!!!!!!!!tolong kirimkan jawabannya secepatnya

  26. 29

    wakidi said,

    pak saya mau tanya saya menanam anggur dalam pot kaleng cat yang 20 literan,apa itu sudah cukup untuk ukuran anggur dalam pot,dan anggur itu sekarang sudah tumbuh subur usianya kira2 10 bln,trus caranya agar cepet berbuah gimana?trus saya mesti pupuk pakai apa dan apakah tanahnya perlu ada pergantian,sekian terima kasih

  27. 30

    sita said,

    keren bnget…………

  28. 31

    Dhody said,

    Saya punya pohon anggur sdh lebih 2 tahun tapi sampe sekarang blm mau berbuah, bgmna cara pemangkasan yg benar dan pupuk apa yg bagus buat anggur

  29. 32

    Rozig said,

    Anda yg bth info tentang cara perawatan,pemupukan,pembuahan dan info bibit anggur bs krm email ke saya.

  30. 33

    wulan said,

    aE . . .

    tHx atAs iNfo nA ! ! !

    Oia aQ mW naNYA ? ? ?

    kLAw pHoN aNGGur nA d tANam d piNGgir kOLam bSa kHAn ? ? ?

    oIa aNggur nA kOk aSam yAch ? ? ?

    kHan d pINGgir kOlam ? ? ? ?

    jaDhiE sOlUsie nA pA ? ? ?

    tHx . . . .

  31. 34

    Zola HY said,

    Yang tau tempat penjualan bibit anggur dataran rendah yg bermutu tolong bantu saya.

  32. 35

    KARNO NONOT said,

    seumpama penanaman anggur dg cara okulasi(anggur hijau dg anggur hitam) apakah hasil buah bisa baik….makasih

  33. 36

    Ripai Mahdar said,

    Anggur saya anggur merah dan hijau sudah tumbuh merambat di halaman rumah, tapi kok tidak mau berbuah padahal daunnya hijau dan lebar dan umurnya kira-kira sudah 3 tahun, bisa minta tipsnya?

  34. 37

    sonysmith said,

    pa bisa anggur dtanam dalam pot.kira2 gmana ya caranya nanam anggur dalam pot agar dapat berbuah dan berdaun lebat.soalnya pekarangan rmah sya g nyisain untuk nanam apa aja.

    tolong ya di kasih taucaranya ..thank you…

  35. 38

    masjum said,

    Yth.bpk edi di rumah saya ada pohon anggur kurang lebih 15 pot,semuanya tidak ber buah padahal umurnya sudah kira-kira ,8(delapan bulan),saya sudah ber upaya baik dari segi pemupukannya maupun cara pengolahan tanahnya ,tapi tetap tidak berbuah mohon kirannya bapak untuk memberikan solusinya.terima kasih sebelumnya.

  36. 39

    Hari Adi said,

    Mas redaksi majalah Trubus, mau tanya berapa usia pohon buah anggur mulai berbuah sejak mulai ditanam? : 1 dari stek; 2 dari biji

  37. 40

    Rahayu Virgiwati said,

    saya ingin berkunjung ke kebun anggur di singaraja awal maret 2010. dimana alamat perkebunan yang bagus di singaraja yg sedang/siap panen diawal maret nanti.?
    Hotel apa yg terdekat dengan perkebunan tersebut.?
    Mohon infonya.
    Terimakasih. Rahayu di Jakarta.

  38. 41

    […] Edi Yana : Maniskan Anggur Bali […]

  39. 42

    alex said,

    saya tuh heran ini banyak sekali banyak pertanyaannya tapi kok nggak nggak ada yang jawab heraaaan kemana masih hidup nggak nih orang yang punya situsnya

  40. 43

    Ir. Wayan Sudargama said,

    terima konsultasi gratis teknik budidaya tanaman anggur kontak kami Hp 081 647 20856 atau via emil sudargama@yahoo.com kami memberi solusi

  41. 44

    m.yani said,

    tolong ya.. Bagaimana cara agar anggur dapat subuh di daerah perkebunan kelapa di riau

  42. 45

    nathan said,

    jika pohon setekan, bisa dipupuk seperti itu setelah pohon anggur berumur berapa tahun .serta tanah yang cocok untuk pohon anggur yang seperti apa?

  43. 46

    Bomanta said,

    Tlg bantu saya dgn penjelasan lebih rinci tentang berkebun anggur. Trims.

  44. 47

    dede wahyudin said,

    saya sangat kagum dengan keberhasilan anda namun saya ingin sekali menanam anggur secara anda dengan lahan sedikit tapi manfaat gimana saran yang baik cara menanam anggur tersebut saya berharap anda kirimkan selengkap lengkapnya tentang budi daya anggur terimaksih

  45. 48

    doefal said,

    alhadulillah anggur saya dah brbuah umur 10 bulang, cuma disiram air kencing aja, trus dpangkas smua daunnya, dan harus kena sinar matahari langsung.

  46. 49

    agromania said,

    salam kang..
    saya menjual CD dan buku panduan cara budidaya anggur yang benar. CD bukan berisi paparan data atau ebook PDF, melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya langsung dilapangan. jika berminat silahkan hubungi saya di 081911857815.
    terima kasih

    • 50

      Suryadi susilo said,

      Saya pesan CD ngan Kang ROZI 081911857815 harga 350 ribu budidaya anggur isinya ngawur banget bayangkan 5 CD isinya sama semua. di telp ngak diangkat, sms gak dibalas kayak sule aja kang ? jika bisnis yang halal kang>>>kacian anda

  47. 51

    aditha said,

    saya dari singaraja… saya membeli bibit anggur yg dibilang anggur hijau, memang anggur saya mau berbuah tp buahnya kecil dan rasanya masam padahal sudah melewati wktu panen,,,
    apakh aperlu perawatan yg khusus???

  48. 52

    sahala.t.simanjuntak said,

    pohon anggur saya sudah 10 tahun lebih, rasanya masih asam, kalau agak hitam sedikit manis. yang ingin saya tanyakan adalah apakah ada yang jual pupuk npk 1-2-2 atau bisakah pupuk tunggal N, P, K bisa diramu dan bagaimana rumusnya. trimakasih.

  49. 53

    diswanto said,

    anggur varietas apa yang cocok di tanam di daerah palu (sulteng)

  50. 54

    pulzzahut said,

    kalo dibudidayakan di lahan semi kering bisa gak gan?

  51. 55

    taslan aja said,

    pohon anggur saya baru satu hari ditanam jd nanti aja deh nanya nya

    …tring!

  52. 56

    Foredi said,

    Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

  53. 57

    taslan aja said,

    ugh..! pohon anggur saya skr daunnya gundul dilalap kambing

  54. 58

    Tulisan dan Tips yang sangat membantu dan menambah wawasan. Terimakasih Salam Sukses!

  55. 59

    Terimakasih untuk Informasi yang sangat bermanfaat serta menambah wawasan.boleh dicoba. sukses selalu

  56. 60

    Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih telahberbagi ilmu yang bermanfaat , mau dicoba oleh saya.

  57. 61

    Setelah membaca Info dan Artikel yang banyak Ilmu pengetahuan dan bermanfaat , wajib dicoba . Salam Sukses

  58. 62

    Postingan yang bermanfaat dan Infomatif banyak berbagi Ilmu pengetahuan. boleh dicoba. sukses selalu

  59. 63

    Tulisan dan Tipsnya Menarik, dan cemerlang. Pas untuk dicoba. sukses selalu

  60. 64

    Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

  61. 65

    Amazing Postingan dan Tipsnya ,,,
    Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil. Terimakasih

  62. 66

    Artikel yang sangat cemerlang apalagi Tipsnya. patut dicoba. sukses

  63. 67

    Setelah baca Artikel dan Tipsnya otak jadi cemerlang, harus dicoba.

  64. 68

    foredi palu said,

    Berkat membaca Artikel dan Tipsnya. past saya coba. terimakasih

  65. 69

    Terimakasih untuk Artikel dan Info yang sangat cemerlang. boleh dicoba. sukses selalu

  66. 70

    Informasi bagus setelah baca Artikel di Wibesite ini, Amazing,,,

  67. 71

    saat baca Informasi dari Wibesite ini saya mau coba. Tipsnya Menarik.

  68. 72

    Artikel yang sanagt cemerlang, terimakasih saya pasti coba. salam sukses selalu.

  69. 73

    Postingan yang hebat apalagi Tipsnya. wajib dicoba. Terimakasih

  70. 74

    setelah saya baca Artikel yang sangat menyenangka. saya akan coba. terima kasih atas informasinya. setelah saya baca Artikel yang sangat menyenangka. saya akan coba. terima kasih atas informasinya.

  71. 75

    Amazing Artikel dan Tipsnya yang sangat berguna dan bermanfaat, Infomatif. boleh dicoba.

  72. 76

    arif said,

    saya mau tanya..

    dirumah saya ada pohon anggur hijau, sangat
    subur buahnya pun banyak
    akan tetapi rara buahnya itu asam
    apakah memang jenisnya atau
    perlu perawatan lebih agar menjadi buahnya manis ??

  73. 77

    tri rahayu said,

    makasih ya udh mau bagi2 ilmu.

  74. 78

    sri budiarti said,

    aduh pohon anggurku juga belum berbuah tuh

  75. 79

    Taslan Aja said,

    nah.. baru ketemu nih postingan..
    6 bln lalu pohon anggur saya daunnya gundul dimakan kambing yang akhirnya berbuah tapi cuma setandan mungkin pemangkasan terlalu dini, 6 bln sudah tanaman anggur saya sudah besar dan rimbun tapi lama2 daunnya kuning setelah saya intip ternyata bawah daun ada bercak warna kuning spt bedak.. sya buangin deh tuh eh lama2 botak juga tuh daun.. hehe
    nah kira2 pemangkasan dini lagi aja ini bakal jadi apa yaah..

    ..krleP!

  76. 80

    mikhael gustandy said,

    salam kenal, saya mau berkunjung ke kebun pak edi, guna mengenal anggur bali dan melakukan penelitian pak, mohon bantuannya
    bagaimana cara menghubungi pak edi?

  77. 81

    Akos said,

    Bahaya tuh kalo ada yg jual cd boongan.binis halal donk

  78. 82

    Bahru rozik said,

    Boleh sy jelaskan mengenai..
    Btg utama: adalalah phn sepanjang dr tanah sampai ujung para2.
    Cbg primer: dimana lanjutan btg utama yg berada diatas para2.
    Cbg skunder: yaitu cabang yg tumbuh kekanan dan kekiri pada cbg primer.
    Cbg tersier: cbg yg tumbuh kekanan dan kekiri pada cbg skunder.
    cara pemangkasan pembentukan cbg: pangkas cbg primer bila sdh menjalar sampai ujung para2, demikian pula pangkas cbg skunder bila sdh sampai ujung samping para2. Pemangkasan ini dimaksudkan untuk mempercepat besarnya cbg skunder yg akan mengeluarkan bunga nantinya.


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: