Mencangkok Instan (with Animasi)

Zaman serba praktis dan cepat, ini ada tip dan trik cara cepat mencangkok. Hasil dijamin lebih cepat dan lebih mudah terutama jika mencangkok di dahan yg tinggi.

Tehniknya hampir sama dengan cara mencangkok yang biasa, bedanya adalah media tanah sudah lebih dulu dimasukkan ke dalam kantong plastik. Media tadi dimasukkan ke dalam kantong plastik ukuran ¼ kg untuk diameter batang
yang kecil dan ½ kg untuk diameter batang yang lebih besar (ukuran kantong plastik disesuiakan dengan diameter batang yang akan dicangkok).

Pengisian media ke dalam lembaran plastik :
Isikan media dan padatkan sampai ¾ plastik, kemudian tarik ujung kantong plastik dan ditalikan. Dari 2 kg media akan dihasilkan 15-20 media dalam kantong plastik. Media dalam kantong plastik tersebut tahan sampai dengan 1 bulan.

Cara penggunaan media tersebut tinggal menyobek/mengiris memanjang satu sisi kantong plastik dan sisi sobekan tadi dimasukkan dari bagian bawah luka bila posisi batang melintang atau datar, pada posisi batang tegak memasukkan bebas, kemudian diselubungkan secara merata ke keratan batang tanaman. Lakukan pengikatan, agar media pada posisi yang benar (letak sobekan menghadap ke
atas (bila posisi batang mendatar) dan media rata menyelubungi/menutup keratan/luka di batang tanaman).

Dengan tehnik ini diperoleh keuntungan:
1. Pencangkokan lebih cepat dan ringkas.
2. Jumlah tanaman yang kita cangkok bisa lebih banyak per satuan waktu.
3. Kita punya persediaan media dalam kantong plastik yang mudah dibawa kemana-mana dan mudah dipakai sewaktu-waktu.

Cangkok Instan

Cat :
Tambahkan hormon pertumbuhan atau vitamin, contoh Liquinox Start Vitamin B-1 yang banyak dijual di toko pertanian dengan dosis 2 cc untuk 1 liter air.Atau mudahnya 1 sendok makan = 1 tutup kemasan = 10 cc = 10 ml. Kalau kesulitan mencari hormon tumbuh dapat menggunakan pupuk Urea yang dicairkan dengan kadar 1 % atau 1 gr/1 lt air.

Contoh penggunaan media: 2 kg serbuk kelapa kering dicampur dengan 1liter air yang sudah dicampur dengan 1-3 tetes hormon pertumbuhan, kemudian diratakan hingga diperoleh campuran yang basah.

Mari Berkebun…!

CU…!

Mukti P.

About these ads

45 Tanggapan so far »

  1. 1

    SaL'z said,

    Keren de… Apalagi cara mencangkok yg instan gThu.. sLamaT ya…

  2. 2

    hasan said,

    cara mencangkok yang benar bagaimana
    dan kotoran hewan apa yang bagus buat pupuk kandang
    tolong bantuannya
    hasan2ary@yahoo.com

  3. 3

    wahyu said,

    mencangkok adalah salah satu cara cepat tuk tumbuhkan kehijauan

  4. 4

    cecep said,

    saya mau bertanya yg di maksud media itu apa pak?

  5. 5

    Kartolegowo said,

    saya blm pernah beli perangsang akar, apa memang kandungannya cuma nitrogen aja pak? yang biasa digunakan untuk merangsang perakaran biasanya digunakan P2O5 yang terkandung di TSP. nah, bagusan mana kira2 pak kalo pake urea ma TSP?

  6. 6

    ivan said,

    Bagaimana cara pengerukan , apakah getah -getah di kikis hingga bersih?

  7. 7

    Tuti JR said,

    BAGUS BANGET TAMPILANNYA, SAYANG GUE KAGAK BISA MEMBUATNYA… LONTONGIN… EH TOLONGIN DONG STEP-STEP CARA MEMBUAT ANIMASINYA…. THANKS

  8. 8

    shahnaz said,

    he jangan gila donk

  9. 9

    alika said,

    gemana sih cara mencangkok dengan baik?

  10. 10

    redes said,

    bagaimana sih pak cara ngentod yang enak?

  11. 11

    fabiand said,

    @rades
    otak dipake buat maju plss.
    jgn maju mundur ataw jalan ditempat

    @topic starter
    thx u “mencangkoknya”.
    gmana klo pohon asem? tekhniknya sama ya?
    klo asem yg baru berumur 1-2 tahun boleh ga dicangkok. batang dah berwarna coklat dan kuat, tapi masih kecil (diameter ga sampe 1 cm)

  12. 12

    HERFIN said,

    salut buat teknik cangkok cepat, kalo boleh sy mau menambahkan, waktu pertama kali mencoba teknik tersebut diatas saya mengalami sedikit kesulitan dalam pengikatan media cangkok pd batang cangkokkan. namun akhirnya ada sedikit teknik yang dapat mengatasi kesulitan tersebut. saat pengisian media cangkok saya akali dgn terlebih dhl mengikat ujung plastik mejadi simpul, kemudian sy isi dgn media cangkok lalu saya buat simpul lagi di ujung palstik satunya. dgn demikian kedua ujung plastik ada simpul ikatan, hal ini mempermudah dalam penempelan / pengikatan plastik pada batang canggkokkan. karena yang kita ikat kedua simpul ikatan plastik tadi (dan tentunya bekas belahan media yg ditengah) maka media cangkok akan kuat menempel pd batang. sy telah melakukannya berulang kali dan alhamdulillah banyak prosentase keberhasilannya. bravo cangkokan cepat

  13. 13

    uki said,

    Mau nanya..!!!! kemaren dapet tugas dari guru Biologi …. gini pertanyaan nya:

    1. kenapa kalo nyangkok taneman kambium nya harus di bersihin???? (jawaban nya harus ilmiah)

    2. kenapa batang yang di kupas kulitnya untuk di cangkok, daun di pucuk nya masih tetep numbuh dengan subur (gak layu)????

    di tunggu jawaban nya loh……

    • 14

      just me said,

      1. Kambium pada tanaman bersifat memperbaiki jaringan kulit tumbuhan yang rusak. Ketika dilakukan proses pencangkokan, kambium harus dihilangkan untuk mencegah terbentuknya lapisan kulit. Jika lapisan kulit terbentuk, hal ini akan menggagalkan proses pencangkokan itu sendiri karena pembentukan akar tidak terjadi.
      2. Daun yang ada di pucuk batang tumbuhan yang dicangkok masih tetap subur karena proses pencangkokan tidak memutus xylem yang berfungsi sebagai jalur pengantar air dan nutrisi dari akar menuju daun.

  14. 15

    dea said,

    ad tgas dr guru bio nii

    1. mengapa pada saat mencangkok
    a. lendir harus dibuang
    b. tak boleh mengenai lapisan kayu
    c. harus ada media tanam
    d. akar tumbuh pada bagian atas

    cepet dibalez !!

    PENTING .

  15. 16

    amel said,

    bsa menampilkan data perubahaan apa yg trjadi pd hr pertama & strusnya..
    tolong dijawab sekarang juga.

  16. 17

    inezza putri said,

    maz tolong cat na diperbanyak biar para pelajr yang mencari tentang pencangkokan lebih mudah dan cepat

  17. 18

    benkz said,

    bagus juga tuh teknik mencangkok cara praktis. tapi bisa juga gak buat mencangkok jantung?????????he..he

  18. 19

    Hasan said,

    Tanks untuk ide kreatifnya. Plastiknya perlu dilubangin gak?

  19. 20

    must udyn said,

    matur suwun
    siap di coba

  20. 21

    Ella said,

    Thanks buat ideanya!
    Ntar ujian praktekku ga canggung lagi nyangkoknya!

  21. 23

    madhan said,

    mencangkok adalah salah satu cara cepat untuk mendapatkan hasil tanaman tsb

  22. 24

    Gerald deva said,

    terus bagai mana kita bisa melestarikan cara cangkok ini karena cara yang sederhana ini , bahkan di kali mantan sudah tidak ada cara mencangkok lagi mereka hanya membeli bibit terus mereka tanam

  23. 25

    Gerald deva said,

    gimana dong ini

  24. 26

    Arif rahman said,

    Trims pakde infonya,klo penutup medianya diganti dengan sabut kelapa apa kelebihan dan kekurangannya dibanding dengan pembungkus media pake plastik?
    Ayo selamatkan dunia dgn menanam pohon yo….

  25. 27

    paidi said,

    emang bagus sh caranya,tapi sayang banget tidak dicantumkan apa komposisi yg di dalam plastik dan juga waktu dalam pencangkoan

  26. 28

    jabon said,

    Cara mencangkok yang efektif. luar biasa..!!

  27. 29

    1c@ said,

    k@p@n k@lo adsa ?de kreatif yang lain nanti aku akan oba kok. untuk idenya trimakasih.

  28. 30

    disa said,

    oh ya. sekali lagi makasih karena idenya aku bisa lebih mudah mengerjakannya. dan lebih cepat mengerjakannya dari pada temen-temenku. tank you fery muach.

  29. 31

    y09? said,

    pokoknya muuuannnnnnnnnttttttteeeeeeeeeeeeepppppppppp, deh.fery fery good.

  30. 32

    fitria said,

    mengapa tanaman bisa d cangkok baik to bunga maupun buah-buahan?

  31. 33

    cahsiji said,

    dengan mencangkok mempercepat dalam proses pembuahan….

  32. 34

    Jabon said,

    @cahsiji
    baru thau aku kalo dicangkok akan menambah cepat proses pembuahan.

  33. 35

    dwi said,

    kalau pohon jabon dicangkok bisa gak mas ya>

  34. 36

    leona said,

    Ternyata mencangkok itu banyak cara n mcm’a ea aquu uda tw 6 cara mencangkok efektif n instant thx wadh info’a

  35. 37

    wahh bagusnya pohon cangkok
    apakah pohon kelapa bisa di cangkok …?

  36. 38

    berazifrisa said,

    Terimakasih, saya sangt senang dengan ini …

  37. 39

    nirma said,

    kenapa ya kalo mencangkok itu kambiumnya harus dibersihin?
    tmakasih
    mohon dijawab ya :)

  38. 40

    carpet said,

    oh jadi seperti itu yah ?

  39. 41

    [...] Mencangkok Instan (with Animasi) [...]

  40. 42

    Myn said,

    THIS is SANGAT MEMBANTU

  41. 44

    rvenairf said,

    Thanks buat infonya yaa :)
    rvenairf.student.ipb.ac.id

  42. 45

    I don’t even know how I ended up here, but I thought this post
    was good. I don’t know who you are bbut definitely you are going to a
    famous blogger if you are not already ;) Cheers!


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: