UPPKS INTAN KENCANA BISNIS SIRUP JERUK NIPIS BUTUH BAPAK ANGKAT

TaBuLamPot, 04 Januari 2007

Ciawi, KBI Gemari
Berawal dari keprihatinannya terhadap hasil panen jeruk nipis yang berlimpah dan tidak dimanfaatkan secara maksimal di daerahnya, sehingga banyak jeruk yang menjadi busuk dan mubazir. Selain itu, Prof. DR. H. Haryono Suyono sewaktu menjadi Menteri Negara Kependudukan/Kepala BKKBN menyarankan Nunung Nurhayati, untuk mengembangkan dan memanfaatkan panenan jeruk nipis supaya menjadi Sirup Jeruk Nipis. Hal itulah yang menambah kepercayaan dirinya untuk berkiprah.
Sebagai seorang Kepala Urusan Desa yang membawahi bidang kesejahteraan rakyat di Desa Ciawi Gebang, Kuningan, Jawa Barat, Nunung Nurhayati melihat, betapa menyedihkan tingkat ekonomi masyarakat di desanya. Untuk itu, ketua kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Berencana (UPPKS) Intan Kencana ini berusaha keras bagaimana caranya mengangkat kesejahteraan masyarakat di desanya tersebut.
Melihat di desanya banyak pohon jeruk nipis yang kurang mendapat perhatian dari para petani, sehingga panennya terbengkalai, Nunung lalu mengumpulkan beberapa orang ibu untuk mencoba membuat suatu produk siap pakai yang bahan bakunya dari jeruk nipis. Berbekal pelatihan dari Kanwil Departemen Perindustrian dan Perdagangan, serta pengalamannya selama sekolah di Sekolah Perawat Kesehatan, akhirnya jeruk nipis mubazir itu bisa diolah menjadi sirup dan tonik.
“Syukur alhamdulillah, ternyata sirup dan tonik jeruk nipis ini bukan hanya digemari di Indonesia saja, tapi juga oleh orang-orang manca negara,” ucapnya ketika ditemui KBI Gemari, baru-baru ini. Menurut Nunung, saat ini yang menjadi kendala ekspor dari jeruk nipis produksi kelompok UPPKS Intan Kencana selain permodalan adalah kemasan.
Umumnya pihak luar negeri menginginkan kemasan dari botol plastik sehingga mudah didaur ulang. Sedangkan kemasan yang digunakan produksi UPPKS ini dari botol kaca yang cukup berat bila akan dikirim, dan sulit untuk didaur ulang. Tak pelak, jika ada pengusaha botol plastik yang mau bekerja sama untuk menyediakan kemasan produksinya, Nunung merasa sangat senang.
Mengapa demikian? “karena, cita-cita saya untuk mengekspor hasil jeruk nipis ini ke manca negara bisa tercapai. Sedangkan untuk konsumsi dalam negeri, saya akan tetap mempertahankan menggunakan kemasan botol kaca. Karena dengan menggunakan botol kaca, tenaga kerja yang terserap cukup besar, terutama untuk mencuci botol-botol ini agar tetap steril,” harapnya.
Selama ini, diakui Nunung, memang ada yang mengekspor sirup jeruk nipisnya ke manca negara, seperti Brunei Darussalam, Kuwait, Jepang dan beberapa negara lainnya. Namun demikian jumlahnya masih kecil, karena keterbatasan tenaga dan permodalan, selain tentunya bahan baku.
Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku jeruk nipis, kelompok UPPKS Intan Kencana melakukan kerja sama dengan para petani, yaitu melalui pemberian bibit dan pupuk gratis serta kepastian untuk membeli hasil panen para petani ini. Dengan begitu petani di Desa Ciawi Gebang pun terangkat kehidupannya.
Kelompok UPPKS Intan Kencana yang dibentuk tanggal 1 Oktober 1996 beranggotakan 20 orang. Terdiri dari 18 orang Keluarga Sejahtera I yang semula Prasejahtera, dan dua orang dari Keluarga Sejahtera I yang kini menjadi Keluarga Sejahtera III.

Modal awal
Ketika pertama kali mengawali usaha sirup dan tonik jeruk nipis ini, menurut pengakuan Nunung, kelompok UPPKS Intan Kencana benar-benar tidak ada modal sama sekali. Namun berbekal pinjaman Kredit Usaha Keluarga Sejahtera (Kukesra) – yang diselenggarakan BKKBN, Bank BNI dan Yayasan Damandiri – sebesar Rp. 26.000, berikut pinjaman dari Keluarga Sejahtera III yang sudah mapan sebesar Rp. 300.000, mulailah usaha sirup dan tonik jeruk nipis ini beroperasi.
Kini dengan modal ketekunan dan keuletan dalam mengembangkan usaha, dibantu dengan permodalan yang berasal dari Kredit Pengembangan Kemitraan Usaha (KPKU) dari BKKBN pertama sebesar Rp. 6 juta, tahap II 20 juta, serta dari Sarana Jabar Ventura (Danareksa) sebesar Rp. 32 juta, usaha ini mengalami kemajuan pesat.
Tenaga kerjanya berasal dari ibu-ibu anggota UPPKS, dengan hasil pertama sebanyak delapan botol dan dipasarkan dari rumah ke rumah kepada anggota masyarakat. Kini kapasitas produksi sirup jeruk nipis Intan Kencana mencapai 12 ribu botol, sedangkan tonik jeruk nipis mencapai 50 ribu botol sebulan.
Harga jual sirup jeruk nipis Rp. 6.500 sebotol, sedangkan tonik jeruk nipis seharga Rp. 2.000.
“Untuk bisa mencapai target tersebut, sekarang yang bekerja bukan hanya ibu-ibu anggota UPPKS Intan Kencana saja sebagai tenaga inti, tapi juga melibatkan anggota masyarakat lain. Mereka mulai dari yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sampai anak-anak remaja pengangguran,” papar Nunung seraya menambahkan, jumlah tenaga kerjanya kini mencapai 50 orang.
Pesatnya kemajuan yang dicapai UPPKS Intan Kencana dalam memproduksi sirup dan tonik jeruk nipis mengakibatkan petani di Ciawi Gebang, kewalahan menyediakan bahan baku jeruk nipis. Sehingga untuk mendapatkan bahan baku perlu didatangkan dari Medan dan Lampung, yang selama ini dikenal sebagai daerah penghasil jeruk nipis yang cukup besar.
Upaya untuk mengembangkan usaha ini juga terus dilakukan, yaitu dengan membuat sirup dari mangga kweni. Namun, bahan baku menjadi hambatan, karena buah mangga kweni ini berbuahnya musiman, sehingga tidak bisa segera diproduksi.

Pemasaran sirup
Saat ini, pemasaran sirup maupun tonik jeruk nipis buatan UPPKS Intan Kencana selain di daerah jawa Barat sendiri, juga merambah ke kota-kota besar lainnya, baik di pulau Jawa dan Sumatera. Untuk lebih menarik konsumen mengkonsumsi sirup dan tonik jeruk nipis ini kemasannya ditambahkan assesoris tas dari anyaman bambu.
Dengan digunakannya anyaman bambu sebagai tas sirup dan tonik jeruk nipis , maka pemuda pengangguran di daerah Ciawi ini minimal bisa memiliki pekerjaan. “Dengan demikian, selain mengangkat tingkat ekonomi ibu-ibu dari keluarga pra-sejahtera, UPPKS Intan Kencana juga membuka lapangan kerja bagi anak-anak muda pengangguran, baik yang putus sekolah maupun korban PHK,” tukas mantan Kepala Urusan Desa.
Disinggung tentang perluasan jalur pemasaran, Nunung yang lulusan sekolah perawat kesehatan ini menuturkan, sebenarnya ada niatan untuk memperluas jaringan pemasaran. Namun kendala permodalan serta keterbatasan tenaga serta bahan baku memaksanya untuk sementara waktu puas dengan hasil yang sekarang. “Tapi, tahun-tahun mendatang Insya Allah akan saya penuhi, asalkan ada pengusaha besar yang mau menjadi bapak angkat dari usaha ini,” ucapnya kembali berharap.

Bagi hasil
Sistem pengupahan yang dilakukan Nunung Nurhayati selain gaji bulanan, setiap tahun juga diberikan bagi hasil, tentunya setelah dipotong modal awal serta dikurangi penyusutan dan biaya lain-lainnya. Selain itu, uang kesejahteraan dan pengobatan bagi anggota dan keluarganya yang sakit juga menjadi tanggungan dari kelompok UPPKS Intang Kencana.
Setiap tahun, biasanya keuntungan bersih yang akan dibagikan untuk anggota sejumlah Rp. 19 juta, sedangkan selebihnya sebesar Rp. 50 juga digulirkan lagi untuk modal berikutnya. Tak hanya itu, apabila ada pesanan dari daerah lain yang butuh modal besar maka keuntungan tersebut tidak dibagikan lebih dulu, tapi digunakan sebagai modal bergulir kembali. ()

39 Tanggapan so far »

  1. 1

    salam kenal dan dapatkan PENERBANGAN GRATIS AL-JENAZAH AIRLINES LAYANAN PENUH 24 JAM

  2. 2

    fenny said,

    mau menanyakan tentang UPPKS INTAN KENCANA yang di ketua ibu Nunung…saya mau menanyakan :
    1.bagaimana sistem informasi yang ada di perusahaan itu?
    2.apakah di perusahaan itu sudah menggunakan sistem komputerisasi atau masih manual ?
    3.kalau masih manual kenapa ?
    4.apa kendalanya sehingga tidak menggunakan sistem komputerisasi?
    5.apakah sudah memiliki situs pribadi ?

    itu…saran saya agar bisa termenej dengan baik sebaiknya robah sistem yang ada di perusahaan itu…
    makasih

  3. 3

    fenny said,

    o iya ada yang lupa…
    syrup jeruk nipis memang baik buat kesehatan…seperti kita tahu obat tradisional dari jeruk nipis yang caranya masih di campur dengan kecap atau lainnya…sekarang buat apa cari susah – susah kan udah ada yang instan di jamin tanpa pengawet….
    asli murni buah jeruk nipis…..beda dengan syrup jeruk nipis lainnya yang mungkin rasanya beda , baunya beda,….yang pintar akan tau perbedaan mana yang lebih asli dan yang bukan…
    masalah harga ga jauh beda…karena harga bisa menentukan juga mana yang asli jeruk nipis dan mana yang tidak murni…
    makasih banyak

  4. 4

    siswo hadiyono said,

    saya sangat tertarik pada produk ini dan rasanya juga ingin terlibat dalam pengembangan,bagaimana caranya ?

  5. 5

    salma said,

    bila anda tertarik dengan bisnis syrup ini silahkan anda hubungi no 081324270877….bicara dengan dea.
    atau salma insyaallah saya bantu….kerjasama anda kami nantikan

  6. 6

    Ir. Maria angeline said,

    Bgmn bila syrup jeruk nipis tanpa gula kami kembangkan pasarnya ke seluruh indo. Dapatkah anda suply syrup jeruk nipis asli tanpa gula ke kami. Harga per liter berapa? Bila konsentrat tanpa air. Tq

  7. 8

    tutikr said,

    Dari ulasan diatas, jika boleh dapatkah saya mengetahui alamat kelompok tani yang dapat memasok jeruk nipis kepada saya.
    salam uus faizal
    saunggunung@gmail.com

  8. 9

    sutan hendra doni said,

    Saat ini saya sedang mengembangkan perkebunan JERUK NIPIS, diatas tana seluas 4 ha. bagi perusahaan yang butuh jeruk nipis silakan hub saya di 081332154883 atau email chabalo2005@yahoo.com atau hendra.sutan@yahoo.co.id

  9. 10

    dani said,

    selamat pagi, saya tertarik dengan langkah yang anda (Bu Nunung) jalankan,
    tapi sayang melihat dari tanggal muat sudah terlalu lama, apakah
    sekarang masih normal berjalan?

    Kebetulan saya ada permintaan dari distributor/ produsen product yang menggunakan jeruk lemon / nipis.

    Kalau boleh tahu ada beberapa pertanyaan yang difatnya prinsif, diantaranya:

    1. Kapasitas produksi / kirim per minggu?
    2. Standar harga terbaru, franco bandung
    3. kebijakan yang ditetapkan untuk fee market (Presentase / % )
    4. Standarisasi harga yang berlaku dipasar, baik standar petani/produsen,
    distributor, agen maupun tingkat pengecer
    5. Kalau memungkinkan untuk ditindak lanjuti, mohon dikirim draft
    penawaran berikut sample productnya.

    Terimakasih atas atensinya, untuk mempermudah komunikasi bisa hubungi kenomor flexi saya 022 70462645.

    Wassalam,
    Rohandani

    • 11

      KIKI ANDRIADI said,

      SELAMAT SORE PAK DANI , SAYA PETANI JERUK LEMON/LIMAU KAPASITAS YANG KAMI HASILKAN DARI PENANAMAN 8HA LAHAN JERUK LIMAU SEBANYAK 8 TON PER DUA MINGGU, JIKA ANDA MEMBUTUHKAN INFORMASI LANJUT HUB 081379794336 AN.KIKI

  10. 12

    Ir. Janson Panjaitan said,

    Bgmn bila syrup jeruk nipis tanpa gula kami kembangkan pasarnya ke seluruh indo. Dapatkah anda suply syrup jeruk nipis asli tanpa gula ke kami. Harga per liter berapa? Bila konsentrat tanpa air. Tq
    ————————————————————————————————-

    Saya dapat menyediakan barang yang ibu perlukan, kalau berminat ibu dapat menghubungi langsung ke 081265438888 saya yang menangani sendiri. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  11. 13

    silvia indah GD, SP said,

    assalamualaikum
    semoga usaha yang ibu jalankan bisa sukses selalu…amin
    syrup jeruk nipis yang ibu buat sudah dikemas dalam kemasan botol bisa awet berapa lama???
    Pada kesempatan ini saya menawarkan jasa pelatihan untuk meningkatkan kualitas syrup yang ibu hasilkan
    Selain itu saya juga bisa memberikan alternatif produk yang bisa dikembangkan dari jeruk nipis.jika pengen info tersebut ibu bisa menghubungi di 081330663151

  12. 14

    prasasti desi said,

    saya berminat utk menjual sirup ini didaerah saya di solo. dimana saya bisa menghubungi ibu utk pesan sirup? terimakasih

  13. 15

    ass…..saya mau tanya….saat ini saya lagi ngembangin perkebunan jeruk nipis….sampai saat ini saya telah kebun jeruk nipis kurang lebih 2HA, yang baru ber umur 1.5 tahun….yang mau saya tanyakan, bisa ga’ saya bekerja sama dengan UPK INTAN KENCANA untuk produksi jeruk nipis…..saya ingin ngembangin sirup jeruk nipis juga…kedua, bagaimana cara/proses pembuatan sirup jeruk nipis….ketiga, berapa harga mesin press jeruk nipis……..mohon jawabanya
    ke mutiaranet01@yahoo.com/mutiaranet02@yahoo.com

    sebelumnya saya ucapkan terimahkasih.

  14. 16

    artha said,

    apakah saya bisa menjual jeruk lemon di tempat usaha ibu/bapak?
    tri.bernadette@gmail.com

  15. 17

    Sulaeman said,

    Didaerah kami byk tanaman jeruk nipis yg siap panen. Namun terkendala pemasaran skala besar. Harap info pemasaran

  16. 18

    zieraaurelia said,

    didaerah mana to yang banyak menghasilkan jeruk nips terima kasih

  17. 19

    johnie said,

    kepada uppks intan kencana, jika saya ingin membeli buah jeruk nipis nya saja apakah bisa? jika bisa hubungi saya di email johniefms@yahoo.com terima kasih.

  18. 20

    Helmi Hendriansyah said,

    Pagi bu saya mau menawarkan buah jeruk nipis berapa ton saja insya allah ada. Dsini saya dan petani lain sedang mencari agen/penyalur&pabrikan yang memproduksi makanan dan minuman yang terubat dari jeruk nipis. Barangkali dsini ibu & bapak membutuhkan buah jeruk nipis silahkan e-mail saya hendriansyah17@yahoo.co.id mudah2an saya dan para petani dsini bisa memenuhi permintaan yang bapak & ibu minta….
    Trimakasih

  19. 21

    ferry eyouni said,

    ini merupakan suatu inovasi yang sangat bagus, guna memperluas variasi produk turunan dari jeruk nipis. saran saya hanya coba lebih di tekankan pada iklan agar lebih cepat diketahui oleh masyarakat

  20. 22

    wahyu nur hidayat said,

    kami adalah perusahaan yang dapat mensuply jeruk nipis dalam jumlah banyak.kami dapat mensuply perusahaan anda secara continue untuk konfirmasi silahkan hubungi 081249310777 atau di chusnul_77@yahoo.com

  21. 23

    darkatril darwis said,

    untuk kebutuhan jeruk nipis dalam jumlah besar hub/sms di 085276241068

  22. 25

    mantap…… ayo dibantu….

  23. 26

    ricky said,

    saya ingin tau cara mendapatkan minuman ini dimana yah.. mohon bantuannya yah

  24. 28

    nina said,

    aku juga bikin sirup jeruk lemon. selama ini pasar baru seputar keluarga dan kenalan. Sirup yang saya buat dengan gula. kalau yang tanpa gula resepnya bgm bu nunung?
    Nina yogya.

  25. 29

    BUHERAH, SH. said,

    Salut apa yang telah di rintis dan di lakukan oleh ibu Nunung Nurhayati dengan UPPKS Intan Kencana. Saya ingin sekali Sharing dengan beliau, tapi bagaimana untuk bisa berkomunikasi ya??????
    BUHERAH….Email ; abu_colle@yahoo.co.id

  26. 30

    febi said,

    dimana saya bisa mndaptkan sirup ini? Jogja nya tepat dimana? thanks

  27. 31

    ass said,

    saya punya kebun jeruk mipis boleh tau perusan’an ini butuh jeruk mipis ngk…?
    klw harga cocok saya bisa antar di wilayah sumatra….

  28. 32

    fariz said,

    Thanks Infonya. Lam kenal dari sang pemula

  29. 33

    nurleli said,

    Salam, jadi penasaran untuk bertemu dengan owner. apa langsung ke kuningan saja ya? kalau mau jadi agen atau distributor

  30. 34

    KIKI ANDRIADI said,

    ass , saya membuka lahan jeruk limau 8ha , mampu produksi 8ton per dua minggu .. penawaran harga kami di 081379794336 atau email kikiandriadi86070998@gmail.com

  31. 35

    untuk info lbh lanjut bsa hub 08562294343

  32. 36

    Imam said,

    Bagaimana caranya jika ingin menjadi agen/distributor??

    email saya : imenovrizal@gmail.com

  33. 37

    agussujoko said,

    Di daerah sy ,di riau, inhu cukup byk jeruk nipis,tapi utk pemasaranx yg susah.sy sagat terarik dgn usaha yg sdg ibuk kembangkan.sy ingin hasil petani jeruk di daerah sy bs di pasarkan.no hp 081349083194.

  34. 38

    Erlando said,

    Kami siap menyuplai jeruk nipis secara continue dari medan

  35. 39

    Erlando said,

    Kami siap menyuplai jeruk nipis secara continue dari medan.
    Phone WA: 082365176646


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: