Aku adalah

Aku dan Putra Sulungku Hallo, apa kabar ?
sesuatu yg sangat enjoy utk dikerjakan itu namanya hobi. Hobiku adalah berkebun. Oh ya, perkenalkan, Mukti (sebut saja namaku begitu). Aku cah ndeso yg kesasar hidup di bilangan KPR di sebuah kawasan di Bekasi. Aku menyalurkan hobiku dg berkebun buah-buahan di dalam pot. nama kerennya TaBuLamPot.

Rumahku di Bekasi, kalah luas dg dapur orang tuaku di desa. Memang, tanah adalah persoalan serius di kota. Sedangkan sebagai cah ndeso berkebun adalah kegiatan sehari-hari. Nah, itulah masalahnya. Dengan segala keterbatasan dan kemudahan kota, Aku rindu dg suasana dan kegiatan di desa dulu. dan …eng…ing…eng…Solusinya adalah TaBuLamPot.

Ini adalah catatan mengenai kegiatanku bereksperimen dengan TaBuLamPot. Semoga bermanfaat.

Mari Berkebun TaBuLamPot…

Salam Fuuuntastiiic…!

Mukti Prayitno

88 Tanggapan so far »

  1. 1

    heru said,

    Salam kenal mas mukti,

    Tulisannya tentang tabulampot menarik..bisa di jadikan referensi untuk berkebun di kota.

  2. 2

    helgeduelbek said,

    Terimakasih banyak manfaat yang saya dapat dengan membaca artikel di blog ini.

  3. 3

    Mbak Tiek said,

    Salam kenal, ini mbak Tiek. Saya tinggal ditanah sebrang.
    Pulau yang tak tinggali sekarang ini udaranya hampir sama dengan desaku dulu. Hanya saja, tanahnya tak sesubur itu, habis adanya cuma lava dingin sih.
    Jadi yah, lava tadi digebuki sampai remuk, supaya bisa ditanami. Padahal hobiku juga bercocok tanam. Boleh enggak tanya, bagaimana cara okulasi nangka. Katanya hal ini tak mudah karena selalu mengeluarkan latex.
    Makasih yah dik Cah Ndeso.

  4. 5

    Zulfikar Chaniago said,

    Terima kasih banyak mas mukti karena telah menyediakan blog ini. Secara diam-diam saya jadikan sebagai referensi untuk menunjang kegemaran saya.
    Sudah lupa awalnya, entah gimana saya bisa nyasar sampai di blog ini.
    Tapi ngga apalah, malah saya senang mendapat banyak referensi mengenai tabupampot disini.
    Kegemaran kita mirip rupanya, tidak persis tapi masih dalam kategori bercocok tanam. Saya tidak punya lahan yang cukup luas untuk menyalurkan kegemaran ini. Selain tabupampot, tanaman hias, tanaman obat, tanaman kebun dsb. juga saya tekuni.
    oh ya, pupuk organik cair itu gimana hasil eksperimennya…..
    Demikian dulu, sampai ketemu…..

  5. 6

    Senang sekali ya, apabila kerja kita bermanfaat buat orang lain. Oh ya, Anda tinggal di mana mas zulfikar ?

    Kalo Anda punya artikel menarik baik itu buatan sendiri atau kopi paste ngga masalah, boleh juga tuh buat menambah bobot Blog ini.

    Pupuk organik ya…Sejauh ini, Saya baru menuji cobanya utk Cabe dan jeruk ciu, tapi utk pembibitan rambutan gagal total. Saya menyemai beberapa bibit rambutan…hasilnya ngga ada yg tumbuh satupun. Saya blm tau pasti kenapa ?

    Banjir juga menghalangi aktifitas berkebun, Minggu ini rencana Saya akan menanam Hasil Cangkokan Jambu air dan jeruk Pepaya. Senang sekali rasanya hasil karya yg berhasil.

    Saya tunggu urun artikel mengenai tabulampotnya…

    CU…

    Mari berkebun….

    Mukti

  6. 8

    ihwan said,

    keren banget….,
    terimasi mas mau berbagi pengalaman….
    saya Ihwan dari lombok timur, jauh mas…..saya juga wong ndeso, dan tinggal di BTN sempit, hoby saya memang senang pada tanaman..baik bunga, bonsai maupun tanaman buah berpot…..oya mas…tolong di tambah koleksinya dilengkapi foto
    tanks

  7. 9

    shofar said,

    salam kenal
    saya dari kalimantan tengah….bagus situs ini ber tema pertanian….saya mendukung…karena saya hobi bertanam juga….saya suka tanaman hias adenium, heliconia hibrid, anthurium, euporbia mili, saya berencana menjual tanaman hias di daerah saya….saya sekarang bersama teman teman juga sudah mengembangkan tanaman hias aseli hutan untuk dijual dijawa misalnya anggrek hutan macam2 dan nepenthes.
    semoga di situs ini dapat dijadikan ajang diskusi dan berbagi wawasan di anatara hobiis tanaman. terima kasih

  8. 10

    abdil said,

    Mas Mukti,

    Saya pengen banyak tau mengenai cabe organik.
    kalau ada info mengenai tanaman tersebut dengan senang hati saya terima masukannya.

    Makasih

  9. 11

    aabeben said,

    ngomong-ngomong dapat sumber dari mana atau referensinya. Apa sudah terbukti atau manjur ?

  10. 12

    yusrijal said,

    – saya sangat tertarik dengan Tabulampot.. saya berminat untuk mencobanya.. tapi harus mulai dari mana nihh..?
    minta sarannya ya?

    terima kasih

    yusrijal

  11. 13

    agung said,

    mas mukti, salam kenal ya,…..
    saya lagi butuh foto tabulampot mangaa nih,..
    kalau mas mukti punya banyak,.boleh gak aku numpang motret di sana????

  12. 14

    Mira said,

    saya senang sekali baca blog Mas Mukti. Keep writing ya Mas.

  13. 15

    mustov said,

    salam kenal mas mukti..
    saya juga cah ndeso…senang tanam-tanam…problemnya gak punya lahan…apalgi masih tinggal di rumah kontrakan (sewaktu-waktu bisa pindah)…shg tulisan mas mukti tentang tabulampot sangat menarik..& akan saya coba. selama ini saya udh melihara jamur tiram putih dalam plastik di samping dapur..alhamdulillah hasilnya lumayan buat sayuran…
    saya insya Allah akan menanam sayuran jenis lain spt sawi, cabe, bayam dll. punya pengalaman tentang bertanam sayur dalam pot (TaYurLamPot)? he he mirip ya dgn TaBuLamPot)…bagi pengalaman ya mas. trim…

  14. 16

    YDA Solo said,

    Ijin ngelink kang. Thanks

  15. 17

    iswarayoga said,

    situse uapik mas. Sampeyan wis tak link di situsku . kunjungi situsku yo.

  16. 18

    rudi anwar said,

    selamat sore mas…lam kenal dari saya.
    saya tertarik dgn artikel mas, kebetulan saya juga tinggal di perumahan gitu yang tanahnya ga luas, saya mau ikutan juga nanam pohon buah dalam pot. tolong bimbing saya mas.
    makasih mas mukti.

  17. 19

    zulfa said,

    Salam kenal mas… saya ini yo wong nDeso juga, mung kulo niki tinggale teng Lampung. mas tolong klo ada artikel mengenai teknologi tanaman pangan yang baru kirim ke email saya ya…hajidah@plasa.com Matur Kesuwon yo Mas Mukti….

  18. 21

    yudi said,

    saya sangat setuju, karena melihat keterbatasan lahan. cara bercocok tanam modern jadi pilihan yang tepat untuk saat ini. hanya yang perlu diperhatikan seberapa banyak unsur atau nutrisi yang dikandung oleh sayuran yang dipelihara menggunakan pot. thanks

  19. 22

    honje said,

    emmm….kayaknya ini blog menarik banget, salut dengan kreativitas mas mukti dalam menyiasati terbatasnya pekarangan rumah, dengan demikian berkebun dan memetik buah-buahan kesenangan keluarga bukan lagi kendala bagi masyarakat di kota…salam kenal mas

  20. 23

    danny said,

    sama, persis dan idem itu mungkin yang dapat saya katakan tentang lahan yang saya miliki dgn lahan yang mas sekarang tempati. di perumahan yang baru saya tempati 5 bulan yang lalu cuman tersisa lahan kosong seluas 5 x 3 itupun harus berbagi tempat dengan teras depan rumah.. wah bener bener butuh formula yang tepat untuk manfaatin lahan pas pasan ini, tp setelah liat blog ini ada deh inspirasi untuk memecahkan masalah tsb.. makasih atas info berharganya

  21. 24

    harry said,

    salam knal aj…………..

    gni sy berminat nanam sayuran dipot.

    yg mau sy tanyakan media ap sj yg co2k untuk nanam tanaman bayam

    trimsss

  22. 25

    irma said,

    Salam kenal mas mukti,

    Saya tertarik untuk mencoba bertanam dalam pot, tp saya gak tau harus mulai dari mana. bisa bantu mas?

  23. 26

    Suratman said,

    Terima kasih untuk mas mukti….tulisannya sangat bermanfaat, semoga semakin berkembang dengan tema2 yg lebih luas dan variatif.

    Saya juga sangat tertarik untuk berkebun….tabulampot menjadi salah satu alternatif pilihan.

    Matu Suwun

  24. 28

    hohok said,

    Problem untuk pertanian salah satunya adalah masalah bibit yang berkualitas. Barangkali panjenengan bisa memberi info ke saya dimana mendapatkan bibit buah yang kualitasnya terjamin. Atau barangkali diijinkan saya berminat untuk melihat koleksi tabulampotnya sekalian ngangsu kawruh

  25. 29

    Ratna Juiwtha said,

    salam kenal
    hallo mas mukti prayitno
    saya tertarik untuk meliput tentang bisnis tabulampot
    mohon konfirmasi untuk waktu dan tempatnya
    thanks ya

  26. 30

    yogaiswara said,

    selamat dan sukses. situs ini bagi saya sangat bermanfaat karena mendukung hoby saya berkebun.

  27. 31

    herfin said,

    halo mas mukti, salam kenal and selamat atas blog yang bermanfaat ini, karena saya juga punya hobby berkebun. Update terus postingnya ya, eh boleh tidak saya nge link blog anda………. soalnya berhubungan dengan blog saya he he he, any way thanks …bravo berkebun

  28. 33

    yuzthe said,

    mas q baru baca artikelnya, q trtarik ma sayur dlm pot, di mana dong q bisa blajar n dapat bibitnya ? yg punya budidaya jamur tiram putih please dong q diajari dan di bantu bi2t……

  29. 34

    aden said,

    mas kalau buah belimbing agar berbuah banyak dan besar perlakuannya bagaimana tapi tanpa pupuk buatan karena saya sedang coba buah organik atau ada yg bisa kasih saran

  30. 35

    yozarwardi said,

    Mas mukti, salam kenal. terima kasih, blog ini menjadi referensi bagi saya, sekaligus memberikan semangat untuk memulai menanam di lahan sempit.
    Mas mukti yth, saat ini saya sedang membangun rumah, halaman depan ada lahan seluas 3 x 5 meter, saya tanam sarikaya dan lengkeng. oh ya, saya domisili di lubuk sikaping-pasaman prop sumbar. iklim agak dingin. mohon nasehatnya untuk merawat tanaman tersebut.
    terima kasih.

  31. 36

    Ragil said,

    mas disertai gambarnya dunk mas

  32. 37

    Pikatin said,

    Yea semua itu ndak bisa di tanam di lLN, Saya tinggal di Amrik mau nanam begitu ya ndak bisa, Thanks deh columnya bagus.

  33. 38

    erlinda said,

    dengan adnya tanaman dalam pot ini saya dan keluarga dapat menaman tumbuhan walaupun tanpa lahan yang luas. Thx……….

  34. 39

    luvsigit said,

    saluttt buat sapinya….hobinya kayaknya sama dech…?”

  35. 40

    Faizur said,

    salam kenal mas,
    saya mau nanya soal buah gandaria…
    apa mas juga membudidayakan buah gandaria?…atau ada kontak pembudidaya buah gandaria?..saya butuh referensi untuk liputan…
    terima kasih mas…

  36. 41

    sorimuda said,

    salam kenal.

    mas saya mau tanya dimana yaa bisa dapatkan cangkokan pohon delima hitam. terima kasih

    salam

  37. 42

    Ben S said,

    Saya ingin membeli sirup jeruk nipis partai banyak…saya membelinya kemana?saya minta infonya,trims

  38. 43

    supriyanto said,

    Assalamu’alaikum wah mas hebat lho!!! saya mbok diajari cara memanfaatkan lahan untuk tanam pisang yang baik, soalnya hasilnya cukup lumayan untuk tambah hasil e

  39. 44

    Uchan AY. said,

    Assalamualaikum, salam kenal. Hobby Mas Mukti sama dengan saya. Selain tanaman, saya gemar bikin kartun,cerpen dan melukis. Tapi yang paling tenang, damai dikerjakan yaiutu bercocok tanam. Ya, segala macam tanaman. Terutama saya gemar sekali membonsai, bonsaiku banyak. Saya terjun sejak tahun 1990. Tidak tahu saya tiba-tiba seneng bonsai sebab bonsai saya jadikan guru kesabaran. Di samping itu saya gemar nanam buah-buahan. Hahaha… kan asyik bisa diwariskan. Oya, kadang aku kalau lihat pohon yang ditebang sedih. Kan orang sekarang suka nebang daripada nanam? Aku senang sama temen-temen yang suka menanam. Seperti Mas Mukti. Ya, buat teman-teman yang pingin main ke rumahku silakan. Aku asli Jombang dan sekarang boyongan ke Jabung 2, Mlarak, Ponorogo. Boyongannya sama bonsai. Sampai nyewa 4 truk, hahaha… lucu begitulah kalau sudah hobby. Teruskan wadah ini sangat bermanfaat. Wassalam.

  40. 45

    daerah kami (kemiri Kidul, kec. Kemiri, Kab. Purworejo) merupakan daerah produksen bibit jeruk yang cukup melimpah.Saya tertarik dengan program pemuliaan tanaman jeruk yang ada lakukan. dapatkah kami dibant pemasaran bibit tersebut? adakah di lahan ada jeruk varietas sogun?

  41. 46

    zaenal abidin apt said,

    Salam kenal mas mukti. Ijin utk ngelink. di daerah kami rembang (JATENG PALING TIMUR). pusat budi daya tanaman kawista. Untuk bakalan bonsai sering digunakan jenis kawista batu. Sedangkan untuk sirup dipakai jenis kawista buah.

  42. 47

    merta yoga said,

    Mas Mukti, Ybb.
    Mas Mukti, anggur merahku sudah berumur 7 bulanan, tumbuhnya subur ditandai dengan batangnya cukup kokoh berdiameter hampir 2 cm, daunnya lebat dan lebar-lebar. Sejauh ini belum pernah aku pupuk kecuali saat pertama menanamnya disamping pupuk kandang yang dicampur dgn sedikit pasir malang dan juga NPK seimbang. Dari satu batang primer sekarang sudah menjadi 6 batang skunder, yang tersier juga mulai ada tumbuh sedikit, dan yang skunder terus memanjang. Agar tanaman anggur itu bisa mulai belajar berbuah apa yang harus dilakukan?
    1. Kapan waktu pangkasnya?
    2. Tolong jelaskan lebih detail cara pangkasnya
    3. Bagaimana pemupukan selanjutnya baik yang dibenamkan maupun semprot?

    Matur suwun Mas

  43. 48

    DR. ENDANG ISMAIL said,

    DIJUAL DAN SIAP MENSUPPLAY … DRUM DRUM BEKAS PERTAMINA / MILK DALAM JUMLAH BESAR (PARTAI BESAR). HARGA BERSAING. KONDISI MASIH BAGUS. BIASA UNTUK POT TANAMAN BUAH / BUNGA. SIAP DIANTAR SAMPAI LOKASI.

    HUBUNGI KAMI :
    CV. MITRA KARYA UTAMA.
    Jl. Raya Pos Pengumben 28 Srengseng Kembangan Jakarta Barat.
    Ibu Endang Ismail : 021 5325394 / 081288001183 / 0813 1552 2737 / 087885954603

  44. 49

    Rozig said,

    Slm kenal mas mukti,
    saya rozig penangkar bibit di jatim, ingin menawarkan berbagai bibit tanaman anggur jenis carolina black rose, belgia dan isabela. Dan tanaman hutan seperti jati,sengon,mahoni,nyamplung,kopi,akasia,gambelina dan lainya melayani partai besar.
    Berminat hbgi saya email grape.Ganda.Rape@gmail.Com hp. 085230754884

  45. 51

    Rony said,

    salam kenal mas, keren mas… hebat…informatif banget..,

    mohon izin Posting Artikel nya Mas untuk di blog saya ,

    kalo keberatan tolong email ke : ron7rob@yahoo.com..

    nanti langsung saya hapus

    thanks…

  46. 52

    hafse said,

    salut bwt inspirasinya,
    aku tertarik buanget n bersemangat ttg tabulampot
    kasih advice dong tanaman yang cocok bwt pemula,yang gampang perawatannya n cepet hasilnya heeee
    thx

  47. 53

    Bahru rozik said,

    Salam kenal Mas mukti,
    ”back to village”
    6th merantau di jakarta saya berfikir untuk usaha benih tanaman perkebunan dan kehutanan di ndeso, salah satunya bibit anggur.
    Tanaman anggur bisa tumbuh dan berbuah di cuaca panas kota seperti jakarta,surabaya dan kota-kota lain.
    Selain berguna sebagai tanaman pelindung polusi, buah anggur yang exsotik akan bermunculan setelah pemangkasan berat dilakukan.
    Pohon anggur bisa ditanam dilahan sempit dan didalam pot. Info bibit,perawatan,pemupukan dan pemangkasan.

  48. 54

    dean said,

    salam kenal Mas Mukti
    Kebetulan saya juga punya hobi berkebun, tabulampot juga menanam sayuran dalam pot. Kebetulan saya juga dalam katagori cah ndeso yang masuk kota. Tinggal di perumahan jadi halaman juga serba terbatas. Saya bermimpi suatu saat saya bisa macul di kebun sesungguhnya. Senangnya….Semoga. Oh ya, tambah rajin nulis tentang pertanian ya, itu sangat menarik dan bermanfaat. Hidup petani!

  49. 55

    NENEK ZIDANE said,

    Waah menarik sekali , cocok dengan hobi nenek yang mau pensiun nih.
    tolong kirim-kirim foto/gambar dari hasil tabulampot cucu ya, biar nenek tambah semangat nih. Trims.

  50. 56

    Br. Totok Purwanto, MSF said,

    Mas Mukti selamat atas hobby yang sangat positip ini. saya kira ide-ide cemerlang seperti Mas Mukti inilah yang dapt saya ambil tuk saya bagiakn kepada orang lain. tentu usaha ini lambat laun akan menyelamatkan alam sekitar kita. terlebih lagi usaha ini sangat membatu para keluarga-keluarga yang tidak mempunyai lahan pertanian dapat menanam tanaman (sayuran) tuk kebutuhan sendiri. dengan demikian semakin banyak keluarga-keluarga mampu mandiri dalam hal kemadirian pangan (ekonomi). Selamat yo Mas Mukti.

  51. 57

    setiyono de wabsta said,

    Salam kenal semua….saya sangat senang membaca kegemaran teman-teman semua… karena saya juga hobby tabulampot/tayurlampot…..mhon informasinya dan saling berbagi pengalaman bertanam di perkotaan (terutama menggunakan pot). thanks………

  52. 58

    arif rahman said,

    TOP Mas….
    saya juga cah deso mas tp ksasar di kalimantan hiiii
    nyuwun tulong cara Tabulampot buah duren ya Mas,teims sbelumnya looo

  53. 59

    Satriya said,

    Mas Mukti,

    saya tertarik dengan tabulampot anda, untuk itu
    say menawarkan kepada anda hormon pertumbuhan WONG TANI.
    -mempercepat pertumbuhan dan keluarnya buah
    -memperbanyak keluarnya buah
    -memperbesar buah (berat)
    aplikasi sangat mudah , hanya 7-10 hari sekali, tapi hasilnya sangat memuaskan.
    untuk keterangan lebih lanjut silahkan hubungi sat_nug@yahoo.com

  54. 60

    taulina said,

    taulina 2@yahoo.com phn 085722345221,aq pari dulu ingin sekali bercocok tanam.tapi belum ada kesempatan.sekarang lagi mulai cari2 bibit tanaman yang cocok dan bisa tumbuh bagus ditanah tergantung dengan curah hujan.toko sumber rejeki pertigaan pasar bekonang solo menjual berbagai kebutuhan sehari2.dari macam2 mi,susu indomilk,bendera,kremer dll.makanan dan minuman ringan.minyak goreng,terigu,kopi dan rokok dengan harga grosir dan eceran

  55. 62

    terima kasih mas Mukti, bagi2 pengetahuan dan pengalamannya

    banyak yang bisa aku pelajari dan ambil manfaatnya

    semoga dibalas oleh ALLAH dengan segala kebaikan :)

  56. 63

    rosyid waliudin said,

    opo enek vitamin c neng lombok???

  57. 64

    ghy said,

    siiip infonya

  58. 66

    mariasunarto said,

    brtkunjung sembati kenalan selamat dan sukses

  59. 67

    Yosie Komang said,

    terima kasih infonya, mas..
    Saya terinspirasi sekali dg blog njengenan.
    Semangat berkebun!

  60. 68

    arsyadvilla said,

    salam kenal om, sesama tinggal di bekasi, sesama senang tanaman, sesama gak punya lahan. sesama ngeblog pohon. mampir ke blog saya om, masih baru mulai dan sederhana. salam

  61. 69

    kan ajarin bertanam organik untuk jenis tanaman toma,cabe,dll dalam pot ku tgu kabarnxa ya…qt sangat tertarik dgn model yg anda tawarkan..thanks..!!!

  62. 70

    pokoke yg tadi..sori salh almat webnxa

  63. 71

    bang tigor said,

    apa khabar boossssssssssss……kayanya dah lupa sama ana

  64. 72

    iceh purnomo said,

    aku oreng madhureh kang udaranya panas banget disini tolong aku ajari tentang tambulampot biar udaranya jadi sejuk dan menyenangkan.

  65. 73

    Syukron said,

    Satuju pisan kang, memang menanam tumbuhan dalam bentuk / media apapun harus dikampanyekan luas, supaya bumi ini tetap hijau & seimbang.
    ana_pun tanam dimedia kaleng limbah cat, dan alhamdulilah sebagian tanaman sdh berbuah.
    ana Butuh info kang, untuk penggantian media tanam berapa lama? dan untuk akar yg sdh bergumpal apa perlu dipotong disaat penggantian media. trims

  66. 74

    hendro kuntjoro said,

    untuk menanam dalam pot sebaiknya tumbuhan yang umurnya panjang atau yang prendek .

  67. 75

    a3online said,

    Salam kenal dari bumi BORNEO

    Salam
    Johari

    http://a3online.wordpress.com

  68. 76

    Ati Nur said,

    Salam kenal

    Aku orang Cianjur, tinggal di Jakarta sekarang. Tinggal di daerah yg udaranya puannaaas dan gak punya lahan luas ku mencoba penyejukan dgn menanam tanaman di pot. Tapi sering gagal karna gak tahu caranya. mohon informasinya lebih detil.

    Terimakasih

  69. 77

    Imam Hidayat said,

    selamat pagi P.Mukti, mohon info dimana bisa beli bibit jeruk nipis tanpa biji,
    Terima kasih,
    Imam Hidayat

  70. 78

    Dany said,

    Salam kenal P.Mukti….saya baru coba ni beli beberapa pohon mangga tabulapot yang sedang berbuah….cara perwatan dengan kondisi berbuah ini harus seperti apa…..?

    Terima kasih,
    Dany

  71. 79

    salam kenal pak saya jadi tertarik untuk bercocok tanam

  72. 80

    indri said,

    salam kenal pak, .mhn infonya cara bikin pupuk kompos,. jadi semangat berkebun nie…

    terima kasih.
    Indri

  73. 81

    Johansah ali said,

    Ada taBuKelLamPot(kel=kelapa) yg udah berbuah gak?
    jjhn.ali@yahoo.co.id

  74. 82

    muhammad naparin said,

    mas bisa kasih saya gimana cra na menanam buah yg benar didalam pot rencana sih anggur

  75. 83

    yusmanu said,

    Sayaa kpingin kebun jambu biji dlm pot

  76. 84

    iinmuhidin said,

    sebuah inovasi yang luar biasa… bisa jg nech nambah ilmu sama mas mukhti.

  77. 85

    tks,mas Mukti.sy tertarik dengan tabulampot.sy pengen tanam anggur,klengkeng,paya.caranya gimana ya mas.Tks

  78. 86

    nuning nuris said,

    saya punya mimpi bisa penjadi pedagang tabulampot.tlg mas mukti bantu saya mewujudkan impian saya.bgmn cara dan tips membuat tbulampot.thanks

  79. 87

    dede said,

    Mantaf Ulasannya … semoga semakin sukses …
    Ganti hawa panas dan lembab rumah Anda dengan ‘Green Living’; temukan koleksi tanaman dan nikmati gaya hidup green living dengan menanam tanaman buah segar atau tanaman hias nan cantik lewat blog ini, http://djonlineshopping.blogspot.com/

  80. 88

    hadi said,

    Thanks om infone. mampir ya ke blog ku makalahmustaqim.blogspot.com/2010/10/dialect-and-accentdoc.html


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: