TaBuLamPot : Solusi Pas di Lahan Terbatas

Sinar Harapan , Cibinong – Keterbatasan lahan tak mesti mengekang hobi pertanian. Sebagian pehobi coba kutak-kutik. Mereka tetap melakukan hobi berkebun walau ruang yang tersedia tak cukup luas. Jangan sebut kata luas, tapi pas-pasan. Lewat sebuah kebetulan, muncul alternatif baru untuk menjawab kelangkaan lahan tadi. Dari situ, pilihan tempat untuk menanam tak lagi terbatas di lahan terbuka, macam pekarangan atau kebun, namun sudah merambah pada media pot. Inilah yang disebut tanaman buah dalam pot atau yang di kalangan pehobi disebut ”tabulampot”.

Poly
Bayu Dwi Mardana
Lily Turangan tampak asyik merawat tanbulampot kesayangan. Bagi pehobi berkebun di kota, tanbulampot bisa jadi alternatif yang menarik.

”Tanbulampot memang dikenal sebagai solusi bertani bagi orang-orang kota. Dengan lahan sempit, orang-orang kota itu ingin bisa menikmati buah dari pohon yang mereka tanam,” ungkap Lily Turangan (57), salah seorang pehobi tanaman di bilangan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Ibu yang mengaku cinta tanaman sejak usia sekolah dasar ini amat tergila-gila dengan tanaman buah dalam pot. Buktinya, ia tak cuma menanam pohon buah dalam pot saja tapi ikut mengembangbiakkan tanaman itu.
Menurut Ir. Joesi Endah, penggemar tanaman yang juga konsultan pertanian, budi daya sistem tanaman buah dalam pot tak hanya melahirkan solusi bertani bagi orang kota atau pemilik lahan sempit, namun juga mengandung kolaborasi antara teknologi pertanian dan nilai estetika.
Awalnya, cara bertanam di dalam pot hanyalah sebagai kegiatan iseng beberapa penangkar buah. Ini dilakukan karena bibit tanamannya tak banyak yang laku terjual. Kejadian ini berlangsung pada awal delapan puluhan. Saat itu, urusan jual-beli bibit tanaman buah belum semeriah sekarang.
Khawatir bibit yang tak laku tumbuh terus, para penangkar itu nekat menanamnya dalam pot. Perawatan yang dilakukan pun tak jauh beda ketika bibit itu ditanam di tanah lapang. Hasilnya, sungguh di luar dugaan. ”Mereka bisa tetap mendapat buah. Bahkan lebih rajin berbuah dan tanamannya mudah didapat,” kata Joesi, insinyur pertanian jebolan Institut Pertanian Bogor (IPB).
Ada sejumlah keuntungan bila memelihara tanaman buah dalam pot di sekitar kita. Paling gampang, kebutuhan gizi dan vitamin keluarga bisa terpenuhi berkat buah yang hadir hampir sepanjang musim. Belum lagi, unsur penghijauan rumah meski hanya punya lahan pas-pasan. Unsur estetika dan keindahan pun bisa muncul. Coba saja lihat saat tanaman itu semarak berbuah. Warna kuning ranum berpadu hijau daun yang cantik. Lagi pula ukuran tajuk tanaman ini tergolong ”kompak” sebab tingginya hanya sekitar 1 sampai 2 meter saja.
”Penempatan secara soliter di teras atau di dalam ruangan bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan kondisi tanaman. Ia juga bisa dipadukan dengan tanaman hias di taman atau halaman rumah,” ujar Joesi tentang fungsi estetika tanaman buah dalam pot.
Beragam tanaman buah saat ini sudah banyak yang berhasil dibudidayakan dengan distem pot. Lily Turangan menyebut enam jenis tanaman buah yang biasa ia tanam dengan teknik ini. ”Dari pengalaman saya, jenis mangga, jambu biji, belimbing, jeruk, srikaya dan kedondong mudah berbuah dan hidup dalam pot.”
Ada yang mudah, tentu ada pula yang sulit. Jenis alpukat, durian, gandaria dan nangka besar adalah beberapa contoh tanaman buah yang sulit ditanam sebagai tanaman dalam pot. Sedang jambu bol, jambu mawar, manggis, duku, jamblang, lengkeng, nangka madu dan rambutan termasuk contoh yang agak sulit dibudidayakan sebagai tanaman dalam pot.

Lima Syarat
Agar tanaman dalam pot rajin berbuah, Lily dan Joesi sama-sama menyebut sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Paling tidak ada lima syarat tumbuh atau faktor yang jadi pertimbangan.
Pertama, pemilihan jenis tanaman yang sesuai dengan ketinggian tempat. Kedua, pemilihan bibit tanaman. Diikuti pemilihan media tanam dan pot. Lalu pemupukan yang efektif dan terakhir, pengendalian hama dan penyakit tanaman.
Pengetahuan asal-usul tanaman harus sudah nyantol di otak sebelum memutuskan menanam suatu bibit tanaman buah dengan teknik pot. Ini penting. ”Jangan sampai stroberi dan apel yang merupakan tanaman di daerah dingin, ditanam di dataran rendah. Wah, mana mau berbuah dia,” kata Joesi memberi perumpamaan. Umumnya, semua jenis tanaman buah hanya dapat berbunga dan berbuah dengan baik bila ditanam di daerah berketinggian sekitar 400 m dpl.
Pemilihan bibit juga tak kalah penting. Bibit yang baik tentu akan menghasilkan – secara kualitas dan kuantitas – pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang jempolan. ”Saya menganjurkan untuk memilih bibit tanaman buah yang jelas asal-usulnya. Artinya, bibit dibeli dari penangkar tanaman yang baik dan terpercaya,” ucap Lily.
Urusan bibit selesai, langkah berikut menyiapkan media tanam dan pot. Kata Joesi, media tanam yang digunakan untuk tanaman buah dalam pot sebaiknya memenuhi syarat minimal, yaitu mengandung tanah sebesar 50 %, pasir 20 % dan bahan organik 30 %.
Dari syarat minimal tadi, bisa diterjermahkan menjadi berbagai macam komposisi bahan dasar sebagai media tanaman buah dalam pot. Bahan dasar untuk media tanam terdiri atas tanah, pupuk kandang, kompos, pupuk kimiawi dan bahan lain sebagai tambahan.
Pemilihan pot yang tepat menjadi modal awal bagi pertumbuhan tanaman. Pot yang digunakan bisa dipilih dengan memanfaatkan kaleng biskuit bekas, sisa galon air mineral, ember tak terpakai, drum bekas senyawa kimia dan lainnya. Agar menghindari kontaminasi zat, Lily menyarankan membeli wadah yang sudah dicuci. Wadah favorit tetap dipegang belahan drum bekas. Wadah ini mampu menampung seluruh sistem pengakaran.
Pemupukan harus dilakukan dengan dosis tertentu. Kelebihan dan kekurangan dosis tentu berdampak buruk bagi tanaman itu. Jenis pupuk yang bisa dipilih memang beragam. Yang pasti, tanaman buah butuh unsur hara makro, seperti N, P, K dan unsur hara mikro macam Ca, Mg dan S. Unsur hara mineral itu merupakan sumber nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Cermati pula waktu dan cara pemupukan.
Langkah terakhir, pengawasan terhadap hama dan penyakit tanaman. Faktor pengganggu ini jangan sampai mengacaukan mimpi Anda untuk memanen buah. Bayangkan betapa kecewanya hati ini saat mengetahui pertumbuhan tanaman buah terhambat oleh hama dan penyakit.
Pada tanaman buah juga dikenal teknik pemangkasan. Tujuannya, kata Joesi, untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan produksi. Pemangkasan juga mampu menjaga kelembaban tanaman sehingga tak mudah terserang hama dan penyakit.
Berdasar umur tanaman, pemangkasan terbagi menjadi tiga, yaitu pemangkasan pada pembibitan, pemangkasan tanaman yang belum menghasilkan dan pemangkasan tanaman yang sudah menghasilkan. Sedang dilihat dari tujuannya, pemangkasan dibedakan menjadi empat, yaitu pemangkasan bentuk, pemeliharaan, produksi dan peremajaan.
Bagi sebagian pehobi, tanaman buah dalam pot bisa jadi lahan bisnis yang menarik. Dengan perawatan yang cermat, tanaman buah dalam pot mampu menyedot perhatian siapa saja.
Tajuk tanaman yang tak terlalu tinggi dengan disusupi gerombol buah di ujung cabang, apalagi saat dicicipi buahnya, terasa manis dan segar, siapa yang tak kepincut. Jadi jangan heran bila ada tanaman buah dalam pot yang mampu mencapai seharga tiga juta rupiah. Wow!
(SH/bayu dwi mardana)

Poly2

Jambu biji termasuk salah satu jenis tanaman buah yang mudah ditanam dan berbuah dengan teknik tanbulampot.

Copyright © Sinar Harapan 2002

About these ads

120 Tanggapan so far »

  1. 1

    butuh ketlatenan ya …

    btw, apakah tanaman buah yang cocok untuk daerah panas seperti surabaya ya ?

  2. 2

    Betul sekali, telaten… kata yg tepat utk mewakili kegiatan merawat tanaman.
    Juga harus rela berkorban waktu dan uang serta kemauan utk menyerap ilmu-ilmu baru. Tapi, semua itu menjadi menyenangkan bila memang hobi.
    Kita sering dengar seekor ikan arwana atau sebuah aglonema yg berharga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Kadang kita berpikir itu tidak masuk akal.
    Tapi kalo sudah hobi, no problem. Hobi tidak sama dengan uang.

    Btw, Kita sebenarnya beruntung lahir dan besar di daerah tropis. Hampir semua jenis buah-buahan itu ada di daerah tropis. Saya pernah lama di Korea yg beriklim Subtropis. Kasihan mereka, di sana itu hanya ada apricoat, semangka, apel, pear. Kalo mau mendapatkan duren, mangga, pisang, mereka harus merogoh kocek dalam2. karena harganya mahal sekali. maklum buah impor.

    Saya rasa utk daerah Surabaya sama panas seperti Bekasi. Tabulampot favorit seperti mangga, jambu air, dll cocok juga di sana. Yang penting Kita mau merawatnya. Telaten….

    Semoga bermanfaat…

    Mari berkebun…

    Salam

    Mukti Prayitno

    • 3

      Abi Naufal said,

      Salam kenal Mas Mukti,

      Mas sy mau ty nich, skrg sy lg coba tabulampot mangga gedong gincu, waktu saya beli setahun yg lalu sudah berbuah tp setelah setahun kok g berbuah2 lg, sy sdh cb pake pupuk perangsang buah merk patrol. mohon di berikan tips spy bs berbuah kembali.

      Salam
      ABI, Beji Depok

  3. 4

    nila said,

    mas mukti… waduh saya tertarik sekali dg tabulampot ini, klo di surabaya ato malang bs beli dimana ya? maklum ndak tau.. pengennya sih kelengkeng, rambutan, mangga, kesemek, kecapi, buah dr papua (matoa), jambu air, wuah banyak deh (kayak toko bua ya), klo ada info lengkap tulung saya dikirimi email ya mas. Kebetulan ada sepetak tanah kecil en mungil yg bisa saya manfaatkan.. soale pengen punya tanaman buah yg makin susah dicari

  4. 5

    Gundul said,

    Tabulampot apa yang cocok untuk daerah Jember Jawa Timur

  5. 6

    anam said,

    Sebagai orang yang awam ttg tabulampot saya ,mulai coba menanam mangga manalagi dan jambu merah. Namun akhir-akhir ini di musim penghujan mulai datang hama ulat hijau berbulu yang memakan daun mangga. Saya ingin mengendalikannya dengan obat non kimia. Obat apa ya yang bisa dipakai dan tidak mengganggu kesehatan lingkungan karena saya menanam di halaman rumah yang sempit. terimaksih informasinya.

  6. 7

    meilantika said,

    saya senang menanam pohon2 bumbu dapur, seperti kunyit, kencur, jeruk purut, jeruk sambel, jahe, kemangi dll di pot plastik, berhubung halaman yang tidak begitu luas.
    agar tanaman sehat dan subur, bagaimana cara merawatnya ya.
    oh ya, saya tinggal di bandung selatan yg hawa nya agak panas, tidak seperti di lembang.
    terima kasih ya, websitenya sangat membantu sekali. update terus :)

    salam.

  7. 8

    Senang sekali Saya, website yg iseng2 ini bermanfaat bagi banyak orang.

    Tanaman jenis bumbu dapur paling gampang ngerawatnya, apalagi kalau di Pot. Rajin-rajin aja di siram, 2 x sehari pagi dan sore. Tapi jangan kebanyakan ya, Mba. Kalau air sudah menetes dari lubang bawah pot itu artinya cukup. Tips kedua, rajin2 menggemburkan tanahnya, agar cukup nitrogen meresp ke perakaran. Kalau pupuk kimia, ngga usah lah… Apalagi jika saat ibu menanamnya memakai media pupuk kandang.

    Tanaman bumbu dapur di sebelah rumah tumbuh dengan subur padahal Saya tanam begitu aja di tanah.

    Semoga bermanfaat

    Mari berkebun..

    Salam

    Mukti

  8. 9

    Tips untuk Mas Anam :

    1. Jauhkan TaBuLamPot Mangga dan Jambunya daunnya bersentuhan dg pohon lain. Ini berpotensi menularkan ulat.
    2. Pangkas habis daun tanaman yg sudah terjangkit ulat, sisakan 5-10 lembar daun per batang ( jd total ada sekitar 75 lembar daun yg sehat.
    3. Kalau Anda di daerah kota nyari pestisidanya di supermarket (Giant, atau carefour). Kalau merknya Saya ngga hapal.
    4. Biasanya Saya cukup memakai baygon semprot utk membunuh ulat atau dengan cara manual aja…

    Semoga bermanfaat

    Mari berkebun…

    Salam

    Mukti

  9. 10

    anam said,

    Saluuuuut buat respon yang cepat dari Mas Mukti. Thanks.

  10. 11

    Paijo said,

    Bagus sekali, bisa menjadi solusi untuk kekurangan lahan pertanian di kota-kota karena bisa ditempatkan di atap gedung maupun di tempat sempit. Supaya mudah dipindah, mungkin bagus kalau potnya diberi roda atau ditempatkan di atas papan beroda. Terimakasih dan salam eksperimen.

  11. 12

    Arie said,

    Saya tinggal di Paris. kira2 tanaman jambu biji cocok nggak ya dengan iklim di sini ?
    Terima kasih sebelumnya.

  12. 13

    poer said,

    saya tertarik dengan tabulampot……
    cuma saja yg belum jelas betul
    pot/tempatnya yang paling cocok dan ideal tuh pake wadah yang berdiameter brapa??????????
    trus kalo durian kira-kira bisa ditanam nggak ya>>>……………..
    tolong jawab… siapapun orangnya yg penting tau betul dengan masalah ini
    tank’s

  13. 14

    rahmawati said,

    saya tertarik sekali dengan tabulampot…. .satu kali pertama gagal daun pada rontok semua dan tidak ada tunas muncul2.sekarang saya coba lagi moga berhasil tolong info untuk tanaman tabulapot dari start menanam bibit sampai cara berbuah….langkah2nya (tolong emailkan ke mail saya….kalau ada yang punya waktu deh…….rahmawati71@yahoo.com)saya tinggal di bontang…..daerah panas ya.kira2 apa yang cocok untuk tanaman tabulampot ya ………………………………..terimakasih sebelumnya.(ternyata tidak kalah asiknya tabulampot buah dengan hobi menanam aglonema… yang kata suami saya kalau kamu tanam buah kan bisa dimakan kalau aglonema kamu itu cukup kamu pandangi sendiri aja) >>>>>>>>……………………..thanks

  14. 15

    aboutmiracle said,

    salam kenal,
    saya tertarik dengan tabulampot. Tapi saya belum pernah coba sama sekali nih, jadi saya ingin bertanya2 dulu nih..:)
    saya tinggal di Bandung, ada pekarangan di samping, belakang dan depan rumah saya, ngga terlalu luas, kira2 luas totalnya 12mx6m. Ada masukan ngga dari kawan2?kira2 dengan luas segitu dengan cuaca Bandung yang relatif dingin tanaman apa yang bisa dibudidayakan?saya pengennya yang bisa dikonsumsi masyarakat, berproduksi cukup, dan tidak musiman..:)
    makasih sebelumnya
    wassalam :)

  15. 16

    dewi said,

    Assalamu’alaikum.
    Tabulampot, hem…..menarik sekali. saya sekarang lagi mencobanya khususnya buah kelengkeng. tapi saya kurang tahu bagaimana merawatnya???sehingga hasilnya kuranh menarik dan tidak sesuai dengan yang saya harapkan.
    wasslam
    Salam Kenal dari Saya.

  16. 17

    santosa said,

    saya minta alamat yang jual bibit jahe gajah donk

  17. 18

    Hartati said,

    tolong kirimkan alamat dan alamat website nya kalau perlu dimana saya bisa pesan bibit buah delima dan belimbing manis tolong segera ya saya perlu sekali terima kasih

  18. 19

    Julius said,

    Mohon info nya dong dimana bisa membeli bibit jeruk yg bagus. Sy tinggal di daerah cibubur. kl bibit jeruk lokam mandarin baby (yg kecil2 itu lho) ada ga ya?
    Thanks.

  19. 20

    IVAN said,

    Salam kenal,

    Saya ivan lagi punya kendala. Saya tinggal di daerah Belitung. Tanah saya itu banyak pasir hasil timbunan timah bekas penggalian. Saya bermaksud mengolah tanah saya menjadi lahan pertanian. Namun kondisi tanah di tempat kami sangat tinggi kadar asamnya.Bagaimana mengolah tanah saya yang saya timbuni pasir tersebut menjadi lahan pertanian dan tanaman apa yang cocok untuk ditanam ?
    Apakah jahe + kunyit dapat hidup seandainya saya tanam dengan menambah tanah humus diatas pasir tersebut ?
    Tolong dibalas, karena saya lagi bingung.

    Terima kasih atas perhatiannya

    Ivan anthony

  20. 21

    tiga_kds said,

    Saya sangat tertarik dg tabulampot (maklum ndak punya lahan), mas punya artikel yang sudah dikemas dalam 1 buku? atau tertata di file ?, aku dipinjami atau kalau ngganti biaya mau kok
    Thanks

  21. 22

    ido said,

    saya lg mencari bibit srikaya bangkok atau srikaya tanpa biji untuk ditanam di pekarangan sih… ada yang punya info dapat dibeli dmn?, tlg ya…

  22. 23

    iman said,

    saya mo tanya,hormon daun yang berada di pasaran biasanya bermerk apa dan berapa kisaran harganya?baiknya jangka waktu penggunaanya berapa minggu skali?Oi y,apa
    yang biasa menjadi kendala utama dalam Bertanam Buah Dalam Pot? lam kenal n
    thanks a lot :)

  23. 24

    iman said,

    oi y, bagusnya tanam apa di daerah yang kering?

  24. 25

    Clein said,

    Mau nanya nih…habis saya jarang banget berkebuin dan minim pengetahuan ttg itu. Kemarin dulu saya dapat tanaman anggur yang ditaruh dalam plastik kecil..2 buah lagi. Kata temen yang ngasih harus dibawa dua-duanya. katanya bisa ditanam dalam pot..mau saya pindah ke pot tapi saya bingung nih potnya harus sebesar apa(diameter dan tinggi)?dan kalau saya pindah apakah tanah yang ada dalam plastik harus saya uraikan dulu agar akarnya ga ngerumpel?terus media tanamnya seperti apa?harus disiram seberapa banyak?pupuknya apa?

    Tolong info sebanyak-banyaknya ya..soalnya saya ga pengen tanaman itu mati…thx b4

  25. 26

    Astar Simorangkir said,

    Saya punya pohon mangga yg berusia 10 thn-an lebih, namun hingga kini tidak kunjung menunjukkan bunga apalagi buah. Sudah mencoba memberi pupuk kandang, jg NPK namun tidak ada tanda2 baik. Apa yang dapat saya lakukan, apakah memang pohon mangga itu “mandul”? Kalo saya lakukan sambung batang (okulasi) apakah akan bermanfaat?
    Terimakasih.

  26. 27

    Astar Simorangkir said,

    Dimanakah saya dapat membeli bibit2 mangga arumanis, manalagi & gedong yg berkualitas baik??
    Terimakasih.

  27. 28

    Elisabeth said,

    Dimanakah saya dapat membeli bibit2 mangga arumanis, manalagi & gedong yg berkualitas baik??
    Thx.

  28. 29

    andrian said,

    salam kenal,
    saya baru mau coba tabulapot dimana saya bisa beli bibitnya…saya tinggal di daerah dataran rendah (muntok – Bangka) kl durian mungkin gak jd tabulapot…?

    tks,
    andrian

  29. 30

    Tari said,

    Salam kenal,
    Tabulampot cocok untuk lahan sempit. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana dengan pertumbuhan akarnya. Apalagi akar tunggang, yang semakin besar pohonnya, maka akarpun akan semakin panjang ke bawah.
    Apakah tidak “jebol” alas pot yang terbuat dari seng itu, dimana ukuran pot seng tersebut adalah ukuran yang paling besar.Diameternya lebih kurang 1 meter. Ditambah lagi, karena sering di siram, terkena hujan, dll sehingga pot seng menjadi karatan, sehingga alas pot menjadi rapuh.
    Bagaimana mengatasinya ya…
    Makasih…
    tari

  30. 31

    ansori said,

    maaf saya memerlukan jawaban mas bukan komentar , jadi ini komentar saya . krn rata rata tdk ada jawaban

  31. 32

    Yehezkiel said,

    Sy baru mulai menanam tambulapot 1 tahun ini Kedondong, belimbing bangkok ,sawo , dan beberapa jenis mangga saya sudah berbuah.jamblang putih sedang berbunga, sy sedang menunggu yang lain berbuah….asyik loh..yang penting sabar…

  32. 33

    Pak Purwanto said,

    Jambu saya terkena kutu putih. Ada cara yang aman/organik gak untuk membasminya ????

    Terimakasih sebelumnya

  33. 34

    dwi said,

    IDE YG SANGAT BAGUS
    BISA MEMANGFAAT KAN LAHAN YG SEMPIT….
    menjadikan hasil yg bisa di bilang memuaskan …
    goood

  34. 35

    roy said,

    mas & mba senior tolongin dong, masalah merawat lengkeng pingpong dilahan sempit, dengan cuaca agak panas ( Tegal Jateng ), saya kesulitan nich…..mohon bantuannnya.

    thanks

  35. 36

    Nur said,

    haloo…
    siapa yang jual tabulampot mangga lali jiwo yach???

  36. 37

    Nur said,

    Mas Muktiprayitno,

    Mas kan pakar nih di dunia per-tabulampot-an.
    Minta saran dong.
    1. Tabulampot kedondong saya sakit. Waktu beli 5 bulan lalu memang daunnya kurang begitu subur. Buahnya tapi hijau segar. Sekarang daunnya menguning, daun yang trubus pun juga ngga lebat, menua sedikit aja udah mulai menguning. Buahnya juga pucat. Memang waktu belinya di tukang buah, bibitnya ditanam di polibag. Saya pindah ke pot plastik besar dengan media tanam campuran tanah (merah) dan kompos. Saya rajin kasih NPK daun loh…mengingat kondisi daunnya sakit2an gitu. Jadi harus diapain nih? Sedih melihatnya.
    2. Saya tinggal di Tangerang. Dimana tempat jual bibit tabulampot yang qualified. Saya perlu banget tabulampot mangga lali jiwo. Tolong kasih referensi.

    Makasih mas.

  37. 38

    CAN said,

    Mas,

    Tolong dibantu alamat pemesanan bibit tambulampot jambu air di batang

    Terima kasi atas bantuannya,

  38. 39

    Nik said,

    Pak Mukti,
    Bagai mana cara memelihara tanaman jeruk purut di pot utk hawa jg
    sedingin Nederland?
    Sesudah beli dipasar malam bebrapa kali mati, ini kali beli sudah 1th daunnja tetap kecil dan ini kali malah rontok,meskipun sudah dimasukkan dalam ruangan
    tanpa hitting dan dijendela,dan sering ada masuknja hawa(pintu buka/tu-
    tup kalaukita kebelakang)
    Mohon nasehat anda pak,(saja beri pupuk NPK 17-17-17)
    Terima kasih banjak sebelumnja.
    Oja kalau musim dinggin lewat saja bawa keluar dikebun .

  39. 40

    herfin said,

    menikmati tabulampot memang menjadi kepuasan tersendiri, bagi rekan-rekan yang ingin memiliki tabulampot lengkeng dataran rendah (jenis diamond river dan itoh), kebetulan saya mempunyai kedua jenis tersebut. lokasi ada di malang jawa timur, yang berminat dapat menghubungi saya di herfins@plasa.com

    salam…

  40. 41

    santi said,

    Pak muktii, saya punya tabulampot belimbing dulu bagus sekarang mogok berbuah, apakah cara tabulampot rambutan bisa dipraktekkan di tabulampot belimbing saya, trus dpt kiriman biji srikaya merah tapi kok caranya direndam dulu air mendidih ato air dingin, apakah benar caranya ?
    tolong pencerahannya pak, terimakasih

  41. 42

    Padmawijaya said,

    Mas kami ingin belajar bisnis ini di Balikpapan bisa nggak kasih saran apa yang harus dipersiapkan. dan ada nggak link kalo kita mau cari bibit dan kebutuhan lainnya.Thanks

  42. 43

    hery sulistianto said,

    untuk tanaman lombok atau tomat..apakah perlu dilindungi dengan memakai paranet??

  43. 44

    dinasti said,

    saya mau nanya ni,,ada bahan yang bagus g’ buat pemupukan pd lahan kering yang tidak subur sama sekali,tlng kirim ke mail saya y, biar saya cobakan dengan lahan saya nantinya.

  44. 45

    har said,

    kalo tabulampot untuk bertanam semangka bisa tidak ?

  45. 46

    Luwis said,

    Salam kenal. Mau nanya nih, saya punya pohon mangga dalam pot. Sebaiknya diberi pupuk dalam jeda waktu berapa ya? Saya baru sekali kasih pupuk buah yang dibeli di supermarket. Makasih

  46. 47

    steph430 said,

    saya punya tabulampot belimbing, awalnya buahnya bagus tetapi kemudian setelah berbuah yang kedua buahnya kurang bagus dan daunnya menjadi berwarna kuning muda dengan tulang ndaun yang kelihatan. kemudian medianya saya ganti dengan yang baru tetapi hasilnya sama saja. mohon bantuannya ? matur nuwun

  47. 48

    buyung said,

    buat luwis,
    coba pake pupuk kandang dulu sekitar satu kiloan dan NPK 15-15-15, untuk jeda waktu pemupukan lagi sekitar 3 sampe 4 bulan kemudian, jangan lupa juga pupuk daunya ya.

    buat Steph430,
    kemungkinan pohonnya butuh unsur hara mikro, bisa coba EM4 kaya sekali unsur hara mikronya, atau campuran EM4 100 ml + gula (putih atau merah) 100 gram + pupuk kandang 2 kg kemudian dibokashi selama 1 minggu, kalo sudah dingin bisa dipakai. Insya Allah

  48. 49

    buyung said,

    buat aboumiracle,
    saya juga tinggal di Bandung lokasi kamu ari sakitu mah lumayan luas atuh, saya punya bibit buah untuk tabulampot basus-bagus & harga terjangkau kamu bisa hunting saya di : Kopkar PT SUCOFINDO Bandung “Padaboga” (022) 6122555, 085659233021

  49. 50

    Robertus Radju said,

    aduh bisa tolong dong ttg cara pemeliaharan tanaman mangga harum manis dalam pot yang terbuat dari drum

  50. 51

    uun said,

    kmi punya lahan sawah tadah hujan +/- 900 m2 di daerah cimahi bandung, rencana akan ditanami pohon lengkeng pingpong. bibit sdh siap diambil dr daerah prambanan, namun kmi mash belum tahu persis ttg tatacara penanaman dan pemeliharaannya. mhn bantuan sharing bagi informasi bagi rekan tlh berhasil dan punya pengalaman budidaya lengkeng. tks atas bantuannya.

  51. 52

    Yuli said,

    Wuah..membaca tentang tambulampot ini menarik sekali. meskipun ulasannya cukup panjang, tapi pengen baca sampai habis.

    ohya, saya mau tanya,
    iseng iseng saya menanam biji jeruk di dalam pot kecil di dalam ruang kantor yang ber-AC.
    Pot nya saya taruh di dekat jendela kaca. Setiap pagi saya sirami air, senin – jumat.
    Sekarang sudah 6 bulan. daun nya sudah ada sekitar 20-an. ketinggian 18cm. daunnya hijau tidak pucat. dengan ukuran +/- 5cm.
    Dengan pertumbuhan sekitar 1 daun per minggu, apakah pohon jeruk saya termasuk normal ?
    perlu berapa lama pohon jeruk baru bisa berbuah ?
    terima kasih..

  52. 53

    denny h van yun said,

    aku juga punya bibit pohon dalam pot Mangga ningrat,buah tin,belimbing,sawo varigata, abiu, jamblang putih,delima hitam,kedongdong merah,jambu australi,jambu biji varigata,jambu air varigata,celincing,mangga gedong gincu,lengkeng pingpong,lengkeng diamond.lengkeng itoh,lengkeng gading,kawista…….anda perrlu saya bantu mendapat kan nya,bisa hub 0856 9531 9872 Denny H van yun

  53. 54

    DUDI said,

    Makasih pak mukti, sy akan mencoba…

  54. 55

    handoko said,

    di cikarang dimana saya bisa mendapatkan bibit buah tabulampot yang berkualitas dan murah

  55. 56

    Salam kenal mas Anam untuk mencegah dan mengendalikan hama & penyakit pada tanaman secara organik cukup mudah. Yang biasa saya pake merknya BVR dan Pestona organik. Cara kerjanya lambat tapi pasti, sistemik artinya ketika kita semprotkan memang tidak langsung mati tetapi bertahap. Pada awalnya hama yang terkena BVR/Pestona tidak mau makan, menghambat bertelur, kawin,dan membikin hama mandul. Pada hari ke4/ke5 hama yang mati akan mengeluarkan enzim Kitinase, lipase dan protease. Selanjutnya akan menular ke hama lain melalui kontak langsung ataupun lewat udara. Sehingga efektifitas kerja dari BVR ataupun Pestona sebenarnya jauh lebih dahsyat dari pada pestisida kimia yang selama ini biasa kita pakai karena bersifat menularkan penyakit pada hama, seolah-olah kita memproduksi pasukan anti hama secara berkesinambungan. Disamping itu pestisida ini aman buat manusia hewan, dan lingkungan sehingga untuk orientasi kelestarian lingkungan jelas lebih bagus ddibanding pestisida kima Jujur saya sendiri biasa memakai untuk tanaman jeruk, lombok, klengkeng dan sirkaya. Hasilnya hama apapun relativ terkendali. Jarang nongol. Jika mas anam tertarik info lebih jauh bisa kunjungi blog saya.thanks. wass

  56. 57

    Salam kenal mas Anam untuk mencegah dan mengendalikan hama & penyakit pada tanaman secara organik cukup mudah. Yang biasa saya pake merknya BVR dan Pestona organik. Cara kerjanya lambat tapi pasti, sistemik artinya ketika kita semprotkan memang tidak langsung mati tetapi bertahap. Pada awalnya hama yang terkena BVR/Pestona tidak mau makan, menghambat bertelur, kawin,dan membikin hama mandul. Pada hari ke4/ke5 hama yang mati akan mengeluarkan enzim Kitinase, lipase dan protease. Selanjutnya akan menular ke hama lain melalui kontak langsung ataupun lewat udara. Sehingga efektifitas kerja dari BVR ataupun Pestona sebenarnya jauh lebih dahsyat dari pada pestisida kimia yang selama ini biasa kita pakai karena bersifat menularkan penyakit pada hama, seolah-olah kita memproduksi pasukan anti hama secara berkesinambungan. Disamping itu pestisida ini aman buat manusia hewan, dan lingkungan sehingga untuk orientasi kelestarian lingkungan jelas lebih bagus ddibanding pestisida kima Jujur saya sendiri biasa memakai untuk tanaman jeruk, lombok, klengkeng dan sirkaya. Hasilnya hama apapun relativ terkendali. Jarang nongol. Jika mas anam tertarik info lebih jauh bisa kunjungi blog saya. di (www.pupukorganikdahsyat.blogspot.com.)thanks. wass

  57. 58

    lusi mart said,

    salam perkenalan,saya mulai hobby u tabulampot,mau tolong tanya apkah ada yang pny website penjual bibit tabulampot,dan website nursery di bangkok.tks

  58. 59

    tata said,

    salam kenal. saya tertarik dengan tabulapot dan saya di meulaboh, aceh. kira-kira, dimana saya bisa mendapatkan bibit tabulapot? thanx……

  59. 60

    ati said,

    aku juga penghobi tanaman tabulapot aku punya banyak koleksi tanaman tabulapot ada delima wulung, delima putih , delima merah, jambu jamaika, duren montong, kelengkeng pingpong, jamblang putih, jeruk dewa, jeruk purut, jeruk baby,jeruk manis , mangga arum manis ,mangga gedong, mangga apel, srikaya merah ( ada tiga jenis ) buanyak banget deh yang lainnya sebutkan apa butuhnya pasti aku bantu hub aja 021-50113449 aku ada di jalan juanda depok dekat margonda raya aku tunggu yang berminat ya

  60. 61

    ati said,

    mas ido aku punya 3 jenis srikaya 1. warna kulit merah 2. warna kulit hijau biasa kasar 3. warna hijau kulit halus hub aku aja ya aku punya bibitnya untuk dijual no telpku 021-50113449 aku masih mencari buah naga kemana ya aku bisa dapat bibitnya

  61. 62

    ardhian said,

    mas mukti
    rencana saya akn membuat tabulampot di daerah gunungkidul DIY, daerahnya cukup panas dan sedikit tandus…

    mohon petunjuk buah/sayuran apa yang sekiranya cocok untuk daerah yang seperti itu…..

    trima kasih sebelumnya……

    jawaban saya tunggu di email…

  62. 63

    ati said,

    mas ardian buah mangga juga bisa ditanam di daerah panas kalau sayuran cabe juga bisa ditanam dicoba aja lalu hasilnya bagaimana kalau kita tidak mencoba kita tidak tahu selamat mencoba ya

  63. 64

    ati said,

    Mas julius kalau mau bibit unggul ditrubus kan dekat dari cibubur
    dekat mekarsari

  64. 65

    NAJIB said,

    cara merawat tanaman asam jawa didalam pot,supaya buahnya banyak.sudah pernah buah tapi hanya beberapa butir ,sekarang malah kalau kembang rontok.

  65. 66

    Pinky said,

    Bu Ati yang baik,

    Saya tertarik dan memang akan mulai dengan Tabulapot. Tanaman buah apa yang paling mudah dirawatnya dan dapat berbuah sepanjang tahun? Kalau Bu Ati punya bibitnya, atau tabulapot yang sudah mulai berbunga, saya mau. Caranya bagaimana? Saya sudah catat no Telp Ibu. Kalay boleh nanti saya akan telpon.

    Terima kasiih

    Wass
    Pinky

  66. 67

    Manny said,

    Tanaman dalam menurut sepengetahuan saya tidak berumur panjang sebab urat tunggangnya terbentur pot

  67. 68

    wahyu said,

    saya mau tanya apakh disitu ada pelatihan tabulampot dimana,kirim infonya ke emailku

  68. 69

    Ali Dhomiri said,

    Bagus sekali,…
    saya juga punya buah sarikaya 2 buah , yang satu di pot ukuran diameternya lebih besar dikit dari galon air minum 19 liter, yang satu langsung ditaman, anehnya yang di pot ukurannya lebih besar dan lebih hijau, anehnya sudah keluar bunga tapi tidak jadi buah (rontok mlulu), padahal duia-duanya sudah saya kasih pupuk kandang, NPK, mungkin media tanahnya kali karena saya campur antara pupuk kompos, pasir yang sudah diayak dan tanah liat yang sudah gembur.

  69. 70

    Ali Dhomiri said,

    Bagus sekali,…
    saya juga punya pohon sarikaya 2 (dua) , yang satu di pot ukuran diameternya lebih besar dikit dari galon air minum 19 liter, yang satu langsung ditaman, anehnya yang di pot ukurannya lebih besar dan lebih hijau, yang bikin saya bingung adalah sudah keluar bunga tapi tidak jadi buah (rontok mlulu), padahal duia-duanya sudah saya kasih pupuk kandang, pupuk kompos, dan NPK, mungkin media tanahnya yang saya campur aduk antara pupuk kompos, pasir yang sudah diayak dan tanah liat yang sudah gembur, atau karena tiap pagi saya siram terus, jadi kelebihan air

  70. 71

    hidayat said,

    ada yg punya koleksi bibit blue berry n black berry ga?dah lama nyarinya ga nemu2jg

  71. 72

    Dwi Minarto said,

    Tolong saya tertarik mau bertanam tanaman tabulampot saya sudah menyediakan tempatnya dan semuanya tetapi juga yang terpenting pemilihan bibitnya, saya ingin bertanya kalau saya mau beli bibit tanaman tabulampot yang baik dimana saya sekarang tinggal di jakarta timur kalau di daerah jabotabek dimana adanya yang jual bibit tersebut. Terima kasih sebelumnya saya tunggu jawabannya.

  72. 73

    mang benben said,

    alamat yg menjual bibit :
    Jakarta
    Jl. Matraman Dalam II No. 1 Rt. 19 Rw. 08
    Jakarta 10320, Jakarta
    Indonesia.telp.021-3921663

    di semarang
    Jomblang Timur 417
    Semarang 50248, Jawa Tengah
    Indonesia, telp. 081326460743

  73. 74

    mang benben said,

    atau pusat terkengkap segala bibit
    tukang kebun
    Kav. 16, 17 & 18, Pusat Tanaman Hias, BSD CITY, Serpong, Tangerang
    Phone: 021-70930895 (Flexy Home) – 021-54201926 Faximile: 021-54201926
    Mobile: 0852-18665024, 0815-86065965 & 0811-196101.

    http://www.toekangkeboen.com/index.html

  74. 75

    arifin said,

    mas, terima kasih utk informasinya ya…sgt membantu,
    saya masih baru ttg tabulampot, dan ingin memiliki tabulampot untuk dirumah nanti.
    mohon bantuannya ya mas, ingin membeli bibit tabulampot mangga yg bagus dari ibu Lily, karena sepertinya bagus bagus…
    mohon bantuannya utk alamat ibu Lily yg bisa dihubungi ya mas..
    terima kasih banyak.

  75. 76

    richocean said,

    salam kenal
    saya minta izin untuk meminjam foto2 cantiknya untuk dipakai di blog saya

    http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/

    silahkan mampir

    terima kasih :lol:

  76. 77

    wiwi said,

    Salam kenal

    Saya punya tambulampot jambu air. Akhir – akhir ini banyak kutu merah di atas daunnya, bukan di tunas muda. Bagaimana cara mengatasinya ? apakah dengan peptisida dan bagaimana kadar pemakaiannya? atas solusinya saya ucapkan terima kasih.

  77. 78

    Andri said,

    Saya punya tanaman kelengkeng dalam pot, tingginya kurang lebih 1,5 m. Saat ini sedang berbuah. Tapi yang saya khawatirkan belumlama ini di balik daunnya timbul bintik-bintik putih kecil yang melekat sangat kuat. Kalau didiamkan lama kelamaan daun tersebut akan menguning. Kalo boleh tau, apa ya….obat yang manjur untuk membasmi hama tersebut?
    Atas informasinya saya ucapkan terima kasih.

  78. 79

    alex said,

    hii semua, mau tanya nih
    1.tanaman2 buah tropis apa saja yg bisa di tanam di pot di rumah ruko di kota yah?
    2.dimana sih kita bisa membeli bibit2( seeds) sayuran2 tropis dalam jumlah sedikit(umpamannya beberapa ratus biji gitu ) tidak seperti yg di jual di toko2 yg harus dibeli satu bungkus yg jumlahnya ribuan butir dan tidak bisa di simpan lama2 karena akan rusak setelah bungkusannya di buka, dimana kita bisa cari di kota medan yah ?
    3.cara menyimpan bibit sayuran agar tidak cepat rusak ?
    4.pohon sayuran apa saja sih yg bisa kita makan daunnya sering2 tanpa ada efek samping jelek/berbahaya karena sering memakannya/mengkomsumsinya sehari2?

    terima kasih atas bantuannya yah :)
    be veg, go green save the planet

  79. 80

    agus said,

    saya tanam pohon mangga dari biji, sampai sekarang tidak/belum berbuah ( 10 th ) kalau dilihat dari tanaman,cabang, daun semuanya subur dan segar, tetapi kok belum buah juga ya… kenapa ya.. mohon infonya atau resepnya . trim’s

  80. 81

    teguh setio said,

    mas.. saya mo tanya kenapa ya bunga pada blimbing dewi saya pad rontok dan ngga jadi berbuah..?

    blimbing dewi saya tanam 4 bulan yg lalu, setiap berbunga selalu rontok bgmn solusinya supaya masalah ini dapat teratasi, terimakasih

  81. 82

    ay-you said,

    wah! saya tertarik banget untuk coba tabulampot, nih. mu tanya informasi yang menjual bibit siap tanam di daerah bandung, dong… thx

  82. 83

    arief CH said,

    Mas Mukti,

    Saya mau tanya..skg tabulampot pohon mangga saya baru berkembang…apa perlu di semprot dgn vitamin..agar buah nanti tdk mudak rontok…
    Mohon kabar ya mas di email saya..ditunggu

  83. 84

    arief ch said,

    saya distributor pupuk bio organik,bertempat tinggal di pekanbaru,sekiranya teman-teman perlu pupuk untuk tanaman spt,utk di lahan atau dalam pot,kiranya dpt menehubungi kami di 0761-7608258 atau 081268377978. pupuk kami sudah teruji dan terbukti.guarraanted lho. harga terjangkau.tq.arief.salam kenal.

  84. 85

    [...] TaBuLamPot : Solusi Pas di Lahan Terbatas [...]

  85. 87

    denlara said,

    ada yang lainya ga?

  86. 88

    Imam said,

    saya sedang kepincut sama yang namanya tabulampot, tapi lahan saya cuma ada dia tas rumah (di dak) uk. 3×3 m, kira2 tabulampot apa yang pas….

  87. 89

    Satriya said,

    Saya menawarkan hormon pertumbuhan

    yaitu WONG TANI.

    Memepercepat pertumbuhan
    mempercepat keluarnya buah
    memperlebat jumlah buah
    memperbesar buah (berat)

    Aplikasi sangat mudah , untuk tanaman batang keras, hanya
    di kuas saja ke batangnya , setiap 7-10 hari sekali.

    untuk keternagan lebih lanjut bisa hubungi email sat_nug@yahoo.com

  88. 90

    Ratna Iskandar said,

    Mas Mukti, mohon info dimana ada pelatihan menanam tabulampot. Terima kasih

  89. 91

    irfan said,

    mas, mhn info ttg tanaman cabe ap yg cocok di tanam tabulampot dengan daerah dekat pantai seperti balikpapan, kalimantan timur..trims

  90. 92

    susana said,

    Dear Ibu pencinta tanaman,

    Thanks u saya bisa baca blog tanamana pot ibu, say amo tanya boleh?
    saya pemula jadi mo tanya bagaimana baiknya memulai suatu tanaman
    di pot organik?
    sebab saya ak tau apa dibawah sinar matahari, pupuk organik yg baik apa?
    juga pembunuh hamanya apa yg aman u tanaman organik, juga apa yg harus dijaga/ dicegah, thanks.
    hasil yang digambar sangat menakjubkan apa karena pupuk penyubur trtentu?
    agar tanaman miliki rasa yang ok pakai apa?
    aku daerah cikarang agak panah udaranya, jdi tanaman apa yg cocok, pake apa potnya?, uk nya gimana?
    maksud ibu bisa ditamnam di pot gimana?, kan pohon buah itu besar2.

    Thanks,
    Dari Susan, Cikarang.
    Nb: boleh tolong balsanya ke Email yahooku? susana.ibrahim@yahoo.com

  91. 93

    lily poet said,

    kalo pelatihannya ada gak? mau dong infonya…
    kirim info ke morning_lily13@yahoo.com atau 02199981882
    trims…

  92. 94

    van dani said,

    buah apa yang cocok di tanam di daerah panas atau dataran rendah?

  93. 95

    ratna gita said,

    utk para ahli yang tahu tolong saya diajarin dong kenapa pohon jambu yamaica saya bunga nya selalu rontok paling yang jadi hanya 2 atau 3 buah, di tanamnya dalam tong aspal tuh

  94. 96

    Saung Tani said,

    kalau tabulampot dimassalkan hasilnya pasti luar biasa, bukan hanya produksi buahnya saja juga pengaruhnya terhadapperbaikan lingkungan di perkotaan.

  95. 97

    atik said,

    di daerah saya dekat pantai saya mempunyai tanaman buag naga, saya tanam dalam pot tetapi dah bertahun2, tidak mau berbuah. biar cepat berbuah, dikasih pupuk apa? mohon masukanya. dan gimana mengatur komposisi media tanan bbiar tanaman cepat berbuah.

  96. 98

    BUDI MULYONO said,

    utk matoa kira-2 bisa nggak ya ditanam di pot

  97. 99

    okan said,

    Blog ini sangat membantu saya untuk memulai menghias tanah hook saya. Terimakasih Banyak

  98. 100

    gus farid said,

    Bagaimana ya agar buah mangga dan blimmbing cepet buah apanya yang harus dipotong

  99. 101

    dewa lolo said,

    lengkeng saya tak berbuah jenis pingpong

  100. 102

    dahnita rek said,

    wah, kudu tlaten iki rek, lek gag tlaten gag dadi dandanan

  101. 103

    niko said,

    buat semua rekan2..yang ingin menanam bibit buah..atau tanaman lainya,baik tanaman keras,hias,hub saya di niko_pratama10@yahoo.co.id saya ada lengkeng yang udah berbuah,blimbing yang udah berbuah,sawo yang udah berbuah,jambu air yang udah ber buah.segala jenis tanaman yg buah insya allah ada?

  102. 104

    meylin said,

    mas sy mau nanya apa bs 3bibit mangga ditanam menjadi 1 didlm 1tempat sekaligus begitu jg dgn pohon jambu nya ?? krn sy baru beli 3bibit mangga jg 3bibit jambu sama sales tanamn keliling dia menanam kan semua mangga mejadi 1 dgn melilit kan tangkai nya . mohon bantuan nya mas, mksh

  103. 105

    meylin said,

    mas sy mau nanya apa bs 3bibit mangga ditanam menjadi 1 didlm 1tempat sekaligus begitu jg dgn pohon jambu nya ?? krn sy baru beli 3bibit mangga jg 3bibit jambu sama sales tanamn keliling dia menanam kan semua mangga mejadi 1 dgn melilit kan tangkai nya . mohon bantuan nya mas, mksh y

  104. 106

    Yoyok Paramitra said,

    Mas….saya tertarik dengan menanam jenis2 buah-buahan, tapi lebih tertarik lagi mengoleksi jenis2 buah yg varigata termasuk mangga. Barang kali ada informasi buah mangga varigata dan juga kisaran harganya berapa ? Karena saya mulai tertarik mengumpulkan buah2an yg varigata.

    suwun…banget

  105. 107

    Akin Tohari said,

    Salam kenal ya,,,,
    Maaf numpang promosi boleh ya,,,
    Saya menyediakan berbagai macam bibit tanaman:
    1.Bibit anggur Ijo,merah,hitam Rp.10.000/pohon
    2.Bibit Lengkeng rasa durian,Lengkeng pingpong, Lengkeng Puang Rai,
    Lengkeng diamond River tinggi 40 cm Rp.70.000/pohon
    tinggi 1meter siap buah Rp.150.000/pohon.
    3.Pohon Buah Tin tinggi 30 cm Rp.50.000/pohon, tinggi 1 meter Rp.100.000/pohn.
    4.Bibit Barbados Cherry tinggi 30 cm Rp.40.000/pohon.
    5.Bibit Jambu Cherry merah tinggi 40 cm Rp.25.000/pohon.
    6.Sawo Varigata tinggi 20 cm Rp.30.000/pohon.
    7.Jambu air varigata, sawo kepel, jambu sukun, vermilion cherry dll.
    Bagi yang berminat silahkan menghubungi saya di 085245244975
    Pesanan bisa di antar.
    Alamat:Parung, Bogor
    Terima kasih.

    Akin Tohari

  106. 108

    erlanyahya said,

    Salam hangat berkebun ya bu..
    Saya erlan, tertarik dengan ulasan2 diatas tentang tanaman dalam pot, hal ini saya mau jadikan alternative cara menghilangkan keruwetan karena rutinitas saya selalu berhadapan dengan komputer
    dan bilamana buka atau ada penyuluhan tentang bercocok tanam saya ingin sekali bu ikut acara2 yang bisa menambah pengetahuan ini, atau mungkin ada info mengenai cercocok tanam ini bisa di kirim kan ke email saya (erlanyahya@yahoo.com)

    Terima Kasih sangat ya Bu….

  107. 109

    yayanrabiani said,

    Dimana saya bisa mendapatkan tanaman pot buah mangga, atau bisa langsung dikirim, caranya? (Trims)

  108. 110

    sugiahrtati said,

    pinky salam manis ya
    tabulapot yang bisa be sepanjang tahun berbuah dan ngampang merawatnya yaitu jeruk ,srikaya, jambu biji belimbing. bukan hanya buah sayur a bisa di pot aku sudah apalagi waktu cabe mahal sangat bermanfaat sekali selamat mencoba semoga suksse he ehe ehe

  109. 111

    ati said,

    untuk yayanrabiani untuk buah mangga yg siap dirwat ati bisa kirim alamatnya dimana hub aja no hp ku ya 02150113449 atau 02146339571 pasti aku bantu selamat bergabungya

  110. 112

    wayan said,

    mohon info ttg bibit blueberry ?

  111. 113

    yoris said,

    Senang bisa membaca di web ini dapat tambahan pengetahuan, barangkali ada pembaca yang tinggal di malang, kalau ada yang tertarik bibit jambu kristal di polibag hasil dari cangkokan dapat menghubungi saya di 0341-7335202 an. prasetyo, trimakasih

  112. 115

    a3online said,

    Sama, saya juga cari bibit Blueberry, ada nggak ya yang jual…

    Salam
    Johari

    http://a3online.wordpress.com

  113. 116

    adi said,

    kalo di jogja yang jual tabulampot ukuran sedang/besar dimana ya?mhon jawabannya.makasih

  114. 117

    properti99 said,

    Senang bisa berkunjung ke web ini dan bisa sharing dengan teman-teman sesama pecinta tanaman buah.Banyak hal-hal baru yang bisa saya dapatkan dan semakin menambah wawasan saya tentang bertanam tanaman buah.Terima kasih saudaraku….Semoga kalian sehat selalu dan bisa menghijaukan Indonesia dengan tanaman buah…Tetap semangat ya… http://www.properti99.com Situs Jual Beli Sewa Properti

  115. 118

    Achmad hidayat said,

    saya tinggal di tangerang, walau rumah tanpa ada pekarangan ada 9 koleksi buah di pot tapi kok lama tidak berbuah ya. salah satu pohon mangga madu cangkokan sudah 3 tahun kok belum buah. sudah dipupuk NPK dan di rawat. Kenapa ya bu? bagaimana caranya

  116. 119

    Irma said,

    Sungguh web yang sangat bermanfaat. Kalau di Balikpapan dimana ya bisa dapatkan tabulampot?

  117. 120

    Timmy said,

    Each quarter well-known consultants in the Australia receive more than $10 billion for
    their services. Much of this money pays for impractical statistics and
    badly prepared resource fo review services, local policy & procedure
    evaluation.

    Our business is focussed in ensuring the safety and improves practice.
    We undertake a wide range of areas of activity, including P5F – our own unique model of review.
    We, have greatly experienced and talented people offer
    a wide variety of consultation services to meet directors many needs.

    We provides you with the research and mathematics solutions
    to grow your share of the military market. We offer deep support that can help you get your business goals through consulting
    on strategic terms, product development, marketing programs
    and channels for distribution.

    A common goal for a statistical research project is to discover
    causality, and in particular to draw a actionable conclusion on the effect of changes
    in the values of predictors or independent variables on other variables or actions.
    There are 2 major types of causal statistical studies: experimental
    studies and observational studies. In both types of studies, the effect
    of differences of an independent variable (or variables) on the behavior of the dependent
    variable are observed.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: