Lemon ”Cui”, Manfaat dan Kepopulerannya

MESKI berukuran kecil, buah ini memiliki manfaat yang tidak ”mungil”. Industri farmasi, kosmetik, sampai rumah tangga membutuhkannya. Sayang, ia sangat jarang menampakkan diri di pasaran. Pada umumnya, lemon-lemon — seperti sitrun, rough lemon, lemon hitam atau lemon madura — memang berukuran mini. Sementara bagi para aktivis dapur yang biasa mengolah sajian ikan, lemon cui bukanlah barang asing. Pasalnya, selain berfungsi mengusir bau amis, jeruk mungil ini juga bisa memberi aroma penggugah selera makan.

Seperti jeruk pada umumnya, lemon cui kaya akan vitamin C dan kalsium. Istimewanya, pohon lemon ini begitu produktif dan mampu berbuah sepanjang musim. Ia berbentuk bulat kecil, seukuran jeruk nipis dengan cita rasa sangat asam. Ketika masih muda berwarna hijau gelap. Setelah tua, kulit buah jadi lebih halus dan lunak menyerupai jeruk siam medan berukuran mini, sedangkan warnanya menjelma jadi kekuning-kuningan. Daging buah berair banyak dengan keharuman cukup tajam dan tahan lama. Karena aromanya itulah, orang Madura kerap mengolah lemon cui jadi pengharum ruangan tradisional.

Perasan jeruk kecil ini juga bisa dimanfaatkan untuk campuran air ketika mencuci rambut. Hasilnya? Rambut lebih licin berkilat dan tidak kusam. Selebihnya, seperti jeruk nipis, bila perasannya dicampur sesendok kecap, mampu mengusir batuk dengan cepat.

Batang lemon cui bercabang dan beranting banyak. Jika dibiarkan tumbuh lepas, cabang dan rantingnya akan menjulang tidak beraturan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemangkasan. Batangnya yang berwarna gelap sama sekali tidak berduri, sedangkan daunnya yang cenderung menghadap ke atas berukuran 2-3 cm dan lebar 1-2 cm. Warna hijau tua dengan bentuk membulat.

Selain berguna untuk pengolahan sajian yang terbuat dari ikan, lemon cui juga bisa diolah jadi minuman jeruk segar atau lemon tea. Ia sangat pas untuk mengusir rasa dahaga sekaligus penyegar tubuh yang kelelahan.

Kalau begitu, mengapa kita tak mencoba menanamnya sendiri? Tumbuhan ini sangat manis dijadikan tabulampot (tanaman buah dalam pot). Ketika berbuah lebat, penampilannya benar-benar tidak mengecewakan.

Persiapan tanam

Bibit lemon cui dapat diperoleh dari penangkar bibit buah-buahan. Bibit tersebut bisa berasal dari perbanyakan vegetatif, entah okulasi, cangkokan, maupun sambungan. Ukuran pot harus disesuaikan dengan besar kecilnya tanaman.

Media tanam yang digunakan adalah tanah kebun yang subur. Bisa juga campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang (1:1:1). Sebelum menanam bibit, tutuplah lubang dasar pot dengan pecahan genteng, lantas lapisi atasnya dengan kerikil dan pasir secukupnya. Kemudian masukan media tanam tadi dengan volume sepertiga saja.

Kemudian, pangkaslah sebagian akar bibit lemon cui. Jangan sampai ada akar tunggang yang terlalu panjang. Letakkan bibit di tengah-tengah pot, kemudian isi media tanam lagi. Siramlah dengan sedikit air agar tanah memadat.

Tabulampot lemon cui membutuhkan sinar matahari. Kebutuhan penyinarannya setiap hari sekira lima jam. Oleh karena itu, letakkan tabulampot pada posisi yang tidak terlalu teduh lalu lakukan penyiraman secara teratur.

Jika tabulampot lemon cui sudah berumur 3-4 tahun, sebaiknya lakukan repotting. Caranya, pangkas lebih dulu cabang tanaman sebanyak sepertiganya. Biarkan tanah mengering selama 2-3 hari, tanpa melakukan penyiraman. Angkat tanaman dan buang sebagian tanahnya. Jangan lupa, siapkan pot baru yang ukurannya lebih besar dan — tentu saja — media tanam baru. Isi pot dengan tanah pengganti, lalu tanamkan lemon cui sekali lagi.

Agar tumbuhan mungil ini mampu berbuah produktif, lakukan pemupukan setiap empat bulan sekali. Pada umur empat bulan pertama, taburkan NPK sebanyak 25 gram per tanaman. Lantas, sesuai dengan bertambahnya umur tanaman, dosis pupuknya bertambah jadi 50 gram, 100 gram, 400 gram, dan seterusnya.

Selain pemupukan, lakukan pula pemangkasan. Di samping untuk meningkatkan produktivitas buah, pemangkasan juga dimaksudkan untuk mempercantik penampilan. Idealnya, proporsi perbatangan tabulampot lemon cui adalah 1, 3, dan 9 yang akan menghasilkan 27 cabang atau ranting tersier. Artinya, satu batang pokok setinggi 50-100 cm hanya memiliki tiga cabang primer yang posisinya berimbang (panjang cabang primer 30-50 cm) dan sembilan cabang sekunder. Dengan demikian, cabang atau ranting lainnya dibuang saja. Pembuahan akan terjadi pada ranting-ranting tersier.

Hama ulat

Lemon cui jarang terkena penyakit dan nyaris bebas hama. Kalaupun ada, satu-satunya pengganggu hanyalah ulat papilio. Binatang lunak ini menyerang daun muda dan tunas yang sudah berdaun. Sangat menjengkelkan jika dibiarkan begitu saja, tingkat serangan si ulat bisa menghebat dan hanya menyisakan kerangka tulang daun. Akibatnya, tanaman jadi gundul total dan akhirnya mati.

Ketika masih muda, ulat ini berwarna cokelat. Ia berubah wujud jadi hijau bergaris putih, saat dewasa dengan panjang 50-60 mm. Untuk pengendaliannya, penanam perlu mengamati kondisi tabulampot ini secara teratur. Jika menemukan 1-2 ulat papilio, bisa langsung dihabisi. Namun, kalau jumlahnya banyak dan serangan tergolong akut, bisa dibasmi dengan insektisida. Akan tetapi, sebaiknya tetap waspada saat melakukan penyemprotan, jangan sampai terkena buahnya.

Orang bilang, kepopuleran buah imut ini tengah menanjak, lantaran mulai menyaingi jeruk nipis. Para peneliti juga mulai memikirkan pengembangan lemon cui tanpa biji. Tak heran, berbagai kelebihannya memang bisa menggugah selera pasar buah sekaligus menjadikannya sebagai komoditas unggulan. Terlebih, iklim Indonesia cukup sesuai untuknya. Jadi, tunggu apa lagi? (rk. utami).

Sumber : Pikiran Rakyat

About these ads

17 Tanggapan so far »

  1. 1

    niyoga said,

    bagusssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss…………………………………

  2. 2

    Bunda said,

    Dapet bibitnya dari mana, ya??

  3. 3

    Makasih Bunda atas atensinya,…

    Lemon cui itu yg biasa dipakai abang sate madura. Buahnya kecil berwarna biru tua, wanginya agak berbeda dengan jeruk nipis. Kalau dikampung Saya dinamakan jeruk keris, karena kalau suroan dipake buat nyuci keris.
    Satu lagi cirinya, buahnya tegak keatas (tangkainya di bawah) berbeda dengan jeruk pada umumnya.

    Coba ke nurseri dekat rumah ibu, atau di abang2 yg jualan tanaman keliling juga bisa pesan. Satu alternatif lagi kunjungi Trubus

  4. 4

    harri said,

    wah pas sekali…
    dirumah ada tanamannya tp g tau dari mana bibitnya..sekarang lagi berbuah.
    cara untuk merawatnya gimana..??
    apakah ranting yg tidak berbuah bisa dibuang…??ato kl ranting belum mencapai 27 g perlu di pangkas..?

    kirim ke email ya…

    makasih

  5. 5

    Bathara guru said,

    Kayaknya perlu dikirim gambarnya mas….. Tapi sedikit saya sudah bisa bayangkan. Kalo di Sulawesi, khususnya Sulsel, jeruk ini amat populer untuk pelengkap sambal ikan bakar.

  6. 6

    Fransiska said,

    Aku pernah punya lemon cui, beli dari pameran di lapangan banteng..
    aku biasanya klo makan soto ayam pake perasan jeruk dari lemon cui lebih enak aj. Nah… niatnya nanam lemon cui buat bs nikmati buahnya…. yg tjd adalah tanaman ku terserang jamur / ulat ky putih2 gt di ketiak daun dkt tangkai… trus muncul ulat… (ihhhhhh…) krn pohon ku cm satu, ga mgkn donk beli insektisida.. nah lalu aku semprotin baygon aj, Hasil nya : Ulatnya mati.. tapi… beberapa waktu kemudian tanamanku juga mati hiks…. hiks…. sedih…

  7. 7

    Resti said,

    Tanaman Lemon cui ku sekarang daunnya rontok bahkan buah nya yang masih imut2 jadi kuning dan ikutan rontok padahal tanahnya gembur… tanaman ku kenapa ya?

  8. 8

    […] Lemon ”Cui”, Manfaat dan Kepopulerannya […]

  9. 9

    Hendri Khin said,

    kendala bagi petani lemon cui adalahpada musin panen harga jatuh sekali di Kalbar pada musim panen harga jual petani hanya Rp. 500 per kg

  10. 10

    Hendri Khin said,

    untuk daerah jawa barat sentral lemon cui ada di daerah jonggol, dan Tangerang

  11. 11

    rara Chyi said,

    Saya punya jg lemon cui 3 pot, 2 pot sdg berbuah dan yg satunya pasca buah. yg satu ini sudah mulai kering, daun tinggal dikit, tetapi berumur kira2 3 tahun. Ada yg bisa kasih saran ga ya.. mau diapain lemon cui yg satu ini agar kembali segar dan berbuah.. thanks

  12. 12

    endro said,

    lemon cui tuh kayak apa dah??

  13. 14

    untuk makassar dimana ya yg menjual bibitnya….?

  14. 15

    Katrin said,

    Apakah saya bisa mendapat info mengenai petani lemon cui di Jonngol dan Tanggerang, tepatnya di mana?
    Selain di Jonggol dan Tanggerang , dimana lagi bisa mendapatkan petani lemon cui ?

  15. 16

    properti99 said,

    Lemon cui seperti apa ya Pak? Apa tidak ada fotonya Pak? Tolong di posting fotonya.Terima kasih

  16. 17

    Grosir detergent sabun cair,sabun cair cuci piring curah, grosir sabun detergent,sabun cuci curah, grosir sabun cuci, Grosir sabun cuci tangan wangi jeruk , untuk hotel , restoran, rumah makan, kantor, dll..

    minat???

    ferdi 085649842128

    =========================================================

    Pot Bunga Murah Mewah , Pot Bunga Minimalis , Pot Bunga Minimalis di Surabaya , Grosir Pot Bunga, agen Pot Bunga Minimalis di Surabaya, ferdy 085649842128

    ========================================================

    Interior Design Malang dan Surabaya, bagi Profesional di Malang dan Surabaya. Memenuhi kebutuhan desain interior untuk Rumah Baru, Renovasi Rumah, Pembuatan Toko, Kantor, Apartment, Design furniture Rumah, Apartemen dan Kantor. Kontraktor Furniture Kayu dengan Kualitas Tinggi. Pilihan tepat solusi desain interior rumah anda ,Ferdy 085649842128 , BBM 29EB43B8
    Desain Interior Di Kota Malang dan Surabaya

    INTERIOR DESIGN MALANG SURABAYA

    Tempat layanan interior design bagi Profesional Malang dan Surabaya.

    Memenuhi kebutuhan desain interior untuk Rumah Baru, Renovasi Rumah, Pembuatan Toko, Kantor, Apartment, Design furniture Rumah, Apartemen dan Kantor.

    Kontraktor Furniture Kayu dengan Kualitas Tinggi.

    Interior design bagi Profesional. Pilihan tepat solusi desain interior rumah anda ,Ferdy 085649842128 , BBM 29EB43B8

    Label: Desain Interior, Desain Interior Butik, Desain Interior Malang dan Surabaya, Interior design, Interior Design Malang dan Surabaya
    Lokasi: Malang, Surabaya ,Indonesia

    Interior Malang dan Surabaya, Desain Interior dan pengerjaan Kitchen Set

    INTERIOR DESIGN

    DESAIN INTERIOR

    Desain Interior (1)
    Desain Interior Butik (1)
    Desain Interior Malang dan Surabaya (1)
    Interior design (1)
    Interior Design Malang dan Surabaya (1)

    arie ferdiansyah
    Interior Design Malang dan Surabaya , bagi Profesional di Malang dan Surabaya. Memenuhi kebutuhan desain interior untuk Rumah Baru, Renovasi Rumah, Pembuatan Toko, Kantor, Apartment, Design furniture Rumah, Apartemen dan Kantor. Kontraktor Furniture Kayu dengan Kualitas Tinggi. Pilihan tepat solusi desain interior rumah anda ,Ferdy 085649842128 , BBM 29EB43B8

    DESAIN INTERIOR , JASA GAMBAR INTERIOR, TUKANG GAMBAR INTERIOR, JASA GAMBAR RUMAH, JASA DESAIN RUMAH

    =========================================================

    Jasa Perencanaan dan Pengawasan pembangunan Perumahan, Rumah Pribadi dan bangunan Mall, Villa, Hotel dan lain sebagainya,

    jasa Desain rumah,gambar kerja bangunan, RAB serta gambar IMB,

    desain arsitek, desain rumah,desain rumah, malang, desain arsitek, klasik, minimalis, modern, perumahan, desain klasik, desain tropis, arsitek malang,arsitek surabaya arsitek rumah, bangunan rumah, jasa bangun rumah, jasa desain rumah, renovasi rumah, desain interior, desain interior kantor, desain interior rumah, desain interior minimalis,

    desain rumah minimalis.

    Ferdi 085649842128

    =======================================================

    lowongan drafter minimal smk , bisa autocad, kontak ferdy 085649842128

    kirim lamaran dan porto folio ke email : arie.ferdiansyah@gmail.com


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: