Tips Tabulampot

Buat Anda yang gemar menanam tanaman buah dalam pot (Tabulampot) ada baiknya menyimak tips singkat berikut ini.

Untuk merangsang tabulampot Anda berbunga, berikan pupuk daun dengan kandungan P tinggi. Hal ini juga harus dibarengi dengan pemberian hara yang cukup pada media tanam, seperti memberikan NPK pada media tanam (Kandungan NPK bisa setara atau P-nya lebih tinggi).

Setelah tanaman mulai berbunga, di sinilah diperlukan “ketegaan” kita. Perhatikan rasio/perbandingan jumlah daun dan bunga/buah nantinya. Jangan merasa sayang untuk membuang/menjarangkan bunga jika terlihat berlebihan dibandingkan jumlah daunnya.

Ada yang menyarankan untuk membuang buah yang pertama terbentuk. Hal ini ada baiknya karena buah yang pertama terbentuk cenderung berkembang lebih pesat sehingga akan menghambat/mengurangi perkembangan bunga/buah berikutnya. Penjarangan buah yang terbentuk dilakukan sedini mungkin agar makanan/energi tanaman tidak banyak terbuang. Buang buah yang terlihat kurang mulus, bengkok, dan lain-lain. Bungkus buah yang terbentuk untuk mencegah serangan lalat buah atau hama dan penyakit lainnya.

Harap diingat penjarangan ini harus dilakukan, jika tidak hasilnya akan fatal. Tanaman Anda bisa mati atau paling tidak mogok berbuah pada musim berikutnya. Selamat menjadi orang yang “tega” demi kebaikan, hehehehe….. .

Mari berkebun…

CU

Mukti

About these ads

46 Tanggapan so far »

  1. 1

    Imam berkata,

    mas mukti, maaf ini bukan komentar tp mau nanya, sy punya pohon mangga, daunnya bintik2 coklat, gimana cara mengatasi tx

  2. 2

    Bathara guru berkata,

    Mas, kayaknya pupuk NPK kurang cocok tuh. NPK cepet banget membuat tanah mengeras. Saya sarankan pakai pupuk daun secara konsisten. Makasih mas

  3. 3

    JAMIEL berkata,

    mas,mo tanya perbandingan daun dan bunganya seperti apa

  4. 4

    Krishna berkata,

    Kepada :
    Yth : Mas Mukti
    Di Tempat
    Mas,Tolong atas keinginan saya untuk budi daya tanaman buah dalam pot bisa terlaksana maka saya minta tolong dong di kasih tau dimana tempat/lokasi yang menyediakan tanaman ini atau kalau bisa mas sendiri bisa tolong saya.
    Trims. Saya sangat menunggu jawaban

  5. 5

    Arif berkata,

    Mas, selama ini saya sering menanam buah mangga aromanis dalam polibag, dan tanaman tersebut susah untuk berbunga apalagi berbuah. kalopun pernah berbuah tdak tahan lama yang sering terjadi rontok, atau busuk/berwarna hitam kecoklatan. padahal besarnya polibag ukuran +-3 kg tanah, gmana solusinya?????

  6. 6

    cecep berkata,

    mas mukti, saya mau bertanya : 1.apa yg di maksud dgn NPK dan p.

    2.bagaimana kalau kelapa kita jadi kan
    tabulampot.
    demikian pertanyaan saya trim’kasih.

  7. 7

    rines berkata,

    Selain pupuk yang tepat keberhasilan tabulampot adalah waktu yan tepat untuk memberikan pupuk.Saya biasanya memberikan pupuk semprot di daun kalau hari cerah dan yakin akan ada matahari.Sekedar informasi saat ini saya sedang mencoba berbisnis tabulampot dengan nama SYALLOM TABULAMPOT,tq

  8. 8

    frits berkata,

    Saya sedang merinstis budidaya tabulampot dari drum yang saya potong menjadi dua bagian. Setelah berapa lama bagian dalam drum tersebut berkarat. Yang saya ingin tanyakan apakah karat tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman saya. Beberapa teman menyarankan agar melapisi ter pada permukaan dalam drum agar tidak berkarat, tapi saya kesulitan mencari ter, apakah ada alternatif lain ?
    Demikian pertanyaan saya, terima kasih.

  9. 9

    indro berkata,

    Mas Mukti, aku hobby banget dg tanaman yg berbuah. aku punya nangka dlm drum. Wkt beli buahnya banyak tp stlh dipetik, buahnya selalu rontok aja krn batang buahnya kayak kecil pisan. Bs bantu caranya spy keluar buah lagi mas ? trm ksh.

  10. 10

    anis Shahab berkata,

    Saya punya beberap pohon tabulampot, rambutan berbuah, jambu citra berbuah (buah kedua), tapi kelenkeng dan mangga (ada beberapa jenis) sampai saat ini dari mulai saya beli bibit 9 bulan yang lalu tak ada tanda2 berbuah begitu juga tanaman Markisa saya sejak beli bibit (9 bulan lalu) belum juga ada tanda berbuah, daunnya sangat lebat dan subur, saya sering beri pupuk KCl, dan beberap pupuk perangsang bunga-buah, tak ada hasil. Gimana ya. apa yang salah. saya tinggal di Cinere

  11. 11

    anam berkata,

    Mas, saua sudah dua tahunlebih menanam pohon cangkokan mangga manalagi di pot dengan diameter -+ 70 cm. Pohon tumbuh normal dan daunnya sehat. Saya sudah coba kasih pupuk kotoran kambing, aira cucian daging, npk, gandasil, bahkan pupuk dari CNI, namun sampai hari ini belum ada tanda-tanda akan berbuah. kenapa ya mas?…

  12. 12

    richard berkata,

    nice info :)
    tabulampot berkonsep vertikultur, gimana?

  13. 13

    sugihartati berkata,

    aku punya banyak tanaman tabula pot kalau mau bibit aku bisa antar sampai tempat hubungi aja tlp ku 02150113449

  14. 14

    Handoyo berkata,

    Yth : Bp. Mukti
    Ditempat

    Saya punya beberapa tabulampot (Mangga, Kelengkeng, Nangka Mini, Sawo, Rambutan) untuk mangga dan Nangka pada saat dibeli sudah ada buahnya, tetapi setelah saya pelihara 8 bulan tidak pernah keluar bunga tapi daunnya subur. Sudah saya berikan berbagai macam pupuk seperti NPK, Potasium Nitrat, Patrol, TSP. Pupuk kandang yang dijual oleh Trubus, tetap saja tidak mau keluar bunganya. Selain pemberian pupuk, apakah ada cara lain agar keluar bunga serta menjadi buah ?

    Sampai umur berapa tahun agar tabulampot dapat menghasilkan buah ?

    Demikian pertanyaan kami. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas jawabannya

  15. 15

    poerwanto berkata,

    Mas Mukti… mo nanya soal tabulampot
    Saya punya tanaman buah lengkeng diamond river dan pingpong (semua hasil cangkokan) yang saya tanam dalam drum kecil diameter 40 cm.
    Waktu menanam lengkeng sudah berbunga, tapi hanya bertahan 3 minggu dan kemudian rontok
    sampai sekarang tak mau berbunga lagi…
    saya harus kasih pupuk apa ya mas…
    ato mas mao kasih saran gimana biar bisa berbuah…
    matur nuwun……… trims

  16. 16

    Gandho's berkata,

    Saya pingin dan tertarik akan penanaman tanaman buah dalam pot, tapi saya masih awam. tolong dong infonya ? Saya punya tanaman klengkeng, rambutan dan jeruk, bukan beli tapi secara tidak sengaja tumbuh di pot saya, karena setiap habis makan buahnya kami buang bijinya dan saru atau dua telah tumbuh. apakah tanaman itu bisa banyak hasil buahnya kalau seandainya dipelihara, dan bagaimana cara merawatnya ? Trim’s banget saya sampaikan sebelumnya.

  17. 17

    achsan berkata,

    tolong kasih tau aku dimana cari pupuk daun, saat ini aku tinggal di semarang

  18. 18

    okdia berkata,

    mas, apakah tanaman mangga yang berasal dari biji bisa untuk tabulapot?

  19. 19

    eko berkata,

    aq ada pupuk organik tuk temen temen agarrrrrr tabulampot berbuah.lebih lanjut hub 085646445711

    dan yang penting beri tanaman anda kasih sayang .kasih guano 3 sendok makan 3bulan sekali

  20. 20

    amirsyarifudin berkata,

    Mas tolong dimuat gambar/foto buah-buahan yang menarik yang dibudidayakan dalam pot, serta cara bidayanya

  21. 21

    agro_dora berkata,

    bergabung dalam Fesbuk agro_dora saja… saya sedang memulai merintis tanaman buah2an,, jenis unggul… dan sudah mempunyai banyak mitra yang berpengalaman… terimakasih..

  22. 22

    HAFIDZ berkata,

    Salam,
    Saya sedang mencari tabulampot yg berkualitas baik di daerah tangerang, bisa dibantu di mana ya saya mencari di daerah terserbut ?

  23. 23

    tyo berkata,

    bagus, saya pengen sekali membuahkan tabulampot. apa ada yg tinggal di daerah bogor?mau bisa belajar, beli juga kalo boleh,tk

  24. 24

    wibowo berkata,

    saya menanam buah jeruk dalam pot sedang berbuah apa yang harus saya lakukan agar berbuah segar dan hasil baik kondfisi tanaman jarang saya pupuk….( jeruk kipp ) jenis tanaman buah saya…thx

  25. 25

    dadang thea berkata,

    makanya pake pupuk organik Agrobost, tanah lat aja bisa jadi subur.. gak bikin tanah keras.. ga ada over dosis.. gak beracun.. bagus buat akar, batang, daun, bunga juga pastinya buah… peningkatan produksi bisa mencapai 100%…
    harga 90,000/liter… bisa utk 1/4 ha

    minat… call
    0817-827-805
    021-9225-9927

  26. 26

    Rozig berkata,

    Mas mukti yth,
    saya mau nanya apa mencangkok bisa dilakukan pada musim kemarau, sebab yg saya lakukan mencangkok pada musim mulai penghujan dan hasilnya selalu bagus. Tp kenapa pada saat mencangkok pd musim kemarau selalu gagal, daun kering trus mati.
    Mohon penjelasanya.
    Trima kasih.

  27. 27

    arief CH berkata,

    Mas mukti,

    Salam kenal ya Mas…
    Saya mau tanya.beberapa hari yg lalu. saya tabulampot mangga..tapi 2 hari kemudian ,pohon tsb layu….yang ingin saya tahu..apa dan bagaimana seharusnya tindakan selanjutnya …agar pohon tersebut jangan sampai mati..
    Terima kasih .

    Arief Ch

  28. 28

    Rey berkata,

    Mas, aku br ikuti rubrik ini..tlg ulas mulai proses awal..thx yaa..

  29. 29

    puput berkata,

    buat mas acsan. semarang banyak yang jual. dulu aku sempat nemu di kawasan taman KB pas hari minggu ada pameran. namanya Gandasil D. kalo buat bunga gandasil B. kalo sempat, jalan jalan ke gunungpati wae. di pertigaan pasar belok kanan ada kios yang jual bibit untuk tabulampot. semua macam ada dan murah. jangan yang pinggir jalan. tidak banyak pilihan dan lebih mahal. sekalian ebli pupuk daunnya daerah situ juga lengkap.

  30. 30

    HADIATNA berkata,

    bgaiman klo tabulampot dikasih runutan dalam gambar teknik tabulampot tsb.

  31. 31

    yono susilo berkata,

    gimana saya untuk mendapatkan media potnya?

  32. 32

    solvapotter berkata,

    saya jual CD cara budidaya buah jeruk yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

  33. 33

    NENEK ZIDANE berkata,

    Alhamdulillaah, ternyata kita bisa menikmati buah dari hasil tabulampot ya.
    Yang pasti perawatannya memerlukan ketelatenan dan kecermatan ya. Nenek mau mencoba nih. Selamat untuk yang sudah sukses.

  34. 34

    noverta ariadi berkata,

    dimana saya bisa beli tabulampot dan juga tips2nya. saya di daerah surabaya dan sekitarnya

  35. 35

    Lulu berkata,

    wah info yang bagus mas, saya akan coba praktekan pada beberapa tabulampot saya, terimakasih dan salam kenal =)

  36. 36

    ulandari berkata,

    YA TERNYATA ENAK MENGGUNAKANNYA

  37. 37

    bolo dewo berkata,

    kalo nanam durian bnr bisa brbuah x?

  38. 38

    Amal berkata,

    Mas mukti, boleh kah media pot diganti dengan polibek

  39. 39

    sigit berkata,

    mau tanya. kenapa pohon jambu biji saya buahnya pada busuk di pohon ? terima kasih

  40. 40

    TeDe berkata,

    salam,
    kalau boleh kami minta ijin buat link infonya, mungkin bisa sedikit membantu kami.
    terimakasih.

  41. 41

    desfialdi berkata,

    sip ulasannya

  42. 42

    sabarudin berkata,

    cuocoq gitu loohhh””””

  43. 43

    suratno berkata,

    mang tabulampot tu sangat indah d pandang /mudah d pindah sesuai selera/mudah d rawat/cepat buah tapi…..ada juga kukurangannya seperti berbuah tdk banyak gampang rontok/telat siram mati dll

  44. 44

    anam berkata,

    Mas, saya punya tanaman mangga yang rajin berbunga, namun kebanyakan rontok dan tidak jadi buah.begitu juga tanaman cabe rawit yang selalu rontok saat masih buah muda. Bagaimana cara menanganinya? tks. infonya.

    salam

    anam

  45. 45

    ANJANI berkata,

    Aslm. trmksh atas tipsx…..

  46. 46

    Rosa dwi melati berkata,

    mas,aq mau tanam buah kelengkeng di potv tapi punyak q masih bibit bisa besar gk soalnya aq nanam dari biji insya allah bisa ya soanya aq masih umur 10 thn mau usaha biar besar tambah sukses aq udah banyak nanam contohnya:staubery,kelengkeng.manecu,jeruk,kacang tanah.itu semuah aq taro pot masih kecil semua.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: