Membuat Halaman Menjadi Taman

Republika Online, Minggu, 03 September 2006

Pernahkah Anda membayangkan kalau suatu saat kelak halaman atau pekarangan rumah Anda bakal bisa menjadi taman buah atau taman bunga yang indah nan cantik? Ya, hal itu dapat terujud, tergantung kemauan dan keseriusan kita.

Menurut pengusaha tanaman buah dan bunga, siapa saja, yang rumahnya memiliki halaman, dapat membangun pekarangannya menjadi taman buah atau taman bunga. Sebab untuk mewujudkan itu tidaklah sulit, hanya perlu keuletan dan perawatan atas tanaman-tanaman tersebut.

”Waktu kita memang akan sedikit tersita untuk mengurusi tanaman itu, misalnya mengatur penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan sesekali mengawasi kemungkinan datangnya hama tanaman,” ujar Yanti Permana, pengusaha tanaman buah dan bunga di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Menurut wanita yang sudah sepuluh tahun berbisnis tanaman, saat ini banyak bibit buah atau bunga yang dijual di pasaran. Tanaman tersebut umumnya merupakan bibit unggul yang siap dikembangkan. ”Kita tinggal memilih bibit jenis buah atau bunga apa yang kita inginkan, semuanya tersedia,” ujarnya. Tanaman bibit buah dan bunga bisa ditanaman di halaman atau di pekarangan rumah dengan menggunakan pot. Untuk tanaman buah, biasanya menggunakan pot yang lebih besar, seperti drum, sementara untuk bunga, potnya lebih kecil.

Tanaman-tanaman ini semuanya cocok ditempatkan dimana saja, tapi sebaiknya diletakkan di titik yang mendapat sinar matahari. ”Ini agar pertumbuhannya lebih bagus,” paparnya.

Untuk jenis tanaman buah yang akan ditanam, dianjurkan agar disesuaikan dengan luas halaman atau pekarangan rumah. Jangan sampai pekarangannya kecil, lantas menanam bibit durian, misalnya. Ini tentu kurang cocok, sebab, pohon durian akan tumbuh agak tinggi dan perkembangannya melebar.

Yang lebih pas untuk ditaman di lahan yang lebih kecil, misalnya rambutan, jambu, sawo, atau mangga. Tanaman pot ini bisa berbuah meskipun pohonnya masih kecil dan pendek.

Untuk tanaman bunga, kita memilih pot yang sesuai dengan selera, tapi disarankan ukurannya tidak terlalu besar. Sebab terkadang pot yang besar akan mengganggu keindahan dari bunga itu sendiri. ”Disesuaikan dengan ukuran bunganyalah.” papar Yanti.

Lantas bagaimana tanaman itu agar cepat berbunga atau berbuah. Suwardi, petani tanaman di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, menjelaskan, sebenarnya tidak ada kiat khusus agar tanaman itu cepat berbunga atau berbuah. Perawatannya pun biasa saja, namun perlu meluangkan waktu untuk mengurusinya agar kelak mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk tanaman bunga, lanju Suwardi, kita perlu mencocokkan jenis bunga dengan media serta pupuknya. Misalnya, bunga mawar. Medinya adalah tanah yang dicampur dengan kotoran hewan yang sudah kering. ”Agar tanaman ini cepat berbunga kita perlu memberinya pupuk NPK,” ujarnya.

Harus dipangkas
Dalam perawatan bunga mawar, harus dipangkas dan dipotong batangnya. Setiap kali selesai berbunga, batangnya dipotong hinga pendek. Dengan begitu akan muncul lagi tunas yang bercabang. Begitu dipangkas, pupuk NPK ditabur kembali di sekeliling batang (jangan mengenai batang dan daun). Makin banyak cabangnya, akan makin banyak pula bunga yang muncul. ”Dengan cara ini bunga akan terus muncul,” papar Suwardi.

Tanaman bunga lainnya juga hampir sama, misalnya bunga bougenvil. Tetap dilakukan pemangkasan dan pemberian pupuk NPK. Disebutkan, pupuk NPK cocok untuk hampir semua jenis tanaman bunga, termasuk buah. Pupuk ini akan lebih cepat merangsang munculnya bunga dan buah pada tumbuhan. Untuk tanaman buah, juga perlu pemupukan yang rutin, misalnya setiap tiga bulan sekali. Sekarang, seiring dengan makin manjunya industri pertanian, jenis pupuk yang ada di pasaran pun semakin beragam. Ada pupuk khusus untuk daun yang merangsang munculnya putik, ada juga untuk akar dan batang. ”Intinya pupuk itu semua bagus, asalkan sesuai dengan anjuran pemakaiannya.”

Sama dengan bunga, tanaman buah juga harus dipangkas, agar tunas dan cabang baru muncul serta pertumbuhannya tidak terlalu tinggi. Kata Suwardi, diusahakan juga agar daunnya tidak terlalu rimbun, karena itu perlu dipangkas. Dan yang paling penting, jangan lupa melakukan penyiraman, paling tidak dua kali dalam sehari. ”Kalau hal ini rutin dijalankan, tanaman buah dan bunga akan mendapatkan hasil maksimal. Dan halaman rumah Anda bakal berubah menjadi taman bunga atau taman buah.”
(kho )

About these ads

38 Tanggapan so far »

  1. 1

    ikha said,

    Tolong ditambah artikel tentang pengembangbiakan bunga mawarnya donk (misalnya saja jenis-jenis mawar yg ada di Indonesia yg dapat ditanam dlm pot)….soalnya akhir-akhir ini, saya ingin sekali menanam mawar dalam pot dgn hasil yg memuaskan (berbunga banyak & sering). Terima Kasih.

  2. 2

    Kamis, 11 Januari 2007

    Dear Mba Ekha .. (Anda suka mawar jd menurut Sy Anda Wanita, maaf kalau salah)

    Terima kasih atas masukannya, mba…
    Hanya saja, weblog ini sampai sekarang masih Sy khususkan utk tanaman yg bisa dikonsumsi (baca buah…red) bukan hanya dilihat seperti usulan Anda.

    Dan, Sy jg maksudnkan weblog ini sebagai catatan buat Sy, jd sewaktu2 ada masalah dg TaBuLamPot Sy, Saya ada referensi utk mananggulanginya.

    Maaf, usulan Anda tidak bisa Saya penuhi. Sy tidak menguasai ilmu itu.

    Terima kasih loh..!

    Mari berkebun…!

    Salam

    Mukti Prayitno

  3. 3

    RINI said,

    Selama saya menanam mawar, bunganya selalu banyak meskipun tidak pernah saya beri npk. apakah yang menyebabkan mawar – mawar saya selalu berbunga setiap hari???

  4. 4

    Salam kenal mba Rini…

    Banyak faktor yg mempengaruhi menanam pohon, baik itu bunga maupun buah. Utk kasus mawar mba Rini yg berkembang setiap hari, mungkin (mungkin ? Saya ngga berani memastikan karena posting Anda singkat sekali) memang kondisi tanah yg mba pakai itu subur sekali. bagaimana komposisi tanah utk menanam ? apakah tanah yg diambil dr kebun saja atau mba campurkan dengan pupuk kandang.

    Atau malah mungkin Mba Rini ini tipe orang yg bertangan dingin ?

    Mari berkebun…

    Salam

    Mukti P.

  5. 5

    abu said,

    bagaimana cara penanaman bunga mawar yang diambil dari batangnya, supaya cepat tumbuh

  6. 6

    rika said,

    bagus juga dan emang harus

  7. 7

    epry said,

    bagus sekali blog Mas.. bermanfaat banget bagi saya, karena kebetulan saat ini saya ingin membuat taman bunga di depan rumah saya. saya menunggu tips2 anda selanjutnya. sejujurnya saya belum membaca blog anda secara keseluruhan…:) tp saya yakin banyak di antara kita yang membutuhkan tulisan seperti ini. klo boleh usul, gimana klo dimuat gambarnya (bunga/buah) biar lebih menarik…Suwun Yo Mas.

  8. 8

    pandu said,

    untuk tambulampot, agar sering berbuah apa ada pupuk khusus yang kita harus pergunakan?
    besarnya pot apa juga berpengaruh untuk jenis tanaman buah?

    mohon info ya kang
    terima kasih banget sebelumnya

  9. 9

    sintha said,

    bang,aku lagi sneng2nya nanem mawar.udah ada yang merambat di gerbang rumah sgala.tapi skarang kok daunnya ada yang berwarna kuning….kok bisa gitu??? trus musti di apain tuh??

  10. 10

    johnner pasaribu said,

    bisakah pupuk npk di pakai untuk tanaman hias jenis aglaonema? dan bagaimana menentukan dosis penggunaan nya dan berapa lama jangka pemupukan nya trimakasih atas perhatian nya

  11. 11

    Pikok H Suhendra, SP said,

    Saya hobby mengkoleksi tanaman buah langka yang dapat hidup dan berbuah di dalam pot. Tetapi saya tidak tahu mencari kemana sumber bibitnya. dapatkah membantu saya untuk memberikan alamat penjual buah langka dalam pot ? Kalau bisa yang berada di dekat daerah saya. Saya di Medan (Sumatera Utara).
    Terima kasih.

  12. 12

    ratna lowvision said,

    saya sudah 2 th menanam bunga mawar,tetapi tidak pernah berbunga bunga hanya dia punya daun/ranting yg banyak. bagaimana caranya supaya mawar banyak bunganya?

  13. 13

    azka sherine said,

    saya nanam bunga mawar kira2 1 bulan yang lalu…awalnya sih,bunganya bagus waktu masih di penjualnya….tapi anehnya waktu saya yang ngrawat bunganaya jadi aneh!yang seharusnya warnanya kuning segar malahan jadi agak kehijauan dan cepat layu,kelopaknya tidak indah dan sangat jarang.Memang sih…intensitas mataharinya terlalu sering,krn kebetulan rumah saya menghadp ke barat sehingga bunga tdk mdpt sinar matahari pagi.Ditambah lagi teras rumah saya sangat kecil yg nebabin bunga tll sering kepanasan,apakah itu mempengaruhi untuk pertumbuhan bunga mawar?dan bagaimana seharusnya tempat yg baik untuk mawar?jawab ya……thnks

  14. 14

    Agung said,

    Saya sedang mencari melati gambir/jasmin.
    Kalau ada yang punya kenalan mohon saya minta infonya.
    Dulu saya pernah punya tetapi mati karena akarnya busuk terendam air

    Agung

  15. 15

    tari said,

    saya sngt senang mawar,hampir semua tanaman d rmh sy mawar, tiap sore sy siram & 2mgg skli sy beri pupuk mutiara dikit2.tp knp daunya sedikit bunga jarang juga tdk mekar separti waktu di beli. malah busuk & mati . yg ingin sy tnykan apa krn tiap hari di siram jd busuk?at krn sering di beri pupuk(2mgg skli)
    gmna mawar bisa tumbur bnyk bunga mekar.terimakasih.

  16. 16

    Herdiiman said,

    tanaman bunga mawar hrs ditanam pada tanah yang gembur/subur shg air tidak tertahan pada tanah agar batang mawar tdk menjadi busuk krn terendam air. penyiraman cukup sekali sehari pada pagi hari. pemupukan dg kompos sbg pupuk dasar cukup memberikan kenyamanan bagi si mawar. sinar mthr pagi sngat perlu sdg siang dan sore hanya diperlukan 60% saja.

  17. 17

    Adi said,

    tolong dong, pak ! barangkali bapak tau alamat petani/penjual pohon buah (cangkokan) seperti durian, kelengkeng, manggis di sekitar jabotabek, syukur2 dekat dari bekasi. kasih tau saya lewat emai.
    dan berapa ukuran pot yang ideal untuk durian cangkokan ?
    terima kasih banyak.

  18. 18

    Yoyo said,

    Tetangga saya pernah menyuntik pohon mangganya dengan hormon perangsang buah, dan hasilnya lumayan tokcer. Bisa nggak suntikan begituan dipraktekkan ke pohon duren ? apakah penyuntikannya harus menunggu sampai musim duren tiba ? Dan karena tetangga saya udah pindah, terus saya lupa nanya merek obat suntikannya, bisa nggak bapak kasih tau saya, apa aja mereknya ?

  19. 19

    diah prastiwi said,

    pak tanaman apa yang cocok ditanam di halaman sekolah agar terlihat sejuk dan rindang. halaman sekolah cukup luas.tolong berikan macam2nya dan alasannya.mksh sebelumnya,mhon dibalas

  20. 20

    Benny said,

    tanaman mangga saya sedang berbuah, tapi ukurannya tdk sebesar dulu. ada gak pengaruh dari tanaman lain disekitar pohon mangga tersebut? soalnya di sekitar pohon saya tanam banyak bunga. (bunga nya ditanam di tanah langsung, tdk diberi pot). Tolong di balas. Terima kasih.

  21. 21

    Benny Abdillah said,

    Pembasmi hama apa yang cocok untuk hama batang pohon mangga. makasih

  22. 22

    NICKY GUNARDY said,

    tolong beri gambar lebih banyak jadi dapat menjadi contoh kita membuat taman di rumah.

  23. 23

    Bilal said,

    emang kalo mawar abis berbunga ga bakal tumbuh bunga lagi ya???

    td kan aku baru nanya, katanya bunga mawar kalo abis berbunga ga bakal tumbuh bunga lagi…

    soalnya aku baru mau pelihara tanaman mawar…

    trus mangkasnya itu sampai mana??? apa sampai ga keliatan cabangnya lagi????

  24. 24

    Raji said,

    Hi, May I know where do they sell plant of bunga melati gambir. Can anyone tell how to grow the branch of the plant.
    Thank you.

  25. 25

    desainlansekap said,

    Wah bermanfaat sekali artikelnya… boleh donk kita bertukar info tentang taman…

    Tips bercocok tanam atau membuat taman sederhana

    http://desainlansekap.wordpress.com/

  26. 26

    Ibnu Fajar Dari Aceh said,

    Pemandu Rubrik yang terhormat,
    Izinkan saya memberi saran dan mengajukan pertanyaan:

    Saran: Sebaiknya dalam setiap ulasan agar diberi gambar, atau mungkin gambar itu merupakan petunjuk nyata dari kegiatan yang dijelaskan dalam ulasan tertentu yang lagi fokus di bahas, sehingga memudahkan kita semua untuk mempraktekkannya. Terimakasih.

    Pertanyaan: Dimana saya bisa mendapatkan panduan lengkap untuk bercocok tanam buah-buahan dalam pot? dan bercocok tanam bunga berbagai jenis yang sedang ngetrend?

    Terimakasi atas perhatiannya, kalau bisa tolong di e-mail kesaya websitenya (kalo ada) atau kalo harus membeli kemana saya harus mencari ?

    SALAM,
    FAJAR.

  27. 27

    Uchan AY. said,

    Bagi teman-teman yang suka menanam bunga, terutama dikebun pasti kadang diserbu sama bekicot. Seperti saya antorium dan tanaman bunga lainnya rusak oleh bekicot. Maklum di rumah saya itu alami kebunnya. Rumput, semak aku biarkan tumbuh liar, maklum kadang nggak sanggup tuk membersihkannya. Saking luasnya lahan. Jadi di lahan saya ada banyak bonsai, bunga dan buah. Di semak-semak itulah bekicot bersembunyi. Huuu… ribuan. Tapi soal bekicot nggak usah dipermasalahkan. Siapkan tape singkong sama bubuk kopi. Campur dan taruh di tempat yang dilalui begkicot. Dengan aroma tape dan kopi bekicot akan menyerbu tuk makan. Biasanya di situ terkumpul banyak bekicot. Bekicot akan mabuk, 3 jam mati. Bagikan keteman-teman ya?! Silakan mencoba!

  28. 28

    Dwi said,

    Mas Mukti…salam kenal…..

    Saya baru setahun pindah ke kota Malang.
    10 bulan yang lalu saya bli bibit rambutan binjai setinggi 1 m.Saat beli, bibit sudah berbuah 2 biji.Pertama-tama saya keluarkan bibit dari polybagnya dan langsung saya tanam di halaman rumah yang terkena langsung cahaya matahari.Di atasnya saya kasih pupuk kandang dan disiram.saya melakukan penyiraman sehari sekali.
    Awal-awal daun rontok semua berikut buah rambutan yg 2 biji tadi.
    Beberapa waktu kemudian tumbuh tunas daun sktr 15 lembar.
    Sudah 3 bulan dari keluar tunas daun kok berwarna kekuning-kuningan sampai sekarang?
    Kira-kira kenapa ya…apa ada yang salah dg perawatan saya?
    Tindakan apa yg harus dilakukan biar pohon rambutan jadi berdaun banyak dan tambah tinggi?

  29. 29

    sri wikasih said,

    Salam kenal dariku.
    Wah …itu hobyku, aku suka tanam menanam.aku sering beli cangkokan bunga mawar, emang tadinya tumbuh subur tapi lama kelamaan mati. Apa penyebabnya ya………., tolong bagi temen- temen yang tau bantu aku ya……..?
    Makasih atas bantuannya.

  30. 30

    at said,

    saya ingin menanam cangkok buah manggis dimana saya bisa beli

  31. 31

    endry said,

    Mas, mau tanya saya pernah dengar kalo pohon buah (mangga, rambutan, kelengkeng dll) bisa disuntik biar cepat berbunga dan berbuah… apa benar mas?kalo iya obat apa yang kira2 bisa diaplikasikan?dan dosis yang benar?

    regard

    endry

  32. 32

    WEST RANCH said,

    Bisa kasih tau cara cangkok mawar ga ?
    Soalnya saya beberapa kali coba gagal terus. Makasih ya.

  33. 33

    iceh purnomo said,

    Saya baru mulai untuk menanam tambulampot ,mohon saya dibantu hal-hal apa saja yang harus saya lakukan supaya saya sukses menanam tambulampot. Tips dantrik yang mudah aja karena saya pemula. terima kasih

  34. 35

    Roel - Kusen said,

    Trims pak Mukti atas artikel tips memaksimalkan halaman untuk taman. Ini karena Saya punya lahan terbuka yang sempit di samping rumah saya, nah rencananya saya mau maksimalkan untuk taman yang punya manfaat ganda, yaitu manfaat hijau dan manfaat lain semisal utk obat ,utk konsumsi dll.

  35. 36

    hilang said,

    moderatore sudah hilang…..

  36. 37

    [...] Membuat Halaman Menjadi Taman [...]

  37. 38

    Raras said,

    saya memiliki sedikit lahan di tepi rumah, ide bagus jika lahan tersebut dijadikan taman, agar lebih asri, trimakasih idenya


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: