Kebun Wisata Pasir Mukti

Artikel ini dimuat bukan karena ada kata “Mukti” nya loh…he..he..he.. !
Selamat membaca…

Kebun Agro Wisata Pasir Mukti Jl Raya Tajur Pasirmukti km.4 Citeureup, Bogor ini mantap memakai EM4 yang ramah lingkungan. Kepala Devisi Agro, Ir Cecep M. Ramdan, menyebutkan Kebun Wisata Pasir Mukti seluas 50 hektar ini sangat menghindari penggunaan pupuk kimia. ”Karena itu EM4 sangat efektif dipergunakan di perkebunan ini terutama bokashi cair,” katanya.

Dalam sebuah pameran dan bazaar pertanian di lokasi Kebun Wisata Pasir Mukti, tim PT Songgolangit Persada mensosialisasikan pembuatan kompos dari bahan limbah pertanian. Sosialisasi membuat bokashi baik padat maupun cair ini mendapat sambutan antusias dari pengunjung bazaar dan pejabat Kebon Agro Wisata Pasir Mukti.

Menurut Cecep, Kebun Wisata Pasir Mukti yang memiliki maskot buah Lemon Cui sangat bagus dengan menggunakan EM4. ”Dengan EM4, mendapat hasil yang maksimal, buahnya menjadi lebat pengaruh aplikasi pupuk bokashi cair yang secara rutin diberikan,” katanya.

Lanjut Cecep, Jeruk Lemon Cui atau Jeruk Kasturi, Jeruk kunci jika di Bangka atau Jeruk Kalamanji di Filipina, menjadi produk unggulan. Karena Jeruk Lemon Cui ini sudah mulai diminati di Indonesia khususnya Indonesia bagian timur di antaranya untuk membuat sambal, juss dan minuman segar lainnya.
”Sedang di Pasir Mukti ini, Jeruk Lemon Cui ini dijadikan sirup. Dan, sisa perasannya masih bisa dipergunakan untuk seley. Selain dikonsumsi sendiri, hasil Jeruk Lemong Cui dijual ke restoran Menado yang mulai menjamur di Jakarta. Dalam satu bulan, dengan luas 6 hektar yang ditanami pohon Lemon Cui ini baru mencapai 1 hingga 2 ton perbulan,”katanya.

Alasan Pasir Mukti menghindari pemakaian pupuk kimiawi untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kebun wisata Pasir Mukti memang kebun wisata agro yang ramah lingkungan dengan panorama hamparan sawah di antara kebun buah dan kolam ikan. Terletak di antara desa Tajur, Pasir Mukti dan Gunung Sari Kecamatan Citeureup, Bogor. Melalui wisata agro yang mendidik dan menghibur, Pasir Mukti menawarkan pengenalan dan pengetahuan pertanian bagi pengunjung khususnya generasi muda. Di atas tanah seluas 50 hektar ini terdapat tanaman anggrek dan tanaman hias, kebun buah dengan aneka buah tropis dan eksotis, kebun tanaman buah dalam pot (tabulampot), kebun pembibitan, kolam-kolam pemancingan yang asri dan apotek hidup. Areal persawahan dan palawija, arena kolam lumpur dan arena bermain, lokasi outbound, arena kemping dan lain-lain.

• Agus Salam-Koran Pak Oles, edisi 112/September

20 Tanggapan so far »

  1. 1

    NADINE said,

    Saya suka karena saya sudah pernah kesana 2 x

  2. 2

    Yuni said,

    Boleh gak saya dapet informasi yang lebih lengkap tentang taman wisata ini
    (alamat lengkap & no telp)

  3. 3

    achmad di lampung said,

    Saya pernah baca masalah pembuatan pupuk bokasi baik cair atau padat di daerah bogor kira kira ada yg mengetahui alamatnya, mohon bantuan bapak\ibu. Terima kasih dari

  4. 4

    eka restu pratiwi said,

    saya masih pelajar klas 2 smu,tapi saya sangat menggemari tentang tanaman terlebih pada tanaman buah.apa saya boleh bergabung untuk mempelajari tentang perkebunan buah dsn?
    jika boleh tolong balas k email saya atau hub saya di no 085723016977………..
    sata sekolah di sman 1 cibadak………………
    terimakasih………..

  5. 5

    bayu said,

    saya guru di sd tahta syajar.ingin lihla/belajar sambil rekreasi.
    sepertinya tempat kebun wisata pasirmukti ini tepat.saya ingin mengetahui berapa biaya yang akan saya keluarkan jika rombongan?
    dan fasilitas apa saja yang saya akan dapatkan?oya saya perlu nomer tlp pasirmukti?

  6. 6

    juvy saputra said,

    nah betol apa kata kk mukti, kebun wisata pasir mukti emang indah dan segar tempatnya, kita d sana selain bisa melihat persawahan dan perkebunan bisa juga meliaht sungai dan hamparan ghunung yg panjang, namanya gunung karang, dan dunag cileungsi kabug, pokonya coba deh kesana pasti pengen lagi….

    klo akw gratis , orang pribumi ko ^^

  7. 7

    juvy saputra said,

    ni buat kk bayu pesenan nya……disini ada ada harganya….

    http://www.eljohn.net/templete/index.php?wil=3&id=000000000017454

  8. 8

    halo…haloo..
    kumaha kabarna KWP…..?aman?? hehehe….
    yah smoga makin majulah…….and lebih toleran..ok!

    salam…to yayang, hakim, firman …..and crew kitchen semua…

  9. 9

    Agus Darmawan said,

    yth: pengelola wisata pasir mukti.

    untuk menuju lokasi, apakah dapat di tempuh melalui jalur alternatif trans yogi (cibubur-cilengsi) ? mohon informasi rute yang jelas, terima kasih

  10. 10

    Radja Simatoepang said,

    Yth. Pengelola Kebun Wisata Pasir Mukti,
    saya dari TV Nusantara ingin sekali untuk meliput kegiatan yang ada di kebun wisata pasir mukti. Mohon kiranya kami dapat diberikan Contact person yang bisa kami hubungi untuk peliputan.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,
    Radja Simatoepang

  11. 11

    zumar said,

    salam kenal untuk :
    mas “Mukti Prayitno”
    kami sangat tertarik dengan tanaman dalam pot, sebagian besar di depan rumah ditanami bunga. kalo mas Mukti tertarik pada tanaman buah-buahan saya sangat cocok. Untuk berhasil baik menggunakan EM4 cair, saya dapat memperoleh dimana? dan bagaimana penggunaanya. Trimakasih.

  12. 12

    ecotourism group said,

    bagaimana akomodasi menuju ke sana?

  13. 13

    Nadya di semarang said,

    kepada yth:

    pengelola pasir mukti,saya ingin kesana tetapi dengan orang tua boleh tidak
    atau tolong telp saya di 02491351718 ya……..

  14. 14

    kelly saputro said,

    dear mr.Ramdan
    saya Kelly Saputro produser di TVRI
    saya tertarik dengan tanaman jeruk lemon cui dan penggunaan EM4, apakah saya dapat mengetahui lebih jauh, Jika Bapak berkenan, saya berharap dapat meliput tentang lemon cui dan penggunaan EM4 dalam program saya.
    Atas perhatian dari Bapak saya ucapkan trima kasih.
    wassalam Kelly Saputro

  15. 15

    kelly saputro said,

    dear mr.Ramdan
    saya Kelly Saputro produser di TVRI
    saya tertarik dengan tanaman jeruk lemon cui dan penggunaan EM4, apakah saya dapat mengetahui lebih jauh, Jika Bapak berkenan, saya berharap dapat meliput tentang lemon cui dan penggunaan EM4 dalam program saya.
    Atas perhatian dari Bapak saya ucapkan trima kasih.
    wassalam Kelly Saputro
    Hp.08159183937

  16. 16

    Arif said,

    katanya ada buah kok ngak Ada? ngarang ya?

  17. 17

    nadia said,

    asyik,asyik tanggal 20 april ke pasir mukti bawa hp,baju,mp4,dlll

  18. 18

    Amy azzahra julwanda said,

    tolong kepada pihak prusahaan/pimpanan KWP agar gaji karyawan nya di tingkatkan.sbb gaji pegawai kebun hanya Rp 14000 perhari tlg di pikirkan kesejahteraan nya ini hasil lonfirmasi dgn beberapa pegawai yg ada di KWP trima kasih

  19. 19

    Amy azzahra julwanda said,

    tolong kepada pihak prusahaan/pimpanan KWP agar gaji karyawan nya di tingkatkan.sbb gaji pegawai kebun hanya Rp 14000 perhari tlg di pikirkan kesejahteraan nya ini hasil Konfirmasi dari beberapa pegawai yg ada di KWP trima kasih

  20. 20

    abdul salam said,

    boleh beli EM 4 ga?

    kalo boleh tolong kasih info ya ke

    081399045383

    makasih


Comment RSS · TrackBack URI

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

