Cangkokan Jambu Air itu …

Maaf ya, berhari-hari Saya tidak bisa posting salah satu penyebabnya adalah banjir. Banjir juga yg menyebabkan Saya menunda penanaman TaBuLamPot Jambu Air (jenis Cingcalo Hijau) hasil praktek cangkokan yg juga mengilhami lahirnya situ s ini. Tapi sudahlah, lupakan banjir. DAS LEBEN MUSS WEITER GEHEN…! Kehidupan harus tetap jalan terus …! Apapun yg terjadi, Ayo semangat… semangat …!

Oh ya, ada oleh-oleh (tapi bukan mengenai banjir loh…) di awal minggu lalu Istri Saya memberi kabar yg sudah 2 bulan ini Saya selalu menunggu. Cangkokan jambu air di depan rumah sudah jadi. Ini ditandai dengan keluarnya akar yg merobek plastik hitam pembungkus cangkokan (tips : lain kali kalo mencangkok pakai plastik yg bening, biar akarnya pertumbuhan akarnya bisa dipantau).

Pembaca senangkan kalo hasil kerjaan Anda berhasil ? begitu juga Saya, Saya menunggu week-end agar Saya bisa menanam jambu air ini. Tapi sampai sekarang, sampai posting ini Saya menunda untuk memotong dan menanamnya. Ya, apalagi kalau bukan karena…banjir…!

Tapi, ada berkahnya juga yah… hujan yg turun hampir setiap hari ternyata mempercepat proses pengakaran dicangkokan jambu air Saya. Senang sekali rasanya…!

Rencana, hari Minggu besok Saya akan menjadikan Jambu air hasil cangkokan Saya sebagai Tabulampot…

Ada yg punya cerita sukses mengenai cangkokan hasil karya sendiri ?

Sukses buat Anda semua…!

Salam fuuuntastiiic…!

Mari Berkebun…!

Mukti Prayitno

About these ads

47 Tanggapan so far »

  1. 1

    Wulan Anggraeni berkata,

    Untuk Mas Mukti Prayitno ,mas mungkin berhasil dalam mencangkok ,tapi pohon jambu air saya udah 4 tahun saya tanam dari biji koko belum berbuah ya ,mohon share nya bagaimana langkah yang harus ditempuh agar pohon jambu saya cepat berbuah .
    sekian saja terimakasih .

  2. 2

    anam berkata,

    Mas. Saya penggemar tabulampot. Walau memiliki tanah yang sempit
    dan menyisakan sedikit tanah. Saat ini saya mencoba menanam mangga, jambu biji merah, jambu air hijau, jeruk limo, terong, cabe di sisa tanah belakang rumah. Alhamdulillah jam,bu mulai berbuah. Tapi tanaman mangga manalagi yang saya tanam lebih dari setahun yang lalu hingga saat ini belum berbuah. Saya sudah coba pakai pupuk kandang, NPK dengan posport tinggi juga gandasil. tetapi belum menunjukkan tanda-tanda akan berbunga. Tinggi pohon mangga saya sudah hampir dua meter dengan percabangan yang merata. Sesekali daun yang bercak putih memang saya buang untuk menghindari penyebaran hama. bagaimana ya solusinya. Apa kadar pemupukan yang kirang tepat ya?..terimaksih saran-sarannya.

  3. 3

    wahyu berkata,

    Saya penggemar tabulampot, saya punya beberapa tanaman dalam pot kayak sawo, kelengkeng, duwet putih, jeruk, jambu air, blimbing tapi kok sulit berbuah kalaupun berbunga pasti rontok, yg jadi cuma blimbing n kedondong, sawo juga tp sedikit, bagaimana caranya agar jadi buah, oy saya tidak punya pekarangan lebar maklum rmh type 36 cuma rmh sy rimbun karena banyak tanaman buah yg sudah besar, mohon sarannya

  4. 4

    nur shafiqah bte hassim berkata,

    saya suka website ini

  5. 5

    Suyadi berkata,

    Dear all
    Saya lagi suka nanam tabulampot jenis jambu air.
    Sekarang saya baru punya 5 pot jambu air dengan jenis, Citra, Bangkok,
    Cingcalo, Ping rose dan King rose.
    Saya berminat untuk menambah koleksi tabulampot jenis jambu air
    dengan kwalitas yang bagus.
    Sekarang saya ada 30 pot kosong yang belum saya tanami.
    Mohon info dari teman2 kalau ada yang punya bibit jambu air yang
    bagus terutama jambu impor dimana saya bisa mendapatkan bibit tersebut.
    Sallam
    Suyadi – Balikpapan.

  6. 6

    SUWARDI berkata,

    WAH SAYA UDAH BERHASIL NANAM JAMBU AIR DI POT KIRA-KIRA 6 TAHUN LALU. SETIAP TAHUN SELAU BERBUAH 2 SAMPAI 3 KALI LEBAT PULA. DAN YANG BIKIN PENASARAN BANYAK ORANG WARNANYA YANG MERAH MENGGODA ITU LHO. DI KOMPLEK KAMI ITULAH SATU-SATUNYA VARIETAS YANG SAYA TEMUI MUNGKIN SATU KECAMATAN, KABUPATEN…

    • 7

      Titiek berkata,

      Mas Suwardi yth.,
      Saya sangat tertarik untuk memiliki pohon jambu yang mas jelaskan diatas.
      Mohon informasi lebihdetaul kalu saya ingin memilikinya.
      Terima kasih.
      Titiek

  7. 8

    M. Sudjud berkata,

    Saya punya bibit jambu air yang rasanya muanis banget, tapi saya sendiri kurang tahu nama persisnya apa, karena bentuknya sedikit berbeda dengan jambu air biasa, dan ukurannya bisa cukup besar jika matang. saya potkan beberapa juga sukses. tetap bisa berbuah dan lebat pula. nggak rugi rasanya.sekarang masih dalam proses pencangkokan semoga berhasil.

  8. 10

    intan berkata,

    mas, dapat tugas nii,
    saya mw mncangkok, tp bgung laporannya. gimann yah mas??
    tugasnya dikumpulin tanggal 27 oktober

  9. 11

    intan berkata,

    bisaa gag mas cepatt dii beri yahu solusinya?

  10. 12

    mega Faris Laksono berkata,

    ok,,, cuman nyoba’ wekkk,,,,,!!!!

  11. 13

    Monyet Jaran lina sulis heeee berkata,

    haloo,,,, sobat mania,,,,
    aku sekarang ngetik di rumahnya Betty,,,
    aku abiz ngetik tuga bahsa Inggriss,,,
    ya ampun…!!~ zuzah, zulit, zuzu bangetz
    oke see you,,,
    emhhhh ada pengumuman sedikit,,
    bajuba_monyet@yahoo.co.id
    jijaibajai_bajuri@yahoo.co.id
    tau kan maksudnya

  12. 14

    inezza putri berkata,

    saya mau mencari bagaimana caranya mencangkok tanaman jambu dan cara mencangkok tanaman yang lain

  13. 16

    gischa berkata,

    mas saya punya masalah dengan jambu air yang kalau berbuah sering busuk n banyak ulatnya bagaimana cara mencegahnya biar buahnya tetap segar n dapat dimakan trim’s

  14. 17

    kindi berkata,

    jambu air sngat beguna untk melepas dahaga

  15. 18

    aji ahluljannah berkata,

    saya punya okulasian cicngcalo sdh 8 tahunan di pot sdh dirangsang jga dg pml dll kok blm berkembang jga apalagi berkembang,why…..?apa salahku….?syukron

  16. 19

    John Panjaitan berkata,

    Saya mencangkok jambu klutuk sudah 2 bln, belum keluar akarnya, kira-kira apa penyebabnya?

  17. 20

    jahid abdurrahman berkata,

    Mas, warna blognya diganti dong, terlalu …
    Trus, kalo bisa ni yah, tolong buat kolom khusus untuk artikell buah2an. jadi mungkin dari kolom itu, orang yang pingin bener2 wirausaha komoditi tersebut bisa membantu. misal, saya suka jambu air, pingin mengusahakannya, mulai dari pembibitan hingga perkebunan, jadi tinggal klik dikolom ini.

    O yach, untuk temen2 yang mau tahu dasar2 dari tanaman buah, bisa dilihat di websitenya dosen pembimbing saya
    http://www.liliksetyobudi.com
    insya Allah disitu lengkap, dibidang pertanian dan enterpreunership.

    Wassalamualaikum

  18. 21

    Abu Unaisah bin Kasim berkata,

    Sukses…ya….untuk keberhasilan “pencangkokan” jambu airnya. Saya setuju anda mengembangkan jambu air. Itu buah hebat, produktifitasnya tinggi (tanpa musim lagi), jarang / mungkin gak ada yang “pantang” makan jambu, tua muda, kakek nenek, yang sakit ini sakit itu, pokoke banyak yang suka. Kalo mutu buahnya oke, harganya bisa 50-60ribu sekilonya. Sekadar info, satu pohon sekali panen bisa 300an kilo, setahun bisa beberapa kali panen. Tapi mutu / varietas jambu airnya mesti yang “top markotop” yang disenangi konsumen lho….. Banyak varietas unggulan seperti: Jambu air madu (pink rose), thab Chin than (ma’af kalo salah tulis….), black diamond, king rose, citra / tong sam si, .dll……………….. Tapi….. dengan segunung keunggulan, jambu air dihadapkan dengan selaut kendala. Salah satunya adalah busuk buah yang disebabkan oleh lalat buah (Bactocera spp / dorsalis). Buah kelihatan mulus……tapi busuk didalam. kalo menyerang bisa ludes des…..gagal total panennya. Tipsnya mudah aja…. bungkus buah saat masih pentil. Bisa pake kantong plastik, kain kasa, atau bahan lainnya… jangan lupa buah dijarangkan 2-3 buah pertangkai. Ingat jangan terlambat membungkusnya. Setelah bunga gugur 3-4 hari langsung bungkus……wallahu a’lam. semoga berhasil

  19. 23

    Uchan AY. berkata,

    Ini aku punya cara mencangkok dengan cepat. Cangkokan elesi bagian atasnya dengan gerusan vitamin B1. Beli di apotik harganya kalau nggak salah 2500. Campur dengan air dan oleskan. Insyaalloh cepat tumbuh akar. Gunakan mos untuk membalutnya. Bungkus plastik, tapi jangan di lubangi. Nah, kalau tidak ada udara masuk kan di dalamnya berkeringat. Ahirnya di dalam basah terus. Tidak usah disiram. Silakan mencoba!

  20. 24

    imelda berkata,

    tx berat atas solusi mencangkok cepat by uchan AY..saya baru belajar mencangkok jeruk pontianak yg sudah 5taon saya tanam di tabulampot..krn sudha lama dan buahnya agak kecil.saya coba cangkok..krn keunggulannya kalo berbunga selalu berhasill jadi buah..jadi saya mencoba mencangkok spy jadi pohon muda baru …..tetapi pohon jeruk limo saya kok ga jadi buah ya,padahal udah ada bunganya tetapi rontok lagi..megnapa ya…???

  21. 25

    yanto berkata,

    maaf mas,saya punya tanaman jambu air cangkokan 20 batang,kira”udah umur 2 bulan,tapi saya heran ada pengerat daun,tetapi hewanya tidak terlihat,obat hama apa ya yang seharusnya saya pakai…terimakasih sebelumnya

  22. 26

    ray berkata,

    mas koo caranya krng lngkphhhhhhhhhhhhh c… …………..
    kaga da gzambarnya

  23. 27

    Nurman berkata,

    saya bingung dng pemilik web ini : dari sekian bnyk pertanyaan tapi sedikit sekali dibalas. atau bahkan tdk dijawab samasekali. minimal bila pengelola web pada bidang tertentu harus punya “ilmu” yg memadai ttng yg ditulis. trus ada tanggapan yg dijawab. ini bukti perhatian pada yg beru komentar. tris

  24. 28

    Heru Kohar I.B berkata,

    Mas tahu nggak, kenapa yah jambu bol jamaika saya sulit berbuah? padalahal pohonnya tingg, subur dan sering dipupuk? apa salah pupuknya? saya beri NPK dan atonik

  25. 29

    Jayantri Marselia berkata,

    Mas…..aqu pusing nih . . . Dari Tadi nyari Makalah Tentang Pencangkokkan Buah Delima Nggak Dapet Yang Kongkrit. . . Mas Bisa Bantuin nggak. . .

  26. 30

    rera berkata,

    bagaimana cara mencangkok jambu air dengan sukses kemudian menanamnya ke dalam pot dan hasilnya bagus?
    saya pernah mencoba tetapi tidak berhasil, terimakasih.

  27. 31

    [...] Cangkokan Jambu Air itu … [...]

  28. 32

    Razali berkata,

    Rera, maaf ya sy ingin membantu anda utk mencangkok jambu air. Pilih dahan yg baik lalu dikupas kulitnya banjang kira2 5 cm, kemudian kambiumnya dibesihkan agar tdk menyatu kembali kulitnya. Kemudian biarkan barang 3 hr supaya sayatan tsb kering. Selanjutnya ambil tanah liat yg subur lalu tempelkan dan bungkus dgn plastik tembus pandang. Pada umur 25 hr setelah dibalut amati perkembangannya.Bila tanah menjadi keras alias kehabisan air,maka suntikkan air kedalam plastik sbg penyiraman. Dan pada hari ke 30 biasanya sdh kelihatan akar, dan potong pada umur 1,5 bulan. Slamat mencoba mudah2an sukses.

  29. 33

    jabon berkata,

    apakah ada perbandingan dengan rasanya , tanaman yang mengunakan tabulampot dengan tanam yang mengunakan cara biasa?

  30. 34

    Sriyatno berkata,

    yo wis engko tak cobo neng lahan mburi omahku

  31. 35

    Adi wahyono berkata,

    Wah, segar sekali ya kayaknya kalau sudah berbuah nantinya. Aku kebetulan sangat suka jambu air.

  32. 36

    Andre berkata,

    Saya salah satu penggemar jambu air tapi saat ini sangat sulit mencari bibit cangkokan jambu air. Apakah jenis jambu air Cingcalo Hijau adalah jambu air yang warna hijau dari kecil sampai besar dan manis rasanya? Kalau iya, dimana bisa dapat bibitnya dan bagaimana cara perawatannya? thanks

  33. 37

    niko berkata,

    bisa mas andre..saya punya bibit nya.macam2 jenis nya?ada jug ayng udah berbuah hub saya niko_pratama10@yahoo.co.id 085735825680

  34. 38

    Dharma Susanto berkata,

    jambu air bangkok saya sdh di
    bungkus saya berharap buahny
    a tdk pecah seperti aslinya ok

  35. 39

    Dharma Susanto berkata,

    jambu air bangkok saya sdh di
    bungkus saya berharap buahny
    a tdk pecah seperti aslinya yg
    foodhall

  36. 40

    pulzzahut media berkata,

    kalo jambu bol itu cara cangkoknya gimana?

  37. 41

    hendro berkata,

    jawapan atas pertanyaan kurang memuaskan trm….

  38. 42

    widyo berkata,

    menarik dan saya juga tanam buah jambu kristal(jambu sedkit biji dari Taiwan), sudah berbuah dalam pot, tiap hari kalau ingat saya siram air cucian beras.
    barangkali ada pembaca yang berminta bibit jambu kristal dalam polybag hasil dari cangkokan dapat menghubungi saya di telp 0341-7335202.

  39. 44

    ceudiny berkata,

    Soal cangkok menyangkok ya…..waduh…yg jadi masalah nya saya sama sekali ga bisa manjat…yaa udah saya coba cangkok di ranting kecil nya itu pun naik tembok pake kursi….jingke pula…. Jambu air cingcalo ijo yang sy cangkok…..setelah satu bulan…eh akarnya udah pada kliatan…..amiiin ternyata sesuatu yaaa…..bisa juja di cangkok ranting nya….

  40. 45

    Fery bohay berkata,

    Aku punya bol jamaica ditanah dah brbuah 2 kali tapi walau smpai wrn hitam koq kurang manis kenapa yach tolong dong solusinya tmen2 kalau ada yg tahu

  41. 46

    properti99 berkata,

    Pak saya dirumah punya tanaman sawo yang ditanam ditabulampot.Pohon sawo saya sudah berbuah dan buahnya lebat.Tapi sebelum matang, buah sudah rontok.Penyebabnya apa ya Pak? Bagaimana cara mengatasinya? Pupuk alami apa yang cocok untuk tanaman buah sawo agar tumbuh sehat dan berbuah lebat serta rasa buahnya manis? Terima kasih Salam kenal dari http://www.properti99.com Situs Jual Beli Sewa Properti

  42. 47

    Kandar hanafi berkata,

    Saya mau jambu airnya


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: