Mencangkok

Mencangkok atau okulasi adalah teknik pengembangbiakan tanaman yg sangat cocok utk di tanam di dalam pot. Di samping karena qualitas buahnya terjaga sama spt induknya juga nantinya pohon tumbuh tidak terlalu tinggi. Pohon yg dikembangbiakan dg teknik cangkok tidak akan mempunyai akar tunggang.
Tanaman yg dapat dicangkok adalah tanaman buah berkayu keras atau berkambium. Contoh : Mangga, jambu, jambu air, jeruk, dll.

Alat-alat yg diperlukan :
1. Pisau yg kuat dan tajam.
2. Serabut kelapa atau plastik kresek.
3. Tali atau karet ban dalam bekas.
4. paku panjang 10 cm.
5. Ember atau apa saja media lain utk menampung air.
6. kursi/tangga/stegger, jika cabang terlalu tinggi.
7. Campuran tanah subur : Pupuk kandang : serabuk gergaji perbandingan 1:1:1

Langkah-langkah mencangkok :
1. Pertama, pastikan bahwa induk semang tanaman adalah dari varietas unggul, agar hasilnya nanti adalah bibit unggul juga.
2. Tentukan cabang yg lurus dan cukup besar agar nanti pohon cukup kuat utk mandiri. Kira-kira sebesar pergelangan tangan anak atau berdiameter 3 cm.
3. Selanjutnya, kerat pangkal cabang menggunakan pisau. Kerat sekali lagi dari keratan pertama berjarak sekitar satu kepalan tangan atau 5 cm.
4. Buang kulit antara keratan tadi.
5. Setelah kulit kayu bersih, kerok lendir/getah sampai bersih dan kayu tidak licin lagi.
6. Ambil serabut kelapa atau plastik secukupnya ikat bagian bawah dulu.
7. Bentuk sedemikian rupa sehingga membentuk penampung, isi dengan campuran tanah yg sudah dipersiapkan. Isian harus cukup padat dengan cara ditekan-tekan.
8. Ikat bagian atas serabut atau plastik dan pastikan campuran tanah tertutup rapat.
9. Buat lubang-lubang utk pembuangan air berjarak 1 cm antar lubangnya (jika medianya adalah plastik).
10. Siram air sampai air menetes dari cangkokan.

Tunggulah sekitar 4-6 minggu sebelum cangkokan siap dipisahkan dari induknya. Ingat selalu utk menyirami cangkokan setiap pagi dan sore hari. Utk memastikan bahwa tanaman yg dicangkok sudah jadi, check apakah sudah keluar akar yg cukup banyak, biasanya sampai menembuas plastik atau serabut pembungkus.
Jika kondisi ini sudah memenuhi syarat, potong tanaman dari induknya. Sebaiknya memotong menggunakan gergaji agar tanaman tidak rusak.
Kurangi daun dan ranting. sisakan beberapa lembar daun saja.

Mari berkebun

CU…

Mukti Prayitno

About these ads

143 Tanggapan so far »

  1. 1

    niyoga said,

    cara mencangkok sangat baik untuk perbanyakan tumbuhan.keuntungannya juga banyak.pokoknya paling bagus cara mencangkok…………………..thenkqyu………………..neyo

  2. 2

    chaerudin said,

    Saya pernah mencangkok tanaman jambu air menggunakan alat cangkok yang sangat praktis. Alat tersebut saya pernah beli pada saat ada pameran tanaman di kampus IPB, Bogor. Alat tersebut berbentuk bulat dengan diameter 3 cm dan ketebalan 0.6 cm berisikan semacam serbuk yang dilapisi oleh semacam benang pembungkus. Penggunaannya sangat mudah. Alat cangkok tsb direndam kurang lebih selama 5 menit( alat menyerap air dan membesar hingga berukuran tebal 5 cm dan lembut). Alat tsb dibelah menjadi dua bagian memanjang dan siap untuk ditempelkan pada batang yang sudah dikerat. ikatkan alat tersebut pada batang tadi. bila diperlukan bungkus dengan plastik kresek yang diberi lubang sedikit.

    Cara tersebut mudah, namun yang jadi masalah alat tersebut saat ini susah didapatkan. kalau ada yang tahu tolong kirim informasi ke email saya, thanks

  3. 3

    cena said,

    kalo boleh tau manfaat mencangkok itu apa sich dan mencangkok dapat dilakukan di tanaman apa saja ?:-/

    • 4

      LUD ARIYADI said,

      mencangkok adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan tanaman yang memiliki sifat persis seperti induknya , dan tanamannya lebih cepat berbuah dari tanaman yang dari biji ,

      Tanaman yg dpt d cngkok seperti mangga, jeruk , jambu , dan yg terpenting pada tanaman yang berkayu . . .

      KATA guru SD saya dlu seperti itu . . .

  4. 5

    cena said,

    oh iya kalo mau jawab ke e-mail q aja? pleas yah

  5. 6

    andri said,

    apakah cara diatas juga berhasil untuk mencangkok tanaman buah rambutan rapiah?, karena dalam artikel lain juga dijelaskan seperti berikut:

    Ada jenis tanaman tertentu yang tidak bisa diokulasi karena
    banyak mengandung getah. Rambutan dan kapulasan selalu gagal kalau disambung (enten)
    karena pengaruh asam fenolat yang teroksidasi dapat menimbulkan pencoklatan (browning).
    Resin dan asam fenolat ini bersifat racun terhadap pembentukan kalus.

    mohon penjelasannya
    terima kasih

    -andri-

  6. 7

    erin said,

    keren….bhasane intelek bgt…….

  7. 8

    ayik said,

    bisa jelaskan cengkokan yang baik berapa lama waktunya?

  8. 9

    budi said,

    Bagusnya, setelah batang yang akan kita cangkok dikerat, didiamkan terlebih dahulu 2 atau 3 hari agar kering. agar pertumbuhan akar lebih cepat, sebelum dibungkus, berikan dahulu hormon penumbuh akar disekililing area tempat tumbuh akar. Saya sudah coba dan hasilnya ok.
    selamat mencoba

  9. 10

    goblok said,

    jelek

  10. 11

    rizal said,

    bagus sich, tapi kurang lengkap jenis tanaman apa aja yg dicangkok. seperti jeruk nipis.

  11. 12

    gozali said,

    jelek. kurang luas penjabarannya!

  12. 13

    sugiarto said,

    Saya mau tanya : dapatkah bunga mawar dicangkok ?
    Tr\erima kasih.

  13. 14

    Cynthia Hazirah Imanina said,

    Saya mau nanya selain tanaman diatas, yang dapat dicangkok lagi apa?
    Thank’s

  14. 15

    steven said,

    lumayan lengkap jg infony tp knp g disebutin tuh apa aj yg bs dicangkok? jeruk bs g?

  15. 16

    steven said,

    o iy ad yg taw g? bunyi berasal dr mana ya? thankz

  16. 18

    abi said,

    aku lagi nyari artikel tentang memperbanyak tanaman secarea vegetatif yang ada fotonya. ada yang bisa bantu ??? mana cara vegetatif yang lainnya?

  17. 19

    aden said,

    cukup bagus tapi tidak di sertai kendala-kendalanya saya pernah coba tapi banyak yg gagal tehniknya sama plus hormon perangsang akar keberhasilan 40%

  18. 20

    desi said,

    definisinya kurang……. bisa di tambah gak?

  19. 21

    rESTU said,

    bagus mas. . . .
    mas tau ga kalo salak itu dicangkok tw mernduk ya???
    gimana cara nyangkok salak?
    minta bantuannya ya mas. . .

  20. 22

    ocha said,

    apakah kamboja bza di cangkok?blz cpt cz pnting!!!

  21. 23

    anin said,

    makasih ya infomasi sgt berguna. !
    bisa mencgah pemanasan global dg menenem pohon lebih bnyk…

  22. 24

    wawan said,

    aku pengen nyangkok sawo nih, tp gma cranya ya? ksh twudong!

  23. 25

    anne said,

    menambah ilmu….
    bagus!! yang buat, tolong buat hal tenatng tanaman yang lain ya….

  24. 26

    iwan m said,

    cara mencangkok jambu yang benar itu gmn sih??????????????????

  25. 27

    makasih wat totorial’a eh artikel’a

  26. 28

    yuda said,

    Thanks bgt ya bwt artikel cangkoknya…!

  27. 29

    must udyn said,

    syukroon atas inf …
    yo sareng 2 nandur wit2 an
    4 stoping Global Warming …

  28. 30

    SAIPA said,

    hay……..

    gue butuh bantuan nih………

    ada tugas dari sekolah di suruh cari cara cangkok mawar????

    sama gambarnya……….bisa tolongin ga????

    please ya…..!!!!!

  29. 31

    nanang said,

    Saya mencangkok mangga udah tiga kali gak berhasil terus apa ada tambahan lain yang musti dilakukan? Saya pernah dikasih tu ama temen katanya kalo habis dikerik lendir antara batang dan kulit mesti dilumuri ama bawang merah, apa bener demikian?

    • 32

      orang tahu said,

      bego lu.. bawang merah utk sambung pucuk :p

      • 33

        ahmed nabawie said,

        bawang merah itu hormon akar mas…bukan unuk sambung pucuk.gak ada gunanya bawang merah untuk sambung pucuk, malah gak hidup jadinya karena bercampur dgn zat lain, sedangkan pengerjaan sambung pucuk dan semacamnya itu hrus steril…gmn sih mas..hehe..

  30. 34

    Joao said,

    Bagus sekali uraiannya, tetapi ada nga cara cangkok yang lebih fleksibel, andai tida alat-alat semacam tersebut bisa cangkok misal kalao tida pakai sabut kelapa bagaimana.
    Syarat-syarat tanaman yang perlu diangkok apa
    Terima kasih

  31. 35

    nandhaghaida said,

    hhe :-)
    makasih ya, berguna bgt nih^^

  32. 38

    reno said,

    aduhh maaff saya tidah mengerti

  33. 39

    reno said,

    ddddddddddddddddddddddddddddd

  34. 40

    Hani said,

    kelebihan dan kekurangan dari mencangkok itu apa sich????

  35. 41

    venaya said,

    ini dia yg aku cari…tapi krang komplit tuh , setelah batang di gergaji terus diapain lagi…ditanam sama batangnya atau cangkokannya dicopot baru ditanam ? jelasin dong …aq mau praktek nih…pelissss

    • 42

      ahmed nabawie said,

      sy izin jawab ya bloghost…
      ditanam di plybag yg diisi tanah atau pupuk kandang…lebih baik lagi campuran antara tanah merah,pupuk kandang, dan sekam padi…tanah merah sebagai penyimpan air..tidak cepat kering..
      setelah di gergaji, kalau penutup cangkokan dengan plastik, perlu dibuka plastiknya…pastikan tanah yg tidak berai agar akar tidak rusak..tapi kalao pakai sabut kelapa bisa ditanam langsung sama sabutnya karena sabut mudah diurai

  36. 43

    Nyoman Sudarma said,

    Sudah beberapa kali saya mencoba tidak pernah berhasil kira-kira kesalahannya dimana ya? Apa ngeroknya kurang bersih karena kelihatan nyambaung lagi. tolong info tip yang mempermudah dan berhasil tanks a lot

  37. 44

    mandarma said,

    Saya punya beberapa tanaman keras seperti Matoa dari Irian, lengkeng , leci. saya ingin cangkok untuk memperbanyak tapi belum berbuah apa boleh? Dan apakah tanaman buah/bunga yang bagaimana bisa dicangkok? Apa harus sudah berbuah/bunga baru bisa di cangkok atau masih mudah pun bisa, apa ada keuntungan dan kerugiannya tolong penjelasannya trims

    • 45

      ahmed nabawie said,

      spt dijelaskan diatas itu kalau dipraktekkan sudah jelas mas…
      cari batang agak kecoklatan…bukan yg masih hijau atau baru tumbuh…usahakan pengerokan maksimal jgn sampai kambium tertinggal… ditunggu sampai kering bisa 2–3 hari agar akar lebih cepat.:-)bisa juga sampai bekas keratan bag atas berbonggol..iu bs lebih cepat keluar akar..pembonggolan biasanya pada seminggu atau dua minggu setelah keratan..

      • 46

        ahmed nabawie said,

        semua tanaman berkambium bs dicangkok…tp kadar lamanya itu tergantung…sy cangkok jambu air 3 minggu sudah bisa potong…rambutan 2 bulan… manggis…………..9 bulan …

  38. 47

    a said,

    ubuabyfyavzyavy

  39. 48

    a said,

    ngurus bagvgyxybybiyfhbfb ibbdvubuhdvudn bvdfbvnvg nvufdbuovhbvgfbgfub

  40. 49

    a said,

    untuk membungkus cangkokan juga bisa digunakan plastik biasa…
    jangan terlalu sama dengan wordpress ini, kita bisa mencari refrensi yanglebih baik lagi

  41. 50

    maulana said,

    menurutku dan temanku,itu cukup lengkap dan bagus,tapi kurang spesifik.Trimsss

  42. 51

    titan said,

    dari semua artikel .. yang plg mudah d mengerti y yang in … hohoho

  43. 52

    Syafak said,

    Ane gi nyari yang hormon penumbuh akar dimana ya beli, berapaan kira?
    so far beberapa kali nyangkok mangga sih berhasil hanya dengan tanah dan plastik doank, tapi terakhir nggak berahasil sih, makanya mo coba nih pake penumbuh akar. soalnya ane punya mangga bagus, buahnya nggak asem dan besar2. mantep jadi mesti di perbanyak.

    • 53

      ahmed nabawie said,

      untuk nyangkok saya pake root most..haailnya emang lebih cepat dri yg gk pake hormon akar mas..
      klo untuk stek batang.:-)belum pernah berhasil pake rootmost (stek batang rambutan)

  44. 54

    Otong surotong bin martong said,

    Mau berbagi nih:
    yang mudah di cangkok
    1.jambu air
    2.sawo manila
    3.jeruk keprok
    4.jambu biji

    yg susah dicangkok
    1.durian
    2.nangka

    cara mencangkok:
    1.cari dahan dgn diameter kurang lebih 1.5cm
    2.kerat melingkar sepanjang 5cm
    3.jangan di kerok hasil kupasanya.cukup di lap pakai kapas.
    4.biarkan 2 hari supaya kering
    5.oleskan hormon zpt seperti rotone f.
    6.bungkus dgn plastik dgn media paling baik pakai akar pakis atau moss
    7.siram sampai basah
    8.jika musim kemarau harus rajin menyiram media cangkok sekali sehari
    9.setelah 1-1.5 bulan cangkok dpt di potong dgn tanda ujung akar yg sudah menghitam.
    10.tanam hasil cangkok di polibag taruh tempat teduh sampai keluar tunas baru
    11.tanaman siap ditanam di lahan atau pot.

    Semoga dapat membantu.

  45. 55

    kikik said,

    mw tanya nich knp tiap nyangkok yang keluar akar nya pasti bagian atas………….

    • 56

      jamaltea said,

      karena,, tumbuhan bagian atas membutuhkan nutrisi atau makanan. sedangkan saluran untuk mengambil makanan telah diputus dari bagian tumbuhan induk pada saat proses pencangkokan. Untuk bisa bertahan hidup, tumbuhan bagian atas mengeluarkan akar untuk menyerap nutrisi dari tanah yang di tempelkan disekitar daerah pencangkokan. bagian bawah cangkokan tidak mengeluarkan akar sebab sudah mendapatkan nutrisi yang cukup dari akar tumbuhan induk.

  46. 58

    kikik said,

    tanya lagi ea
    1.mengapa dikotil bisa di cangkok tapi monokotil gk?
    2.gmn air bs masuk ke akar?
    makasih

  47. 59

    gest said,

    mau nanya nih??
    akar dalam cara cangkok keluar dari bagian yang mana masalahnya ada tugas cangkok?????????

  48. 60

    abudiman said,

    kenapa dikotil bisa dicangkok dan bagaimana cara nyangkoknya???????????????????????????????????????????????????????????????

  49. 61

    fenny said,

    untuk apa ya kita mencangkok dan knp tiap nyangkok yang klr akarnya pasti dibgn plg atas???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  50. 62

    Vivi Oktaviani said,

    makasih ya tas bantuannya semoga anda dapat pahala atas apa yang anda lakukan

  51. 63

    Nasri Wardi said,

    sangat bagus bagi pelajar dan para petani yang igin mendapatkan hasil buah yanmg bagus . . .

  52. 64

    nicholas said,

    BOLEH MINTA URUTAN GAMBAR CARA MENCANGKOK

  53. 65

    maria said,

    boleh minta urutan gambar cara mencanggkok

  54. 66

    arned said,

    yah mantab.. simpel tp padat tp mo tanya bang apa syarat2 tanaman induk yg mau d cangkok?

  55. 67

    yunata said,

    thxz,,,,,,,
    brguna bngt ney,,,,

    keuuntungan & kekurangan’ya pa aja ya,,,,,,,,,,,,,?

    dilengkapi lagi y… :D

    dengn gambr”ya jga yar lbih mantap,,,,,,,,,,,,,

  56. 68

    sri stuti said,

    terimakasih

  57. 69

    sri stuti said,

    informasinya sangat membantu…

  58. 70

    sri stuti said,

    kalau bisa di berikan informasi tentang mencangkok tanaman jambu air ya…

  59. 71

    chabie said,

    uwachh…. lumayan jg nih bwd nambah2 pngtahuan… coz qu lg da tugas nyangkok nih dr skull…………

  60. 72

    agus said,

    hei cewek2, ngentot yuks………………
    penis aku gak tahannich…..

  61. 73

    ruslan said,

    sebenar nya mancangkok itu mudah kalau kamu mau sekolah di MTS.S Nurul Iman Pomalaa, disa kamu bisa diajar kan cara mencangkok………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BAGI YANG MAU BOLEH MASUK DI SEKOLAH MTS NURUL IMAN POMALAA

  62. 74

    Johnny Suparman said,

    Terima kasih utk pencerahan dari Mukti Prayitno, tentang mencangkok.
    Saya mau tambahkan:
    tentang pemilihan carang yg akan dicangkok – yg paling sempurna adalah carang tersebut harus sudah pernah berbuah. Maka tanaman baru nanti akan cepat berbuah juga.

  63. 75

    riyan said,

    saya adalah supplyer buah mangga sekaligus sebagai petani tanaman mangga
    dan ini adalah nomer HP saya sebagai wujud bisnis yang sserius dalam berdagang
    jika berminat tolong hubungi 085 645 796 596

  64. 76

    n_cha said,

    bagai mana cara mencangkok pohon yang usiaya baru 6 bulan

  65. 77

    ANANG said,

    saya juga pernah mencangkok tanaman buah mangga, langkah-langkahnya sama seperti di atas tadi, saya suka sekali dengan tumbuhan dan hewanl.

  66. 78

    puja said,

    sejauh ini sy sudah mencoba mencangkok dan hsl nya memuaskan,,,,,,,,,,,,,,, sy jd suka berkebun,,,,,,,

  67. 79

    puja said,

    dengan mengerti banyak hal tntg tumbuh2an,, qita mkin mengerti apa itu keagungan Tuhan,,

  68. 81

    arief said,

    gimana cara nyangkok durian montong makasih pak

  69. 82

    Tin said,

    Makasih info nya. hmmm teori ini bisa juga untuk mencangkok bunga mawar kan?

  70. 83

    flower said,

    artikelnya yang lengkap donkkkkkk :-)

  71. 84

    res said,

    mengapa membungkus dgn plastik lebih baik saat mencangkok??

  72. 85

    ternyata disuruh bikin cara2 mencangkok itu susah juga y
    tpi aq akan berusaha deh buat cari informasi tentang mencangkok ……
    deh demi dapet nilai apapun akan aq jalani deh klo aq msih mampu buat ngejalaninya.

  73. 86

    oktaviawati said,

    ternyata lebih gampang menanam dari pada mencangkok

    mencangkok ternyata banyak aturan nya ya……

  74. 88

    atikah mutz said,

    dimana cari keuntungan dan kerugian mencangkok steek daun dan batang pusinggggggggggg

  75. 89

    rhynah said,

    gambarnya mana kok gak ada seachh aku perlu gambarnya……

  76. 90

    mau tanya said,

    mau nanya……………manfaatnya apaaaa???

  77. 91

    Khusus yg bilang jelek. . .Brarti dia GOBLOK . .!!!
    PUNYA OTAK GAK?
    Usaha donk. . .PRAKTEK
    Experience is the best teacher. . .! Encamkan!

    Sdikit info nieh. . .

    Tanaman induk yg baik utk dicangkok: tanaman sudah pernah berbuah minimal sekali ! Dan induk harus dari jenis unggul, jgn pilih yg trkena virus atau buahnya sedikit. .Karena sifat2 yg dimiliki induk akan ditiru oleh tanaman hasil cangkokan.

    Cabang yg akan dicangkok: berdiameter minimal 1.5 cm. Jarak ujung keratan bawah dari pangkal batang sekitar 5 cm. Panjang keratan skitar 5-8 cm. Pilih cabang yg sekiranya buah tumbuh dengan lebat di cabang itu. .
    (kenapa? Pikiren dhewe!)

    Tips: hilangkan lendir dengan menggunakan serbet kain sampai batang kering ring. . Gk usah nunggu 3 hri gpp
    . Medianya pke plastik aja. . .
    Jgn lupa dilubangi plastiknya. . .
    Lebih baik mencangkok di musim hujan. . .

    Dan saya berani mengatakannya karena sudah pernah berhasil PRAKTEK !

    Skitar 1.5 bulan baru bisa dipotong keratan bagian bawahnya. . .
    (jika tdk pake obat perangsang akar)

    dikotil bisa dicangkok karena terdapat sel yang hidup dalam kulit kayu itu. . .

    Manfaat Cangkok:
    coba tanam “biji” jeruk nipis dan rawat sampai ia berbuah. !
    Lho tunggu sampai rambut lhu putih baru keluar buahnya. !
    Sekarang lakukan cangkok pada jeruk nipis. , hanya menunggu 1.5 bulan lhu bisa makan tuh buah dari tanaman kerdil hasil cangkokan!

    Kekurangan:
    tanaman hasil cangkokan tidak dapat berdiri tegak dengan kuat ! Karena akar serabutlah yang menopangnya. . .Bukan akar tunggang,

    Nah, siapa yang masih tidak mengerti?!

    “Mulio ae nang mbokmu kono !”

  78. 96

    Santos man said,

    Syukron informasinya….

  79. 97

    Haris Mega Prasetyo said,

    Kita tuh sebenernya harus bisa ngenghargain pendapat n inspirasi dari orang laen,,jangan malah ngremehin gitu..
    Gimanapun juga,,yang buat artikel tu dah ngeluangin waktunya..

    Buat yg bikin artikel,,makasih banyak ya,,tu semua dah bantuin aku nyelese’in tugas sekolahku..

    Thanks,,arigato..

  80. 98

    ..waduhhh…koggg..gaggg…lengapp……yaaaaa..???/

  81. 99

    day said,

    mksh ya..mo siap praktek ni, bis baca..sangat bermanfaat bt saya..

  82. 100

    arefio said,

    hmmmmmmmmmmmmmm…………….,kelebihan tanaman cangkok tu apa.,ya???????

  83. 104

    andre said,

    thanks,,,, atas pmberitauhannya…..
    smoga brmanfaat bgi sya yg bsok akan mlakukan praktek

  84. 105

    inki said,

    okey, mksih atas infornya,,
    mOga bsk sukses dalam melaksananakan ujian praktek ipa……
    Amiiiiiiiin..!!

  85. 106

    yulia nurhidayah said,

    thnks atas informasinya, krn itu membantu aku untuk mnyelesaikan tugas kuliah…..semua yang ada d artikel ini sangat bermanfaat.

  86. 107

    birril fitriati said,

    saya mu nax,brapa lama pencangkokan pd bunga puring ?????????????????????????????

  87. 108

    Anis Yoyo said,

    Trimakasih gan selama ini saya mau cangkok tanaman kesayangan kakak saya tapi takut. Sekarang saya sudah tahu. Trims ya.

  88. 109

    Azhar said,

    We Áda Pr Ájjh

    Jàdî We Cari Dî Sini

    Eeh Ternyata áda

  89. 110

    baiklah akan sya praktikan

  90. 111

    bagus gue diberi tahu .oksuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuasuiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  91. 112

    Icadd said,

    tanaman stauberry bisa gk?

    • 113

      ahmed nabawie said,

      ada penjelasan diatas td…tumbuhan berkayu keras…
      yg jadi pertanyaan…strawberry itu berkayu keras atau bukannn???

  92. 114

    khairaharfa said,

    mau tanya nih tumbuhan monokotil bisa dicangkok gk??… dan jelasin kenapa kalo gk knp kalo ya.. thanks

  93. 115

    Arthur Iman said,

    Bukannya ngebungkus batang yg udah dikerat memakai serbuk sabut kelapa yg telah dihaluskan? , Terimakasih infonya

  94. 118

    habuc said,

    Tanaman Toge Bisa Ga ?????????<<<<>>>>>

  95. 120

    muhendra37 said,

    mencangkuk pohon nyiur z sklian

  96. 121

    tanaman kelapa bisa ga?????

  97. 123

    Stefanus Rionaldo Kurniawan said,

    ijin COPAS untuk tugas sekolah..

    Terimakasih atas informasinya..

    dan jangan lupa untuk selalu menghargai karya – karya orang lain..

    MATURNUWUN,TERIMAKASIH,THANK YOU.. :)

  98. 124

    mari kita menjadi petani sukses agar bisa menghijaukan bumi ini.. setuju..??

  99. 125

    ajat sudrajat said,

    terima kasih atas informasinya krn sangat membantu dlm pekerjaan saya.

  100. 126

    lindaktf said,

    lamanya mencangkok bunga kamboja ? :D

  101. 127

    Fahrul said,

    apakah booleh mencangkok lepas dari pohonnya.?

  102. 129

    mencangkok adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan tanaman yang memiliki sifat persis seperti indukny

  103. 130

    alfian hp said,

    Bisa ga kalok tanaman yg sudah dicangkok di cangkok lagi????

  104. 132

    Daniel said,

    bagaimana cara mencangkok tanaman buah dalam pot … makasi …

  105. 133

    maria said,

    bisa gak tanaman karet di sambung pucuk ……….
    berikan alasan nya

  106. 134

    memed said,

    thank infonya ..

  107. 135

    herman said,

    sungguh bermanfaat tulisan ini .

  108. 136

    Saya mencangkok mangga udah tiga kali gak berhasil terus apa ada tambahan lain yang musti dilakukan? Saya pernah dikasih tu ama temen katanya kalo habis dikerik lendir antara batang dan kulit mesti dilumuri ama bawang merah, apa bener demikian?
    Balas :)

  109. 137

    yoris arya pratama said,

    klo syarat teknik mencangkok pohon / buah rambutan gimna si cara nya..?

  110. 138

    Dadang said,

    Aku ingin mencangkok jeruk yg pohonnya ada duri di batang misal jeruk purut bisa gk bro…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  111. 140

    Irfan Harsa said,

    apa syarat-syarat tanaman yang bisa di cangkok??

  112. 141

    muzamil said,

    sy mw tnya nih. Apakah tauge bs dbuat sbg obat perangsang akar dgn cara dblender….? Lalu klw sambung pucuk utk bunga bougenvile kira2 brp lama proses na sampai dinyatakan berhasil sambung pucuk na…? Mohon bls na ke email sy aj y thank’s. mmn.enterprise@gmail.com

    • 142

      ahmed nabawie said,

      taoge sy mau coba…informasi baru nih…
      bougenvilel bs disambung pucuk atau sisip… 21 hari dilepas sungkup… 1 bln lepas pengikat sambungan…

  113. 143

    […] File Name : Mencangkok | tanaman buah dalam pot Source : tabulampot.wordpress.com Download : Mencangkok | tanaman buah dalam pot […]


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: